IAIQHIAIQH

At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama IslamAt-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi sikap tadzim santri terhadap ustadz dalam pembelajaran kitab Talim Mutaallim di Pondok Pesantren Fatchul Ulum 3 Pacet Mojokerto, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan sikap tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi sikap tadzim santri terhadap ustadz dalam pembelajaran kitab Talim Mutaallim tampak melalui beberapa perilaku, antara lain tidak memulai berbicara sebelum ustadz, mendengarkan penjelasan ustadz dengan khidmat, tidak duduk di tempat duduk ustadz, menundukkan kepala saat melewati ustadz, serta bersalaman dan mengucapkan salam ketika berjumpa. Selain itu, santri menunjukkan kepatuhan dengan melaksanakan perintah ustadz, menjaga tata krama ketika berada di sekitar dhalem, dan berbicara dengan penuh hormat sambil menundukkan kepala. Faktor pendukung sikap tadzim ini meliputi motivasi internal santri, dukungan lingkungan pesantren, serta keteladanan ustadz. Adapun faktor penghambat mencakup kondisi pribadi santri yang beragam, pengaruh lingkungan luar, serta keterbatasan metode pengajaran tertentu.

Penelitian menunjukkan bahwa santri di Pondok Pesantren Fatchul Ulum 3 berhasil mengaktualisasikan nilai‑nilai tadzim dalam berbagai perilaku, seperti tidak mendahului ustadz, menundukkan kepala, serta mematuhi perintah dengan hormat.Faktor pendukung utama meliputi keteladanan ustadz, disiplin pesantren, dan lingkungan kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup latar belakang santri yang beragam, kebiasaan individu, dan pengaruh lingkungan pergaulan yang kurang mendukung.Oleh karena itu, upaya pemeliharaan dan pengembangan sikap tadzim harus terus dilakukan melalui contoh ustadz, pembiasaan, dan penguatan lingkungan yang mendukung untuk memperkuat karakter religius dan keberkahan ilmu santri.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti pengaruh paparan media digital terhadap perkembangan sikap tadzim santri dengan pendekatan campuran guna mengidentifikasi tantangan dan peluang era modern. Selanjutnya, sebuah studi komparatif antara praktik tadzim di pesantren tradisional dan sekolah Islam modern dapat mengungkap strategi pedagogis yang paling efektif dalam menumbuhkan rasa hormat kepada guru. Akhirnya, penelitian longitudinal mengenai peran keterlibatan keluarga dan komunitas dalam memperkuat perilaku tadzim santri dapat memberikan wawasan tentang mekanisme internalisasi nilai adab yang berkelanjutan, sehingga membantu merumuskan program intervensi yang holistik dan berkelanjutan bagi pendidikan karakter di lingkungan pesantren.

  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
  2. #sosial analisis data#sosial analisis data
Read online
File size336.72 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test