INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendampingan sebaya dalam kelas inklusif dengan pendekatan pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar. Target penelitian ini adalah 30 guru, 525 siswa, dan 98 siswa disabilitas dari sembilan sekolah dasar di Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini berfokus pada perubahan karakter siswa berkebutuhan khusus atau tidak menggunakan metode pendampingan sebaya yang dimodifikasi dengan berbagai teknik pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan karakter siswa berkebutuhan khusus dan tidak dengan metode pendampingan sebaya. Dengan demikian, pendampingan sebaya dapat direkomendasikan dalam meningkatkan keterampilan belajar dan membentuk karakter siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menunjukkan bagaimana pendampingan sebaya membentuk kecerdasan emosional siswa dalam kelas inklusif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendampingan sebaya dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan karakter siswa.Guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengimplementasikan metode pendampingan sebaya yang dimodifikasi dengan berbagai teknik pembelajaran.Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh pendampingan sebaya terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa dalam lingkungan kelas inklusif.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi bagaimana pendampingan sebaya dapat secara spesifik membentuk kecerdasan emosional siswa dalam kelas inklusif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengukur perubahan emosi dan perilaku siswa sebelum dan sesudah intervensi pendampingan sebaya. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pendampingan sebaya yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan berbagai jenis disabilitas. Model ini dapat mempertimbangkan kebutuhan individual siswa dan melibatkan orang tua serta profesional terkait dalam proses pembelajaran. Ketiga, penting untuk meneliti efektivitas program pelatihan guru dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk mengimplementasikan pendekatan pendidikan karakter dan pendampingan sebaya secara efektif. Pelatihan ini dapat mencakup strategi praktis untuk mengelola kelas inklusif, memfasilitasi interaksi positif antar siswa, dan mengevaluasi perkembangan karakter siswa. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif dan membantu siswa berkebutuhan khusus mencapai potensi penuh mereka.
| File size | 287.52 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Implementasi teknologi ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahanImplementasi teknologi ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan
AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL Paparan ini akan membantu mereka terbiasa dengan bahasa idiomatik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih cepat selama tes. Selain itu, siswa harus berlatihPaparan ini akan membantu mereka terbiasa dengan bahasa idiomatik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih cepat selama tes. Selain itu, siswa harus berlatih
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaanUji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaan
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dengan berbasis pada kegiatan eksperimen musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelData dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dengan berbasis pada kegiatan eksperimen musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
Useful /
UTMUTM Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pengajaran bahasa sastra tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapiSecara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pengajaran bahasa sastra tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi
UTMUTM Pendekatan ini harus menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan karakter dan identitas nasional Indonesia, yaitu manusia beragama, pribadi, sosial, dan wargaPendekatan ini harus menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan karakter dan identitas nasional Indonesia, yaitu manusia beragama, pribadi, sosial, dan warga
UKIPUKIP Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan desain eksplanatori sekuensial, yang melibatkan 100 responden dalam tahap kuantitatif danMetode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan desain eksplanatori sekuensial, yang melibatkan 100 responden dalam tahap kuantitatif dan
UKIPUKIP Reputasi KAP tidak mampu memoderasi hubungan Solvabilitas, Profitabilitas, Likuiditas, Audit Tenure, dan Opini Audit terhadap Audit Report Lag. Namun,Reputasi KAP tidak mampu memoderasi hubungan Solvabilitas, Profitabilitas, Likuiditas, Audit Tenure, dan Opini Audit terhadap Audit Report Lag. Namun,