OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerArtikel ini membahas tentang . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Teknik yang digunakan, yaitu tes dan angket. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5B dengan jumlah sampel sebanyak 29 siswa. Adapun hasil penelitian yang dilakukan Widiya Wahyu, dkk yang menjadi acuan atau referensi penulis menunjukkan bahwa ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi rxy sebesar 0,49. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 24,01%. Sisanya sebanyak 75,99% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 24,01% ditentukan oleh keterampilan membaca pemahaman melalui persamaan regresi Ŷ = 11,15 0,52X, yang artinya kenaikan unit nilai keterampilan membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 0,52 unit.
Penelitian ini mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami siswa kelas V SD dalam kemampuan membaca pemahaman, meliputi faktor keadaan, pengaruh lingkungan, kebiasaan, motivasi, minat, dan bahan bacaan.Upaya peningkatan kemampuan membaca pemahaman yang dilakukan guru meliputi motivasi siswa, penentuan tujuan membaca, kepekaan terhadap kesulitan siswa, penggunaan metode dan media yang tepat, serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai.Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa dan strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian, beberapa arah penelitian lanjutan dapat dieksplorasi. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi secara spesifik jenis-jenis intervensi membaca yang paling efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD, dengan mempertimbangkan gaya belajar dan karakteristik individual siswa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian membaca pemahaman yang lebih komprehensif dan valid, yang mampu mengukur berbagai aspek pemahaman bacaan secara akurat. Ketiga, studi eksploratif dapat dilakukan untuk menggali peran serta orang tua dan lingkungan keluarga dalam mendukung pengembangan keterampilan membaca pemahaman siswa, serta merancang program kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk meningkatkan minat baca dan prestasi akademik siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi di Indonesia.
| File size | 131.68 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Menurunnya semangat siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya fokus dan dorongan, serta ketidakmampuan memahami isi pembelajaran. KurangnyaMenurunnya semangat siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya fokus dan dorongan, serta ketidakmampuan memahami isi pembelajaran. Kurangnya
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya serap keterampilan proses siswa berada pada kategori baik sebesar 74,95%. Tingkat keterampilan prosesHasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya serap keterampilan proses siswa berada pada kategori baik sebesar 74,95%. Tingkat keterampilan proses
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelasPenelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah pesertaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah peserta
Useful /
OJSOJS Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisis mendalam mengenai pelengkap subjek dalam tata bahasa Inggris, dengan fokus pada sintaksis, jenis, peran,Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisis mendalam mengenai pelengkap subjek dalam tata bahasa Inggris, dengan fokus pada sintaksis, jenis, peran,
UMSUMS Semua pihak, terutama otoritas lokal kota dengan tingkat keberlanjutan sedang, perlu merencanakan dan mengembangkan kota mereka untuk memastikan masa depanSemua pihak, terutama otoritas lokal kota dengan tingkat keberlanjutan sedang, perlu merencanakan dan mengembangkan kota mereka untuk memastikan masa depan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis denganData motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan
UMSUMS Studi ini merekomendasikan upaya untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan musim, banjir, dan ketidakpastian iklim, termasuk investasi pada pertanianStudi ini merekomendasikan upaya untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan musim, banjir, dan ketidakpastian iklim, termasuk investasi pada pertanian