INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Penelitian ini mengevaluasi hambatan dalam pemanfaatan e-learning oleh mahasiswa perguruan tinggi di Katsina State, Nigeria. Desain penelitian menggunakan survei deskriptif dengan 381 responden yang dipilih secara acak dari empat institusi pendidikan tinggi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan reliabilitas uji-ulang sebesar 0,88 dan dianalisis menggunakan frekuensi, persentase, rata-rata, dan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa semua dari 15 faktor hambatan yang diteliti memengaruhi penggunaan e-learning dalam tingkat yang berbeda, dengan faktor utama berupa biaya pembelian sumber daya e-learning dan ketersediaan listrik yang terbatas. Tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam hambatan berdasarkan jenis kelamin (t=-0,796, df=397, p>0,05), tetapi ada perbedaan signifikan antara mahasiswa universitas dan politeknik (t=-2,969, p<0,05). Disarankan agar pemerintah menangani semua hambatan yang diidentifikasi untuk meningkatkan akses e-learning.

Mayoritas faktor yang diteliti (12 dari 15) menjadi hambatan signifikan dalam pemanfaatan e-learning oleh mahasiswa perguruan tinggi di Katsina State, Nigeria.Pemerintah dan pengelola institusi pendidikan perlu segera mengatasi masalah seperti biaya sumber daya e-learning, ketersediaan listrik, dan infrastruktur pendukung.Perlu kebijakan khusus untuk mengurangi kesenjangan antara universitas dan politeknik dalam mengakses e-learning.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji perbedaan struktural antara universitas dan politeknik dalam mengakses e-learning melalui studi komparatif lintas institusi. Kedua, pengembangan model biaya efektif untuk infrastruktur e-learning yang sesuai dengan kondisi daerah terpencil di Nigeria. Ketiga, penelitian tentang dampak kebijakan pemerintah terhadap adopsi e-learning melalui analisis kebijakan sebelum dan sesudah intervensi. Studi-studi ini dapat memberikan rekomendasi spesifik untuk meningkatkan kesetaraan akses dan kualitas pendidikan berbasis teknologi.

  1. Assessing the impediments to e-learning utilization by higher institution students | Thomas Olutola |... edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/17838Assessing the impediments to e learning utilization by higher institution students Thomas Olutola edulearn intelektual index php EduLearn article view 17838
  1. #electricity supply#electricity supply
File size180.92 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test