UINKHASUINKHAS
JESE: Journal of Elementary School EducationJESE: Journal of Elementary School EducationPenelitian ini didorong oleh perkembangan teknologi yang pesat, yang menuntut guru menguasai teknologi digital, khususnya dalam media pembelajaran multimedia. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis pemahaman calon guru MI terhadap penggunaan aplikasi Articulate Storyline 3. Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif, dengan data menunjukkan bahwa penggunaan Articulate Storyline 3 menyajikan materi secara menarik dan mendukung proses pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 96,7% dari 30 responden calon guru menyatakan aplikasi tersebut sangat efektif berkat tampilan dan fitur penunjang pembelajaran.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Articulate Storyline 3 efektif sebagai media pembelajaran calon guru sekolah dasar, dengan 96,7% responden menilai tampilannya menarik dan fiturnya mendukung proses pembelajaran.Meskipun beberapa responden mengalami kendala penggunaan, mayoritas dapat memahami aplikasi ini dengan baik.Penerapan Articulate Storyline 3 terbukti meningkatkan motivasi mengajar guru apabila diimplementasikan secara tepat.
Saran penelitian lanjutan dapat diarahkan pada tiga ide penelitian baru. Pertama, studi eksperimen untuk mengukur dampak penggunaan Articulate Storyline 3 terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa sekolah dasar, serta membandingkannya dengan metode konvensional untuk menilai keunggulan media interaktif. Kedua, penelitian kualitatif mendalam yang mengeksplorasi berbagai tantangan teknis, pedagogis, dan adaptasi yang dihadapi calon guru MI saat mengimplementasikan Articulate Storyline 3 di lingkungan kelas nyata, termasuk praktik terbaik yang berhasil di lapangan. Ketiga, pengembangan dan evaluasi modul pelatihan berbasis Articulate Storyline 3 sebagai intervensi untuk meningkatkan kompetensi calon guru dalam penggunaan fitur-fitur canggih aplikasi tersebut, dengan menggunakan pendekatan studi tindakan kelas untuk menguji efektivitas modul. Ide-ide tersebut juga disusun berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang masih terbatas pada pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 30 responden, sehingga perlu diperluas pada jumlah dan variasi institusi. Selain itu, penelitian dapat dilengkapi dengan analisis biaya dan waktu implementasi untuk mengetahui efisiensi penggunaan Articulate Storyline 3 dalam skala besar. Dengan memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian lanjutan akan mampu menghasilkan panduan lengkap bagi para calon guru, dosen, dan pengembang kurikulum dalam merancang media pembelajaran digital yang efektif dan berkelanjutan.
- Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013... doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3167Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 doi 10 31004 basicedu v6i4 3167
- ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH |... doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH doi 10 24252 auladuna v8i2a3 2021
- PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA SAINS UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA DI SEKOLAH... doi.org/10.17509/eh.v12i1.18508PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA SAINS UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA DI SEKOLAH doi 10 17509 eh v12i1 18508
| File size | 1016.35 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIGMUIGM Secara konseptual, pendekatan ini didasarkan pada teori konstruktivisme sosial, prinsip andragogi, dan pendidikan kritis yang menekankan partisipasi aktif,Secara konseptual, pendekatan ini didasarkan pada teori konstruktivisme sosial, prinsip andragogi, dan pendidikan kritis yang menekankan partisipasi aktif,
OJSOJS Studi ini membahas konsep dasar dan prinsip-prinsip pendidikan inklusif, pentingnya kinerja guru dalam implementasi efektifnya, serta tantangan yang dihadapiStudi ini membahas konsep dasar dan prinsip-prinsip pendidikan inklusif, pentingnya kinerja guru dalam implementasi efektifnya, serta tantangan yang dihadapi
UINKHASUINKHAS Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan problematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan problematika
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Hasil menunjukkan bahwa model fuzzy tabel lookup 8 input dengan transformasi logaritma memiliki MAPE terkecil (4,09%) dan merupakan model terbaik dibandingHasil menunjukkan bahwa model fuzzy tabel lookup 8 input dengan transformasi logaritma memiliki MAPE terkecil (4,09%) dan merupakan model terbaik dibanding
Useful /
UIGMUIGM Program Pengabdian kepada Masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi FunMath di SMK Pembina 2 Palembang telah berhasil dilaksanakan dengan sangat baik. AplikasiProgram Pengabdian kepada Masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi FunMath di SMK Pembina 2 Palembang telah berhasil dilaksanakan dengan sangat baik. Aplikasi
OJSOJS Selain itu, pada soal nomor 33 terdapat 11 siswa dengan persentase 34,375% masuk kepada kategori tinggi, 20 siswa dengan persentase 62,5% dalam kategoriSelain itu, pada soal nomor 33 terdapat 11 siswa dengan persentase 34,375% masuk kepada kategori tinggi, 20 siswa dengan persentase 62,5% dalam kategori
OJSOJS Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V dan orang tua. Hasil penelitian menemukan bahwa problematika minat literasi membaca siswa adalah: (1)Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V dan orang tua. Hasil penelitian menemukan bahwa problematika minat literasi membaca siswa adalah: (1)
OJSOJS Pemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran media digital. MediaPemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran media digital. Media