INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendampingan sebaya dalam kelas inklusif dengan pendekatan pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar. Target penelitian ini adalah 30 guru, 525 siswa, dan 98 siswa disabilitas dari sembilan sekolah dasar di Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini berfokus pada perubahan karakter siswa berkebutuhan khusus atau tidak menggunakan metode pendampingan sebaya yang dimodifikasi dengan berbagai teknik pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan karakter siswa berkebutuhan khusus dan tidak dengan metode pendampingan sebaya. Dengan demikian, pendampingan sebaya dapat direkomendasikan dalam meningkatkan keterampilan belajar dan membentuk karakter siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menunjukkan bagaimana pendampingan sebaya membentuk kecerdasan emosional siswa dalam kelas inklusif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendampingan sebaya dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan karakter siswa.Guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengimplementasikan metode pendampingan sebaya yang dimodifikasi dengan berbagai teknik pembelajaran.Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh pendampingan sebaya terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa dalam lingkungan kelas inklusif.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi bagaimana pendampingan sebaya dapat secara spesifik membentuk kecerdasan emosional siswa dalam kelas inklusif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengukur perubahan emosi dan perilaku siswa sebelum dan sesudah intervensi pendampingan sebaya. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pendampingan sebaya yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan berbagai jenis disabilitas. Model ini dapat mempertimbangkan kebutuhan individual siswa dan melibatkan orang tua serta profesional terkait dalam proses pembelajaran. Ketiga, penting untuk meneliti efektivitas program pelatihan guru dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk mengimplementasikan pendekatan pendidikan karakter dan pendampingan sebaya secara efektif. Pelatihan ini dapat mencakup strategi praktis untuk mengelola kelas inklusif, memfasilitasi interaksi positif antar siswa, dan mengevaluasi perkembangan karakter siswa. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif dan membantu siswa berkebutuhan khusus mencapai potensi penuh mereka.

  1. Violence against primary school children with disabilities in Uganda: a cross-sectional study | BMC Public... bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/1471-2458-14-1017Violence against primary school children with disabilities in Uganda a cross sectional study BMC Public bmcpublichealth biomedcentral articles 10 1186 1471 2458 14 1017
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #minat siswa sekolah#minat siswa sekolah
File size287.52 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test