UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik scramble dalam pembelajaran literasi dan persepsi siswa serta guru terhadap penggunaan teknik scramble dalam pembelajaran literasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan objek penelitian adalah siswa kelas empat di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia, sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik scramble merupakan alat pedagogis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas empat. Menggabungkan bimbingan terstruktur dengan kegiatan yang menarik dan interaktif meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana dan kepercayaan diri siswa kelas empat di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik scramble merupakan alat pedagogis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas empat.Penerapan teknik ini secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.Penggunaan teknik ini juga menunjukkan potensi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas teknik scramble pada kelompok usia dan tingkat pendidikan yang berbeda, serta pada mata pelajaran lain selain literasi. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran yang terintegrasi dengan teknik scramble, sehingga memudahkan guru dalam mengimplementasikan metode ini di kelas. Ketiga, penting untuk meneliti bagaimana teknik scramble dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan karakteristik siswa yang beragam, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus, untuk memastikan efektivitas pembelajaran yang optimal.
- Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar ips peserta didik di sekolah... jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/64176Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar ips peserta didik di sekolah jurnal uns ac JDDI article view 64176
- 0. endobj xobject procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs saspublishers.com/media/articles/SJAHSS_101_6-8.pdf0 endobj xobject procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs saspublishers media articles SJAHSS 101 6 8 pdf
- International Social Sciences and Humanities. effects scramble game improving students vocabulary secondary... proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh/article/view/156International Social Sciences and Humanities effects scramble game improving students vocabulary secondary proceeding unmuhjember ac index php issh article view 156
- Improving English Learning Outcomes Using the Scramble Learning Method for Class VII Students of MTs... journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jades/article/view/4789Improving English Learning Outcomes Using the Scramble Learning Method for Class VII Students of MTs journal iainlangsa ac index php jades article view 4789
| File size | 286.95 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA Mahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing seringkali mengalami kecemasan komunikasi, yang dapat menjadi hambatan dalam memahami atauMahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing seringkali mengalami kecemasan komunikasi, yang dapat menjadi hambatan dalam memahami atau
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha CronbachUji validitas angket dan uji dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitianInstrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkanInstrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan
Useful /
UNISLAUNISLA Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa pada mata kuliah Prosa di Universitas Billfath memahami dan dapat menerapkan literasi multimodal, namun mengalamiPenelitian ini menemukan bahwa mahasiswa pada mata kuliah Prosa di Universitas Billfath memahami dan dapat menerapkan literasi multimodal, namun mengalami
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pembelajaran yang diasumsikan sebagai mata pelajaran berada di Institut Pendidikan Nusantara Global dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaranPembelajaran yang diasumsikan sebagai mata pelajaran berada di Institut Pendidikan Nusantara Global dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi modul, angket respon uji coba (terbatas dan luas), angket respon disebarluankan,Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi modul, angket respon uji coba (terbatas dan luas), angket respon disebarluankan,
IJAINIJAIN Analisis waktu-frekuensi pada musik Gong Timor menggunakan Short-Time Fourier Transform (STFT) dan Continuous Wavelet Transform (CWT) memiliki peran pentingAnalisis waktu-frekuensi pada musik Gong Timor menggunakan Short-Time Fourier Transform (STFT) dan Continuous Wavelet Transform (CWT) memiliki peran penting