INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh mediasi nilai persahabatan dan tanggung jawab antara empati dan kebajikan dalam konteks mata pelajaran studi sosial. Data diperoleh dari 646 siswa kelas 8 di Turki dengan menggunakan Skala Empati, Skala Kebajikan, Skala Persahabatan, dan Skala Tanggung Jawab yang dikembangkan penulis. Analisis menunjukkan adanya korelasi positif signifikan antar variabel. Empati terbukti menjadi prediktor signifikan dan positif terhadap kebajikan, persahabatan, serta tanggung jawab. Selanjutnya, persahabatan dan tanggung jawab berperan sebagai mediator penuh yang signifikan dalam hubungan antara empati dan kebajikan. Temuan tersebut dibahas dengan merujuk pada literatur relevan serta saran-saran yang dihasilkan.
Penelitian ini membangun model yang menghubungkan empati, kebajikan, persahabatan, dan tanggung jawab, dimana empati secara positif memprediksi kebajikan, persahabatan, dan tanggung jawab.Persahabatan dan tanggung jawab juga memprediksi kebajikan, dan keduanya berperan sebagai mediator penuh dalam hubungan antara empati dan kebajikan.Dengan demikian, empati, persahabatan, dan tanggung jawab secara signifikan berkontribusi dalam pembentukan individu yang berperilaku kebajikan pada siswa sekolah menengah dalam mata pelajaran studi sosial.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas program mediasi teman sebaya yang mengintegrasikan pelatihan empati untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan perilaku kebajikan pada siswa sekolah menengah, dengan desain eksperimental dan pengukuran perubahan nilai sebelum dan sesudah intervensi. Selanjutnya, perlu dipelajari dampak penggunaan skrip peran berbasis aktivitas empati‑persahabatan‑tanggung jawab terhadap peningkatan toleransi dan nilai kebajikan siswa dalam kelas studi sosial, melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menilai persepsi serta perilaku siswa. Terakhir, penelitian longitudinal dapat menelusuri efek jangka panjang integrasi aktivitas empati‑persahabatan‑tanggung jawab dalam kurikulum studi sosial terhadap perkembangan sikap prososial dan prestasi akademik siswa, dengan mengamati perubahan selama beberapa tahun pelajaran.
| File size | 314.1 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Evaluasi yang dilakukan menggunakan peta pikiran untuk siswa kelas empat sekolah dasar lebih menguntungkan daripada tes prestasi dalam hal menentukan pemahamanEvaluasi yang dilakukan menggunakan peta pikiran untuk siswa kelas empat sekolah dasar lebih menguntungkan daripada tes prestasi dalam hal menentukan pemahaman
INTELEKTUALINTELEKTUAL Analisis dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan bahwa kedua mata pelajaran sangat terkait dalam semua aspek, denganAnalisis dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan bahwa kedua mata pelajaran sangat terkait dalam semua aspek, dengan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Oleh karena itu, satu-satunya cara bertahan hidup adalah melalui mengemis dan melakukan pekerjaan lepas. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar semuaOleh karena itu, satu-satunya cara bertahan hidup adalah melalui mengemis dan melakukan pekerjaan lepas. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar semua
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini berfokus pada identifikasi indikator yang mempengaruhi hambatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam Sistem PendidikanPenelitian ini berfokus pada identifikasi indikator yang mempengaruhi hambatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam Sistem Pendidikan
Useful /
UMMUMM Fenomena ini menantang keabsahan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubunganFenomena ini menantang keabsahan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubungan
INTELEKTUALINTELEKTUAL It means that learning styles and ethical education contribute significantly to the formation of good behavior and students characters. It is supportingIt means that learning styles and ethical education contribute significantly to the formation of good behavior and students characters. It is supporting
INTELEKTUALINTELEKTUAL Through education to be able to form the morality of students. The morals that are formed must be based on al-quran and al-hadiths. The behavior that isThrough education to be able to form the morality of students. The morals that are formed must be based on al-quran and al-hadiths. The behavior that is
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini bertujuan menentukan korelasi antara perkembangan moral dan narsisisme mahasiswa akuntansi terhadap tindakan penipuan akademik. PenelitianPenelitian ini bertujuan menentukan korelasi antara perkembangan moral dan narsisisme mahasiswa akuntansi terhadap tindakan penipuan akademik. Penelitian