INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Tahap perkembangan moral individu akan menentukan perilaku seseorang. Kohlberg membagi perkembangan moral menjadi tiga tahap, yaitu pra-konvensional, konvensional, dan pasca-konvensional. Namun, tingkat perkembangan moral individu dapat bervariasi. Perbedaan tingkat perkembangan moral ini akan memengaruhi perilaku individu saat menghadapi dilema etis. Penelitian ini bertujuan menentukan korelasi antara perkembangan moral dan narsisisme mahasiswa akuntansi terhadap tindakan penipuan akademik. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei dengan sampel 46 mahasiswa akuntansi yang dipilih secara acak. Hasil menunjukkan bahwa narsisisme memengaruhi tindakan penipuan akademik mahasiswa akuntansi, tetapi tidak ada korelasi antara tingkat perkembangan moral dan penipuan akademik.
Penelitian ini tidak berhasil memberikan bukti empiris hubungan antara perkembangan moral mahasiswa dan tindakan penipuan akademik mahasiswa akuntansi.Hal ini membuktikan bahwa, apa pun tingkat perkembangan moral mahasiswa, mereka cenderung melakukan penipuan akademik jika dipaksa oleh situasi tertentu seperti tenggat waktu tugas.Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa narsisisme memengaruhi perilaku penipuan akademik mahasiswa diterima.Ini menunjukkan bahwa individu dengan ciri narsisisme cenderung menunjukkan prestasi baik di mata orang lain, sehingga mereka cenderung melakukan segala cara untuk memberikan kesan baik kepada orang lain, termasuk melakukan penipuan akademik seperti plagiarisme.
Untuk penelitian lanjutan, disarankan memperluas jumlah responden dan menggunakan metode pengukuran variabel yang berbeda untuk perkembangan moral. Selain itu, penelitian bisa menggabungkan pendekatan kualitatif untuk memahami motivasi lebih dalam di balik tindakan penipuan akademik. Peneliti juga dapat mengeksplorasi faktor eksternal seperti tekanan sosial atau pengaruh teman sebaya terhadap keputusan mahasiswa dalam melakukan penipuan akademik. Dengan memperluas sampel dan mempertimbangkan konteks budaya yang berbeda, hasil penelitian dapat lebih representatif dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang hubungan antara narsisisme dan perilaku akademik.
| File size | 390.26 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Oleh karena itu, hipotesis pertama penelitian ini diterima, tetapi hipotesis kedua ditolak. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variabelOleh karena itu, hipotesis pertama penelitian ini diterima, tetapi hipotesis kedua ditolak. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variabel
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai implementasi pembelajaran persahabatan manusia-mesin (HMFL) di IKIP PGRI Pontianak, Indonesia.Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai implementasi pembelajaran persahabatan manusia-mesin (HMFL) di IKIP PGRI Pontianak, Indonesia.
INTELEKTUALINTELEKTUAL Terakhir, penelitian mengumpulkan umpan balik dari pihak terkait selama proses implementasi untuk mengevaluasi kompetensi kerangka kerja yang diusulkan.Terakhir, penelitian mengumpulkan umpan balik dari pihak terkait selama proses implementasi untuk mengevaluasi kompetensi kerangka kerja yang diusulkan.
INTELEKTUALINTELEKTUAL Desain penelitian menggunakan survei deskriptif dengan 381 responden yang dipilih secara acak dari empat institusi pendidikan tinggi. Data dikumpulkanDesain penelitian menggunakan survei deskriptif dengan 381 responden yang dipilih secara acak dari empat institusi pendidikan tinggi. Data dikumpulkan
Useful /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen uji analogi verbal sebagai alat pengukur tingkat kecerdasan mahasiswa. Penentuan jumlah sampel dilakukanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen uji analogi verbal sebagai alat pengukur tingkat kecerdasan mahasiswa. Penentuan jumlah sampel dilakukan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Integrasi pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif online, CLIL, telekolaborasi, dan storytelling digital ke dalam kerangka ini menawarkanIntegrasi pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif online, CLIL, telekolaborasi, dan storytelling digital ke dalam kerangka ini menawarkan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Dalam analisis data, data kualitatif diubah menjadi analisis kuantitatif, dan analisis kuantitatif dilakukan. Konsep-konsep dalam peta pikiran yang dibuatDalam analisis data, data kualitatif diubah menjadi analisis kuantitatif, dan analisis kuantitatif dilakukan. Konsep-konsep dalam peta pikiran yang dibuat
INTELEKTUALINTELEKTUAL Metode yang digunakan ialah algoritma string replacement yang mengikuti kaidah penulisan aksara Bima pada buku referensi. Hasil pengujian menunjukkan nilaiMetode yang digunakan ialah algoritma string replacement yang mengikuti kaidah penulisan aksara Bima pada buku referensi. Hasil pengujian menunjukkan nilai