STAINUPASTAINUPA
Jurnal Pengabdian MasyarakatJurnal Pengabdian MasyarakatPenelitian ini membahas penguatan nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur, Ngabar, Ponorogo. Fokus kajian terletak pada bagaimana strategi pembelajaran Al-Quran diterapkan dan sejauh mana efektivitasnya dalam membentuk karakter keislaman santri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran pembelajaran Al-Quran dalam menanamkan nilai-nilai keislaman seperti keimanan, akhlak mulia, dan kedisiplinan beragama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur dilaksanakan secara sistematis melalui tahapan tahsin, tahfiz, dan tafsir yang disertai pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Guru memiliki peran penting dalam membimbing, memberi teladan, serta menanamkan nilai spiritual dan moral. Kesimpulannya, pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur berkontribusi signifikan dalam memperkuat nilai-nilai keislaman santri, yang tercermin dalam sikap religius, kedisiplinan, dan perilaku sosial mereka. Model pembelajaran yang integratif dan kontekstual menjadi kunci keberhasilan proses internalisasi nilai-nilai keislaman tersebut.
Pembelajaran Al-Quran berbasis nilai mampu memperkuat karakter keislaman santri secara signifikan melalui pendekatan kontekstual, partisipatif, dan integratif.Guru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri.Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakter Islami yang responsif terhadap tantangan moral generasi muda.
Bagaimana pengaruh penggunaan teknologi digital seperti aplikasi interaktif Al-Quran terhadap internalisasi nilai keislaman pada santri usia dini di madrasah diniyah? Apakah model pembelajaran Al-Quran berbasis nilai yang efektif di desa juga berhasil diterapkan di kawasan perkotaan dengan tantangan sosial yang berbeda? Bagaimana peran orang tua dan lingkungan keluarga dalam memperkuat efektivitas pembelajaran Al-Quran berbasis nilai agar tidak terputus saat santri berada di rumah?.
- Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. relevansi filsafat ilmu pembelajaran pendidikan islam higher... ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/6614Tadibuna Jurnal Pendidikan Islam relevansi filsafat ilmu pembelajaran pendidikan islam higher ejournal uika bogor ac index php TADIBUNA article view 6614
- Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda... jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3658Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda jiip stkipyapisdompu ac jiip index php JIIP article view 3658
| File size | 175.59 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
UINSATUUINSATU Dukungan politik pemerintah merupakan faktor penentu dalam kemajuan berbagai aspek kehidupan. Secara sistemik, pendidikan telah memiliki fondasi yang kuatDukungan politik pemerintah merupakan faktor penentu dalam kemajuan berbagai aspek kehidupan. Secara sistemik, pendidikan telah memiliki fondasi yang kuat
UIN AL AZHAARUIN AL AZHAAR Pencarian artikel diakses dari pencarian inetrnet yang ada database yaitu: proquest com, scincederect, dan goggle scholar dengan kata kunci leadershipPencarian artikel diakses dari pencarian inetrnet yang ada database yaitu: proquest com, scincederect, dan goggle scholar dengan kata kunci leadership
MIFTAHUL ULUMMIFTAHUL ULUM Tujuannya memperkuat nilai-nilai religius, karakter sosial, dan semangat toleransi. Kegiatan dua hari ini melibatkan kolaborasi mahasiswa, guru, siswa,Tujuannya memperkuat nilai-nilai religius, karakter sosial, dan semangat toleransi. Kegiatan dua hari ini melibatkan kolaborasi mahasiswa, guru, siswa,
GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER Artikel ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menyajikan temuan studi yang berfokus pada bagaimana kepemimpinan madrasah memengaruhi bentuk,Artikel ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menyajikan temuan studi yang berfokus pada bagaimana kepemimpinan madrasah memengaruhi bentuk,
ST3BST3B Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan Tuhan di atas materi, memahami ajaran Firman Tuhan tentang uang, membangun persekutuan pribadi yang rutin,Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan Tuhan di atas materi, memahami ajaran Firman Tuhan tentang uang, membangun persekutuan pribadi yang rutin,
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Penelitian ini membahas tentang yang dilatar belakangi dengan berkurangnya pendapatan negara dari sektor migas dan non migas. Penelitian ini memiliki fokusPenelitian ini membahas tentang yang dilatar belakangi dengan berkurangnya pendapatan negara dari sektor migas dan non migas. Penelitian ini memiliki fokus
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Adapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah profesionalismeAdapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah profesionalisme
IAINAMBONIAINAMBON Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah IAIN Ambon adalah organisasi intra kampus yang menjadi tumpuan dan harapan bagi kampus dalam membantu pembentukan akhlakLembaga Dakwah Kampus Al-Izzah IAIN Ambon adalah organisasi intra kampus yang menjadi tumpuan dan harapan bagi kampus dalam membantu pembentukan akhlak
Useful /
UNIRAYAUNIRAYA Sohagaini Lahusa-Gomo dari tahun 2015 hingga 2018 tidak efisien karena tidak memenuhi standar penilaian efisiensi menurut Peraturan Kementerian KoperasiSohagaini Lahusa-Gomo dari tahun 2015 hingga 2018 tidak efisien karena tidak memenuhi standar penilaian efisiensi menurut Peraturan Kementerian Koperasi
GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER Peningkatan peran dan kapasitas guru merupakan kunci kemajuan pendidikan dan masa depan bangsa. Dengan dukungan dan komitmen yang optimal, guru dapat memberikanPeningkatan peran dan kapasitas guru merupakan kunci kemajuan pendidikan dan masa depan bangsa. Dengan dukungan dan komitmen yang optimal, guru dapat memberikan
UNUSIAUNUSIA Drh telah sesuai dengan fakta hukum yang telah dibuktikan dalam persidangan, di mana unsur yang memenuhi Pasal 106 KUHP adalah niat dan permulaan pelaksanaanDrh telah sesuai dengan fakta hukum yang telah dibuktikan dalam persidangan, di mana unsur yang memenuhi Pasal 106 KUHP adalah niat dan permulaan pelaksanaan
UNUSIAUNUSIA Kritik masyarakat sebelum KUHP Nasional disahkan (pada saat masih dalam bentuk rancangan) terhadap keberadaan pengaturan terkait hukum yang hidup dalamKritik masyarakat sebelum KUHP Nasional disahkan (pada saat masih dalam bentuk rancangan) terhadap keberadaan pengaturan terkait hukum yang hidup dalam