OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Guru adalah seorang pengajar yang harus digugu dan ditiru oleh siswa dan lingkungan masyarakat sekitarnya. Guru di Indonesia diharapkan memiliki integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas mulianya (Anggraini dkk., 2022). Organisasi profesi keguruan memiliki peran yang krusial dalam mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki masalah-masalah yang terkait dengan pemahaman, tujuan, jenis, dan manfaat organisasi profesi keguruan. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat organisasi profesi keguruan. Selain itu, dapat meningkatkan efektivitas dan dampak positif dari organisasi profesi keguruan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Organisasi profesi keguruan merupakan perhimpunan guru yang melalui pendidikan dan pelatihan resmi berfungsi untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan kesejahteraan anggotanya.Tujuan utama lembaga ini meliputi advokasi hak guru, pengembangan profesional, jaringan kolaborasi, serta perlindungan terhadap profesi.Berbagai jenis organisasi seperti PGRI, MGMP, ISPIISPI, KKG, IPBI, dan PGM Indonesia memberikan manfaat berupa dukungan dalam menangani permasalahan profesional dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Pertama, sebuah penelitian kuantitatif dapat dijalankan untuk mengukur secara sistematis dampak keanggotaan guru dalam organisasi profesi terhadap praktik mengajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dapat memanfaatkan data nilai ujian, observasi kelas, serta survei kepuasan guru sebelum dan sesudah bergabung dengan organisasi, sehingga memberikan bukti empiris yang lebih kuat. Kedua, studi mixed methods dapat dirancang untuk mengeksplorasi persepsi guru mengenai hambatan dan faktor pendukung partisipasi aktif dalam organisasi profesi keguruan. Dengan menggabungkan kuesioner skala likert dan wawancara mendalam, penelitian ini akan mengidentifikasi kendala administratif, motivasional, serta tantangan teknologi yang dihadapi guru. Ketiga, penelitian tindakan atau kajian kualitatif dapat meneliti keefektifan platform digital maupun komunitas online dalam memfasilitasi kolaborasi dan pengembangan profesional berkelanjutan di antara anggota organisasi. Hasil kajian ini diharapkan memberikan gambaran praktik terbaik dalam merancang pelatihan, memaksimalkan fungsi advokasi, serta pertukaran informasi di era digital. Secara keseluruhan, ketiga ide tersebut akan memperluas pemahaman tentang peranan organisasi profesi dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pendidikan lintas konteks sekolah.

  1. #pengembangan profesional guru#pengembangan profesional guru
  2. #organisasi profesi keguruan#organisasi profesi keguruan
File size124.24 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test