EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas konten dari kuesioner minat belajar bahasa Arab untuk siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah, karena minat merupakan salah satu faktor afektif utama yang memengaruhi keterlibatan dan keberhasilan akademik siswa, khususnya dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan desain validasi konten dengan teknik Aikens V. Instrumen terdiri dari 25 item pernyataan yang dinilai oleh tiga validator ahli. Setiap item dinilai menggunakan skala Likert lima poin untuk menentukan relevansi dan kejelasannya. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus Aikens V untuk menentukan tingkat validitas konten. Hasil analisis menunjukkan bahwa 21 item memiliki validitas konten sedang (V berkisar antara 0,50 hingga 0,83), sementara 4 item menunjukkan validitas konten tinggi (V > 0,83). Hasil ini menunjukkan bahwa kuesioner tersebut memiliki kualitas konten yang dapat diterima dan dapat dianggap sebagai alat awal yang sesuai untuk menilai minat siswa dalam belajar bahasa Arab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen kuesioner minat belajar bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah memiliki tingkat validitas konten yang memadai berdasarkan analisis menggunakan teknik Aikens V.Secara umum, item dalam instrumen telah mampu merepresentasikan konstruk minat belajar siswa dengan cukup baik, meskipun masih ada beberapa item yang perlu disempurnakan dalam hal redaksi dan kejelasan konteks.Instrumen ini dianggap cocok digunakan sebagai alat pengukur awal untuk mengevaluasi minat siswa dalam belajar bahasa Arab di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah.

Penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk menguji validitas konstruk dan reliabilitas instrumen ini agar dapat memastikan kualitas keseluruhan sebelum digunakan secara lebih luas. Selain itu, studi dapat diperluas ke tingkat pendidikan yang berbeda untuk melihat apakah instrumen ini dapat diterapkan di berbagai konteks pembelajaran bahasa Arab. Penelitian lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi minat belajar bahasa Arab, seperti penggunaan media pembelajaran atau pendekatan pedagogis yang berbeda, untuk memberikan pandangan yang lebih holistik dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif.

  1. 0. endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs xhgh ijetae.com/files/Volume11Issue7/IJETAE_0721_09.pdf0 endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs xhgh ijetae files Volume11Issue7 IJETAE 0721 09 pdf
  2. Validity and reliability of the Arabic sedentary behavior questionnaire among university students aged... bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12889-023-15030-1Validity and reliability of the Arabic sedentary behavior questionnaire among university students aged bmcpublichealth biomedcentral articles 10 1186 s12889 023 15030 1
  3. The Validity of Student Interest Instrument in Learning Arabic Using Exploratory Factor Analysis | Journal... digitalpress.gaes-edu.com/index.php/jpled/article/view/415The Validity of Student Interest Instrument in Learning Arabic Using Exploratory Factor Analysis Journal digitalpress gaes edu index php jpled article view 415
  1. #minat belajar#minat belajar
  2. #minat siswa#minat siswa
File size442.37 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test