IAIQHIAIQH
At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama IslamAt-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama IslamArtikel ini mengkaji relevansi dan potensi transformatif pemikiran tasawuf Ibnu Arabi dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter religius yang utuh. Berlandaskan konsep Insan Kamil sebagai manusia ideal yang memantulkan atribut Ilahi, penelitian ini menekankan bahwa integrasi nilai-nilai tasawuf ibnu arabi dapat menjembatani kesenjangan yang selama ini muncul antara nilai spiritual Islam dan kebutuhan zaman modern. Dengan metode analisis kualitatif berbasis studi literatur, artikel ini menawarkan model integrasi kurikulum dan pedagogis yang menyinergikan dimensi spiritual, moral, intelektual, dan sosial, guna menghasilkan generasi yang tidak hanya cakap secara akademik tetapi juga matang secara spiritual dan luhur secara moral. Hasil penelitian ini menekankan urgensi transformasi sistemik dan holistik dalam PAI agar dapat menjawab tantangan zaman dan membentuk pribadi yang siap berkontribusi bagi umat dan peradaban.
Integrasi pemikiran tasawuf Ibnu Arabi ke dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan landasan kuat untuk membentuk karakter religius yang holistik, menjadikan peserta didik tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan moral.Melalui konsep Insan Kamil, Wahdat al-Wujud, Maqamat, dan Ahwal, tasawuf dapat menjembatani kesenjangan antara nilai-nilai Islam dan kebutuhan zaman modern.Dengan reformulasi kurikulum, metode pedagogis inovatif, teladan pendidik yang kuat, serta dukungan dari sekolah, keluarga, dan komunitas, pendidikan dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul dari sisi akademik, tetapi juga membawa transformasi batin dan berdampak positif bagi umat dan semesta.
Pertama, sebuah penelitian dapat dirancang untuk mengukur efektivitas penerapan kurikulum integratif berbasis tasawuf Ibnu Arabi dalam Pendidikan Agama Islam pada tingkat sekolah menengah, dengan mengombinasikan metode eksperimen semu dan pengumpulan data melalui kuesioner sederhana, wawancara, dan observasi kelas, agar jelas terlihat bagaimana perubahan nilai spiritual, moral, intelektual, dan sosial siswa sebelum dan setelah intervensi kurikulum. Kedua, riset dapat difokuskan pada perancangan dan uji coba modul pelatihan berkelanjutan untuk pendidik dalam mendalami konsep Insan Kamil dan integrasi nilai-nilai tasawuf ke dalam strategi pengajaran sehari-hari, menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) serta studi kasus guru di pesantren dan sekolah Islam, sehingga tercipta panduan praktis yang dapat diadaptasi di berbagai konteks pendidikan. Ketiga, sebuah studi komprehensif dapat mengeksplorasi peran ekosistem edukasi yang melibatkan sekolah, keluarga, dan komunitas dalam memperkuat proses transformasi spiritual peserta didik melalui praktik zikir, meditasi, dan kontemplasi, menggunakan pendekatan partisipatif untuk mengevaluasi program di lingkungan sekolah dan rumah sehingga dapat disusun model kolaboratif yang memadukan dukungan dari guru, orang tua, dan tokoh masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang kohesif dan berkelanjutan.
- el-Tarbawi. relevansi ajaran tasawuf kehidupan muslim modern tarbawi quick jump page content main navigation... doi.org/10.20885/tarbawi.vol14.iss1.art1el Tarbawi relevansi ajaran tasawuf kehidupan muslim modern tarbawi quick jump page content main navigation doi 10 20885 tarbawi vol14 iss1 art1
- Islamic Education Curriculum Design Based on Sufism | Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam. islamic education... doi.org/10.54150/thawalib.v6i1.584Islamic Education Curriculum Design Based on Sufism Thawalib Jurnal Kependidikan Islam islamic education doi 10 54150 thawalib v6i1 584
- ASESMEN PEMBELAJARAN PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI HOLISTIK UNTUK PENGUATAN NILAI SPIRITUAL... jurnalp4i.com/index.php/strategi/article/view/4839ASESMEN PEMBELAJARAN PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM STRATEGI HOLISTIK UNTUK PENGUATAN NILAI SPIRITUAL jurnalp4i index php strategi article view 4839
- Integration of Islamic Principles and Modern Educational Theories in Islamic Education | QALAMUNA: Jurnal... doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.6105Integration of Islamic Principles and Modern Educational Theories in Islamic Education QALAMUNA Jurnal doi 10 37680 qalamuna v16i2 6105
| File size | 311.89 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
IAIQHIAIQH Kata Kunci: Tahfidz, Prestasi Belajar, Al-Quran Hadis, Pendidikan Islam. Program kelas tahfidz di MTSN 2 Mojokerto dilaksanakan empat kali seminggu denganKata Kunci: Tahfidz, Prestasi Belajar, Al-Quran Hadis, Pendidikan Islam. Program kelas tahfidz di MTSN 2 Mojokerto dilaksanakan empat kali seminggu dengan
IAIQHIAIQH Faktor pendukung utama meliputi keteladanan ustadz, disiplin pesantren, dan lingkungan kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup latar belakang santriFaktor pendukung utama meliputi keteladanan ustadz, disiplin pesantren, dan lingkungan kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup latar belakang santri
STITMUBASTITMUBA Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai t-hitung 12,47 dengan p-value < 0,001, yang menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. ObservasiHasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai t-hitung 12,47 dengan p-value < 0,001, yang menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Observasi
UINSATUUINSATU Sepanjang sejarah Islam, kita dapat dengan mudah menyaksikan serangkaian pertikaian dan konflik antara kelompok Syiah dan Sunni. Namun demikian, terdapatSepanjang sejarah Islam, kita dapat dengan mudah menyaksikan serangkaian pertikaian dan konflik antara kelompok Syiah dan Sunni. Namun demikian, terdapat
IAINSORONGIAINSORONG Stalin, yang dikenal luas sebagai diktator paling berdarah sepanjang sejarah dunia, sangat terpengaruh oleh teori Darwin sehingga menghilangkan hukum genetikaStalin, yang dikenal luas sebagai diktator paling berdarah sepanjang sejarah dunia, sangat terpengaruh oleh teori Darwin sehingga menghilangkan hukum genetika
IAIN SUIAIN SU Al-Quran, hadis, dan ucapan para sahabat Nabi merupakan pilar utama mengenai pendidikan lingkungan hidup dalam Islam, sehingga diharapkan negara-negaraAl-Quran, hadis, dan ucapan para sahabat Nabi merupakan pilar utama mengenai pendidikan lingkungan hidup dalam Islam, sehingga diharapkan negara-negara
IAIN SUIAIN SU Lebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi danaLebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi dana
IAIN SUIAIN SU Namun kemudian berkembang merambah kepada seluruh aspek kehidupan dunia manusia, dan juga masuk ke dalam berbagai pemikiran para filsuf dan kaum intelektualNamun kemudian berkembang merambah kepada seluruh aspek kehidupan dunia manusia, dan juga masuk ke dalam berbagai pemikiran para filsuf dan kaum intelektual
Useful /
IAIQHIAIQH Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,09Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,09
UIN MATARAMUIN MATARAM Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Islam dalam proses rekonstruksi sosial di kalangan masyarakat multikultural nelayan Bugis dan nelayan SasakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Islam dalam proses rekonstruksi sosial di kalangan masyarakat multikultural nelayan Bugis dan nelayan Sasak
UACUAC Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk meninjau kegunaan Kerangka Pengembangan Keterampilan Penelitian (RSD) di kalangan mahasiswa perguruan tinggiPenelitian kualitatif ini bertujuan untuk meninjau kegunaan Kerangka Pengembangan Keterampilan Penelitian (RSD) di kalangan mahasiswa perguruan tinggi
UACUAC Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif denganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang di MTs Unggulan Hikmatul Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan