INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh mediasi nilai persahabatan dan tanggung jawab antara empati dan kebajikan dalam konteks mata pelajaran studi sosial. Data diperoleh dari 646 siswa kelas 8 di Turki dengan menggunakan Skala Empati, Skala Kebajikan, Skala Persahabatan, dan Skala Tanggung Jawab yang dikembangkan penulis. Analisis menunjukkan adanya korelasi positif signifikan antar variabel. Empati terbukti menjadi prediktor signifikan dan positif terhadap kebajikan, persahabatan, serta tanggung jawab. Selanjutnya, persahabatan dan tanggung jawab berperan sebagai mediator penuh yang signifikan dalam hubungan antara empati dan kebajikan. Temuan tersebut dibahas dengan merujuk pada literatur relevan serta saran-saran yang dihasilkan.

Penelitian ini membangun model yang menghubungkan empati, kebajikan, persahabatan, dan tanggung jawab, dimana empati secara positif memprediksi kebajikan, persahabatan, dan tanggung jawab.Persahabatan dan tanggung jawab juga memprediksi kebajikan, dan keduanya berperan sebagai mediator penuh dalam hubungan antara empati dan kebajikan.Dengan demikian, empati, persahabatan, dan tanggung jawab secara signifikan berkontribusi dalam pembentukan individu yang berperilaku kebajikan pada siswa sekolah menengah dalam mata pelajaran studi sosial.

Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas program mediasi teman sebaya yang mengintegrasikan pelatihan empati untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan perilaku kebajikan pada siswa sekolah menengah, dengan desain eksperimental dan pengukuran perubahan nilai sebelum dan sesudah intervensi. Selanjutnya, perlu dipelajari dampak penggunaan skrip peran berbasis aktivitas empati‑persahabatan‑tanggung jawab terhadap peningkatan toleransi dan nilai kebajikan siswa dalam kelas studi sosial, melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menilai persepsi serta perilaku siswa. Terakhir, penelitian longitudinal dapat menelusuri efek jangka panjang integrasi aktivitas empati‑persahabatan‑tanggung jawab dalam kurikulum studi sosial terhadap perkembangan sikap prososial dan prestasi akademik siswa, dengan mengamati perubahan selama beberapa tahun pelajaran.

  1. The mediating role of responsibility and friendship between empathy skill and benevolence | Gökalp... doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.20168The mediating role of responsibility and friendship between empathy skill and benevolence Gykalp doi 10 11591 edulearn v15i2 20168
File size314.1 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test