UINKHASUINKHAS
JESE: Journal of Elementary School EducationJESE: Journal of Elementary School EducationPenelitian ini bertujuan untuk mengatasi minimnya media pembelajaran pada pembelajaran tematik di kelas III MI Mutiara Hati Jembrana Bali dengan mengembangkan media Roda Berputar. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: proses pengembangan media Roda Berputar, kelayakan media tersebut, dan uji respon peserta didik terhadap media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Alat pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dengan data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III di MI Mutiara Hati, dan validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran.
Pengembangan media roda berputar untuk pembelajaran tematik di kelas III MI Mutiara Hati Jembrana Bali menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) melalui lima tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Validasi oleh tiga validator menunjukkan media ini sangat layak, dengan uji coba pada peserta didik kelas III menghasilkan tingkat ketertarikan sebesar 90%.Oleh karena itu, media roda berputar dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik di MI Mutiara Hati Jembrana Bali serta sekolah dasar lainnya.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas media roda berputar pada tingkat kelas yang berbeda, misalnya kelas IV dan V, serta pada mata pelajaran lain seperti IPA dan IPS, untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara lintas kurikulum. Selanjutnya, perbandingan antara media roda berputar dengan media interaktif lainnya, seperti aplikasi digital atau permainan berbasis komputer, dapat dilakukan untuk menilai keunggulan masing‑masing dalam meningkatkan partisipasi siswa dan pemahaman konsep. Terakhir, penelitian jangka panjang mengenai dampak penggunaan media roda berputar terhadap retensi pengetahuan dan kemampuan transfer belajar dapat dieksplorasi, termasuk adaptasi desain media menjadi versi digital yang dapat diakses melalui perangkat mobile, sehingga memperluas jangkauan dan fleksibilitas penggunaannya.
- Pengembangan Media Pembelajaran Spin Game Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Tema 7 Subtema 1... jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/74758Pengembangan Media Pembelajaran Spin Game Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Tema 7 Subtema 1 jurnal uns ac jdc article view 74758
- Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Rangsa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah... jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/1465Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Rangsa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah jurnal minartis index php jpst article view 1465
- Pengembangan Media Number Spinning Wheel pada Materi Calistung di Kelas 1 UPT SD Negeri 63 Gresik | Journal... doi.org/10.31004/joe.v5i3.1853Pengembangan Media Number Spinning Wheel pada Materi Calistung di Kelas 1 UPT SD Negeri 63 Gresik Journal doi 10 31004 joe v5i3 1853
| File size | 850.89 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3x4. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten PacitanPenelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3x4. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan
UINKHASUINKHAS Namun, ada beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran IPAS, termasuk kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, paradigma siswaNamun, ada beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran IPAS, termasuk kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, paradigma siswa
UINKHASUINKHAS Kemampuan membaca peserta didik di sekolah dasar di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya gerakan literasi membacaKemampuan membaca peserta didik di sekolah dasar di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya gerakan literasi membaca
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Hasil menunjukkan bahwa rata‑rata literasi statistik tergolong baik (76,21) dan telah mencapai indikator minimum keberhasilan yang telah ditetapkan,Hasil menunjukkan bahwa rata‑rata literasi statistik tergolong baik (76,21) dan telah mencapai indikator minimum keberhasilan yang telah ditetapkan,
Useful /
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Upaya konkret seperti penyediaan perpustakaan keluarga atau desa serta motivasi warga dalam memanfaatkan fasilitas belajar diperlukan untuk menciptakanUpaya konkret seperti penyediaan perpustakaan keluarga atau desa serta motivasi warga dalam memanfaatkan fasilitas belajar diperlukan untuk menciptakan
UINKHASUINKHAS Jadi, peran guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini sangat penting. Guru juga dapat menggunakannya dalam pendidikan kewarganegaraan. (1) PeranJadi, peran guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini sangat penting. Guru juga dapat menggunakannya dalam pendidikan kewarganegaraan. (1) Peran
UINKHASUINKHAS Penelitian ini didorong oleh perkembangan teknologi yang pesat, yang menuntut guru menguasai teknologi digital, khususnya dalam media pembelajaran multimedia.Penelitian ini didorong oleh perkembangan teknologi yang pesat, yang menuntut guru menguasai teknologi digital, khususnya dalam media pembelajaran multimedia.
MARANATHAMARANATHA Mencit (n=7/kelompok) dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok A (kontrol), kelompok B dan kelompok C (uji) yang masing-masing mendapatkan ekstrak akar alang-alangMencit (n=7/kelompok) dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok A (kontrol), kelompok B dan kelompok C (uji) yang masing-masing mendapatkan ekstrak akar alang-alang