UIN ALAUDDINUIN ALAUDDIN
Al-KalamAl-KalamMedia yang digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya membaca dan menulis permulaan di kelas awal, adalah media big book. Dengan penggunaan media big book, diharapkan dapat menjadi alternatif pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan pembelajaran membaca dan menulis, serta sebagai solusi bagi siswa yang kesulitan meningkatkan keterampilan membaca dan menulisnya. Media big book ini selain lebih mudah dibuat dan dirancang, juga lebih mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran proses pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar dengan menggunakan media big book, (2) gambaran keterampilan literasi siswa kelas awal sebelum dan setelah menggunakan media big book, (3) pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media big book, keterampilan literasi siswa sebelum dan setelah menggunakan media big book, serta pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen pedoman observasi dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes keterampilan literasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Selain itu, adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, yaitu diperoleh nilai p-value = 0,019 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar.
Secara umum, penggunaan media big book oleh guru telah terlaksana dengan baik meskipun tampak bahwa guru masih canggung dalam pelaksanaan pembelajaran.Hal ini dikarenakan guru belum terbiasa dengan penggunaan media big book dan adanya observer pada saat pembelajaran berlangsung.Saat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan media big book, siswa antusias dalam mengikutinya.Keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar sebelum penggunaan media big book menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh adalah 52,44 cenderung kurang, sedangkan keterampilan literasi siswa kelas awal setelah penggunaan media big book menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh adalah 83,98 cenderung sangat baik.Terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mencoba media big book pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi atau pada mata pelajaran lain untuk melihat efektivitasnya. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keterampilan literasi siswa, seperti motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Penelitian juga dapat dilanjutkan dengan mengeksplorasi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mendukung penggunaan media big book dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa.
| File size | 378.28 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-oi |
| DMCA | Report |
Related /
UTMUTM Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuanEra digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan
UNYUNY Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan bahwa permainan ini layak digunakan, dengan skor rata-rata 79,2% dan 77% secara berturut-turut. PenggunaanValidasi oleh ahli media dan materi menunjukkan bahwa permainan ini layak digunakan, dengan skor rata-rata 79,2% dan 77% secara berturut-turut. Penggunaan
ETDCIETDCI Temuan tersebut menekankan perlunya peningkatan kesadaran akademik mengenai praktik penulisan yang orisinal serta penggunaan alat deteksi plagiarisme secaraTemuan tersebut menekankan perlunya peningkatan kesadaran akademik mengenai praktik penulisan yang orisinal serta penggunaan alat deteksi plagiarisme secara
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pendekatan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara,Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pendekatan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara,
UAJYUAJY Namun, terdapat keterbatasan pada durasi pelatihan yang melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk pengembanganNamun, terdapat keterbatasan pada durasi pelatihan yang melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk pengembangan
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Kedua kemampuan tersebut meningkat secara signifikan selama empat siklus, dengan nilai tertinggi pada kemampuan menarik kesimpulan (91,42) dan mengkomunikasikanKedua kemampuan tersebut meningkat secara signifikan selama empat siklus, dengan nilai tertinggi pada kemampuan menarik kesimpulan (91,42) dan mengkomunikasikan
UIN ALAUDDINUIN ALAUDDIN Pendidikan anak yang dilaksanakan di SDIT al-Fityan Gowa berorientasi pada pembentukan karakter islami. Dalam mencapai tujuan tersebut, SDIT al FityanPendidikan anak yang dilaksanakan di SDIT al-Fityan Gowa berorientasi pada pembentukan karakter islami. Dalam mencapai tujuan tersebut, SDIT al Fityan
UIN ALAUDDINUIN ALAUDDIN Kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui pengawasan kepala madrasah telah mencapai tujuan pembelajaran dengan indikator baik seperti penyusunan rencanaKinerja guru dalam proses pembelajaran melalui pengawasan kepala madrasah telah mencapai tujuan pembelajaran dengan indikator baik seperti penyusunan rencana
Useful /
UTMUTM Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positifHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positif
UTMUTM Platform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatasPlatform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatas
UAJYUAJY Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi, khususnya aplikasi Canva, kepada siswa kelas 4 SD Kanisius Notoyudan. MelaluiKegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi, khususnya aplikasi Canva, kepada siswa kelas 4 SD Kanisius Notoyudan. Melalui
UNHASUNHAS Masalah penelitian direpresentasikan melalui kurangnya undang-undang yang mengatur transaksi dengan mata uang kripto di Irak. Ada banyak risiko teknis,Masalah penelitian direpresentasikan melalui kurangnya undang-undang yang mengatur transaksi dengan mata uang kripto di Irak. Ada banyak risiko teknis,