INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsep-konsep yang diungkapkan oleh siswa kelas empat sekolah dasar melalui peta pikiran terkait empat operasi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan membandingkan skor peta pikiran dengan skor tes prestasi. Penelitian menggunakan metode campuran di mana data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan dan disajikan bersama. Studi dilakukan dengan total 14 siswa, terdiri dari delapan perempuan dan enam laki-laki, yang bersekolah di kelas empat sekolah dasar di distrik Menteşe, Muğla, pada semester musim semi tahun ajaran 2019-2020. Dalam penelitian ini, peta pikiran yang dibuat untuk empat operasi dan tes prestasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Proses pengumpulan data dilakukan secara bersamaan. Dalam analisis data, data kualitatif diubah menjadi analisis kuantitatif, dan analisis kuantitatif dilakukan. Konsep-konsep dalam peta pikiran yang dibuat untuk empat operasi mengalami analisis kualitatif dan foto ditambahkan sebagai bukti. Sebagai hasil penelitian, ditentukan bahwa mayoritas siswa mengadopsi konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, terungkap bahwa terdapat hubungan positif tingkat tinggi antara skor siswa yang diperoleh dari tes prestasi dan skor dari peta pikiran yang mereka buat. Evaluasi yang dilakukan menggunakan peta pikiran untuk siswa kelas empat sekolah dasar lebih menguntungkan daripada tes prestasi dalam hal menentukan pemahaman konseptual.

Siswa kelas empat sekolah dasar mampu mengungkapkan konsep-konsep terkait empat operasi melalui peta pikiran, seperti tanda tambah, operasi, menjumlahkan, dan memperbanyak untuk penjumlahan.Terdapat hubungan positif yang signifikan antara skor tes prestasi dan skor peta pikiran, menunjukkan bahwa peta pikiran memberikan keuntungan dalam mengevaluasi pemahaman konseptual.Penggunaan peta pikiran direkomendasikan untuk menentukan pembelajaran konseptual dalam proses evaluasi.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan penggunaan peta pikiran untuk mengevaluasi pemahaman konseptual pada topik matematika lainnya di tingkat sekolah dasar, seperti geometri atau pengukuran. Selain itu, perlu diteliti bagaimana peta pikiran dapat diintegrasikan dalam kurikulum matematika secara lebih luas untuk meningkatkan pembelajaran bermakna. Studi lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi efektivitas peta pikiran dalam mengidentifikasi dan memperbaiki miskonsepsi yang spesifik pada operasi matematika, serta menguji penerapannya dalam konteks pembelajaran daring atau hybrid.

  1. The use of mind maps related to the four operations in primary school fourth-grade students as an evaluation... doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.19894The use of mind maps related to the four operations in primary school fourth grade students as an evaluation doi 10 11591 edulearn v15i2 19894
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #hasil analisis data#hasil analisis data
File size578.61 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test