UINKHASUINKHAS
JESE: Journal of Elementary School EducationJESE: Journal of Elementary School EducationSangat penting untuk meningkatkan karakter kedisiplinan di lingkungan sekolah karena fakta bahwa siswa sekarang sering terlambat ke sekolah, membolos, dan tidak menyelesaikan pekerjaan rumah. Perilaku ini sering terjadi pada siswa yang sudah masuk kelas empat. Jadi, peran guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini sangat penting. Guru juga dapat menggunakannya dalam pendidikan kewarganegaraan. (1) Peran guru dalam membangun karakter disiplin siswa (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa (3) Usaha guru dalam membangun karakter disiplin siswa adalah tujuan dari artikel ini. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, seperti studi kepustakaan atau literatur. Penelitian ini mengumpulkan data dengan mengumpulkan penelitian sebelumnya untuk menentukan peran guru dalam membangun karakter kedisiplinan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidahiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru berfungsi sebagai guru selain menjadi contoh bagi siswa, baik di dalam maupun di luar kelas.
Berdasarkan penelitian, peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa sangat penting.Guru bertindak sebagai panutan bagi siswa, baik di dalam maupun luar kelas.Upaya yang telah dijelaskan, seperti keteladanan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif, aturan yang konsisten, penghargaan, dan konsistensi membantu siswa memahami nilai-nilai disiplin.Penerapan karakter disiplin ini dapat diterapkan dalam mata pelajaran tertentu atau melalui strategi pendidikan yang terarah.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji dampak interaksi antara pola asuh keluarga dan peran guru terhadap karakter disiplin siswa. Studi lebih lanjut juga dibutuhkan untuk membandingkan efektivitas strategi pembentukan karakter disiplin yang berbeda, misalnya melalui pendekatan intrinsik (kesadaran diri) versus ekstrinsik (hukuman dan penghargaan). Arah lain adalah mengeksplorasi peran lingkungan sekolah sebagai faktor penunjang atau penghambat dalam pengembangan karakter disiplin siswa secara holistik tergantung pada konfigurasi sumber daya dan budaya sekolah.
- Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah | Didactica... journal.actual-insight.com/index.php/didactica/article/view/1148Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Didactica journal actual insight index php didactica article view 1148
- IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 187/1 TERATAI | Pendas Mahakam... doi.org/10.24903/pm.v4i2.405IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 187 1 TERATAI Pendas Mahakam doi 10 24903 pm v4i2 405
- Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 42 Ampenan | Muhaimin | JIKAP PGSD: Jurnal... ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/18883Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 42 Ampenan Muhaimin JIKAP PGSD Jurnal ojs unm ac JIKAP article view 18883
- STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA... doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH GURU ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA doi 10 21831 cp v2i2 4828
- HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF | At-Tafkir. hakikat pembelajaran tafkir quick jump page content main... doi.org/10.32505/at.v11i1.529HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF At Tafkir hakikat pembelajaran tafkir quick jump page content main doi 10 32505 at v11i1 529
| File size | 932.7 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIGMUIGM Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pelatihan pendidikan multikultural berbasis literasi digital yang ditujukan untuk memperkuat kebhinekaanArtikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pelatihan pendidikan multikultural berbasis literasi digital yang ditujukan untuk memperkuat kebhinekaan
UNWUNW Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator,Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator,
UNWUNW Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Peran guru pendamping khusus dilakukan dengan melakukan asesmen pada siswa, membuat Program Pembelajaran IndividualPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Peran guru pendamping khusus dilakukan dengan melakukan asesmen pada siswa, membuat Program Pembelajaran Individual
UNWUNW Dari berbagai penelitian disimpulkan, musik adalah bidang yang sangat mempengaruhi perkembangan anak di usia dini. Di sisi lain keberhasilan tujuan iniDari berbagai penelitian disimpulkan, musik adalah bidang yang sangat mempengaruhi perkembangan anak di usia dini. Di sisi lain keberhasilan tujuan ini
Useful /
IPBIPB Studi ini merekomendasikan pergeseran menuju model penyuluhan yang pluralistik dan berorientasi ketahanan yang mengintegrasikan aset penghidupan dan strategiStudi ini merekomendasikan pergeseran menuju model penyuluhan yang pluralistik dan berorientasi ketahanan yang mengintegrasikan aset penghidupan dan strategi
IAIN CURUPIAIN CURUP Namun jika ta‟wil tersebut hanya didasarkan kepada dorongan hawa nafsu dan tidak terpenuhi syarat-syarat yang ditentukan, akibatnya pengalihan maknaNamun jika ta‟wil tersebut hanya didasarkan kepada dorongan hawa nafsu dan tidak terpenuhi syarat-syarat yang ditentukan, akibatnya pengalihan makna
IAIN CURUPIAIN CURUP Islam adalah kepemimpinan yang sangat penting ada Keberadaan hukum Islam tidak akan menjadi penting jika dia hanya menulis tulisan ulama hukum Islam. ItuIslam adalah kepemimpinan yang sangat penting ada Keberadaan hukum Islam tidak akan menjadi penting jika dia hanya menulis tulisan ulama hukum Islam. Itu
IJAINIJAIN Setelah melalui proses perbandingan dan analisis, penelitian ini memberikan rekomendasi alat pemetaan data semantik yang paling sesuai. Selanjutnya, alatSetelah melalui proses perbandingan dan analisis, penelitian ini memberikan rekomendasi alat pemetaan data semantik yang paling sesuai. Selanjutnya, alat