IAIQHIAIQH
At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama IslamAt-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama IslamPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kelas tahfidz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mojokerto, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pencapaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kelas tahfidz dilaksanakan empat kali dalam seminggu, Senin hingga Kamis, dengan durasi 07.00–09.00 pagi dan tambahan satu jam setelah pulang sekolah. Pelaksanaan program didukung oleh koordinator tahfidz dan seorang guru pembimbing khusus yang profesional. Setiap siswa diwajibkan menambah hafalan baru minimal satu ayat per hari, dengan evaluasi mingguan melalui murojaah dan ujian tasmi setiap semester. Program tahfidz terbukti berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Al- Quran Hadis, terlihat dari tingkat ketuntasan dan kecepatan penyelesaian materi yang lebih tinggi dibanding kelas reguler. Faktor pendukung utama meliputi peran guru, dukungan keluarga, dan struktur program tahfidz. Adapun hambatan muncul dari perbedaan tingkat kecerdasan siswa serta keterbatasan kerjasama orang tua.. Kata Kunci: Tahfidz, Prestasi Belajar, Al-Quran Hadis, Pendidikan Islam.
Program kelas tahfidz di MTSN 2 Mojokerto dilaksanakan empat kali seminggu dengan dukungan koordinator dan guru profesional, menuntut siswa menambah hafalan minimal satu ayat per hari dan menjalani evaluasi rutin.Program ini terbukti memberikan hasil positif pada prestasi belajar Al-Quran Hadis, dimana siswa menunjukkan tingkat ketuntasan dan kecepatan lebih tinggi dibanding kelas reguler.Meskipun faktor pendukung seperti peran guru, dukungan orang tua, dan struktur program memainkan peran penting, hambatan dari perbedaan kecerdasan siswa dan kurangnya kerjasama orang tua masih perlu diatasi untuk keberlanjutan program.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi apakah program tahfidz yang serupa dapat diterapkan di sekolah umum non-Islam untuk melihat dampaknya pada pembentukan karakter siswa secara keseluruhan. Selanjutnya, studi dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas metode hafalan Al-Quran dengan berbagai teknik pembelajaran modern seperti aplikasi digital, guna menemukan cara yang lebih efisien di era digital ini. Mungkin saja penelitian berikutnya fokus pada pengintegrasian hafalan Al-Quran dengan pemahaman hadis secara mendalam di dalam kurikulum sekolah, untuk mengetahui sejauh mana itu mampu meningkatkan keterampilan analisis siswa dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian tambahan bisa juga menyelidiki bagaimana variasi tingkat kecerdasan siswa memengaruhi hasil program tahfidz, sehingga dapat dirancang bimbingan individual yang lebih tepat sasaran. Lebih lanjut, eksplorasi mengenai peran lebih aktif orang tua melalui pelatihan virtual dapat menjadi topik menarik, untuk meningkatkan kerjasama antara rumah dan sekolah. Penelitian ini juga bisa diekspansi ke daerah dengan budaya berbeda, guna mengukur apakah dukungan keluarga tetap menjadi faktor kunci di berbagai konteks sosial. Adapun, bagaimana dampak jangka panjang program tahfidz terhadap kehidupan pasca-sekolah siswa merupakan arah penelitian potensial untuk dipelajari. Kombinasi ini dapat membantu dalam mengembangkan model pendidikan Islam yang lebih inklusif dan adaptif terhadap tantangan masa depan.
- STRATEGI PENINGKATAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAH... doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.749STRATEGI PENINGKATAN MINAT MENGHAFAL AL QURyCEAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR RAHMAH doi 10 30863 didaktika v14i1 749
- Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. metode menghafal pegawai tawazun jurnal pendidikan islam authors mochamad... doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.4016Tawazun Jurnal Pendidikan Islam metode menghafal pegawai tawazun jurnal pendidikan islam authors mochamad doi 10 32832 tawazun v14i1 4016
| File size | 329.59 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Nilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi dataNilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi data
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPenelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif bermain peran, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Data aktivitasDengan menggunakan model pembelajaran kooperatif bermain peran, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Data aktivitas
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. ManfaatTujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. Manfaat
STITMUBASTITMUBA Pendekatan berbasis riset terbukti efektif membantu guru PAI menjadi praktisi reflektif yang mampu mengintegrasikan temuan penelitian dalam praktik pembelajaran,Pendekatan berbasis riset terbukti efektif membantu guru PAI menjadi praktisi reflektif yang mampu mengintegrasikan temuan penelitian dalam praktik pembelajaran,
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Media pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktifMedia pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP NegeriPenelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri
UACUAC Oleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukanOleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukan
Useful /
UMKUMK Dari hasil dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun lingkungan memaksa orang untuk menggunakan sistem baru, seperti bekerja dari rumah,Dari hasil dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun lingkungan memaksa orang untuk menggunakan sistem baru, seperti bekerja dari rumah,
IAIQHIAIQH Kemampuan literasi sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda berada pada kategori cukup dengan kecenderungan meningkat. Dari 27 siswa, 9 anakKemampuan literasi sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda berada pada kategori cukup dengan kecenderungan meningkat. Dari 27 siswa, 9 anak
UIN MATARAMUIN MATARAM Komunitas agama harus dipahami sebagai tanda kekuasaan Tuhan atas umat manusia. Keragaman merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat disangkal, karenaKomunitas agama harus dipahami sebagai tanda kekuasaan Tuhan atas umat manusia. Keragaman merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat disangkal, karena
UNIMALUNIMAL Penelitian dilakukan pada Maret hingga April 2014 menggunakan metode purposive sampling untuk wawancara. Konsep pengelolaan ekowisata Pantai Bali sepenuhnyaPenelitian dilakukan pada Maret hingga April 2014 menggunakan metode purposive sampling untuk wawancara. Konsep pengelolaan ekowisata Pantai Bali sepenuhnya