UINKHASUINKHAS

JESE: Journal of Elementary School EducationJESE: Journal of Elementary School Education

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat dengan karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan problematika yang dihadapi dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik harus merancang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi yang mencakup tiga jenis asesmen: diagnostik, sumatif, dan formatif. Problematika yang sering dihadapi adalah kesulitan dalam memilih pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur, menggunakan sumber data dari berbagai jurnal, artikel, dan buku yang relevan dengan topik pembahasan.

Sejak diluncurkannya Kurikulum Merdeka pada tahun 2022, lebih dari 300 satuan pendidikan telah menerapkannya secara sukarela.Kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi setempat, serta menekankan literasi relevan dengan perkembangan zaman.Namun, ada beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran IPAS, termasuk kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, paradigma siswa yang menganggap IPAS sulit, dan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun modul ajar.Secara keseluruhan, kurikulum ini berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas dan relevansi yang tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai efektivitas berbagai pendekatan, strategi, dan model pembelajaran IPAS dalam konteks Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada peningkatan pemahaman dan minat siswa. Kedua, penting untuk menginvestigasi bagaimana guru dapat mengatasi kesulitan dalam menyusun modul ajar IPAS yang relevan dan menarik, termasuk pengembangan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan. Ketiga, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi dampak implementasi Kurikulum Merdeka terhadap pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran IPAS. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas implementasi Kurikulum Merdeka dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Dengan memahami tantangan dan peluang yang ada, kita dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan bagi generasi penerus bangsa.

  1. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar | Jurnal Basicedu. implementasi... doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Jurnal Basicedu implementasi doi 10 31004 basicedu v7i5 5766
  1. #konteks kurikulum merdeka#konteks kurikulum merdeka
File size991.02 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test