STAINUPASTAINUPA

Jurnal Pengabdian MasyarakatJurnal Pengabdian Masyarakat

Penelitian ini membahas penguatan nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur, Ngabar, Ponorogo. Fokus kajian terletak pada bagaimana strategi pembelajaran Al-Quran diterapkan dan sejauh mana efektivitasnya dalam membentuk karakter keislaman santri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran pembelajaran Al-Quran dalam menanamkan nilai-nilai keislaman seperti keimanan, akhlak mulia, dan kedisiplinan beragama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur dilaksanakan secara sistematis melalui tahapan tahsin, tahfiz, dan tafsir yang disertai pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Guru memiliki peran penting dalam membimbing, memberi teladan, serta menanamkan nilai spiritual dan moral. Kesimpulannya, pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah An-Nur berkontribusi signifikan dalam memperkuat nilai-nilai keislaman santri, yang tercermin dalam sikap religius, kedisiplinan, dan perilaku sosial mereka. Model pembelajaran yang integratif dan kontekstual menjadi kunci keberhasilan proses internalisasi nilai-nilai keislaman tersebut.

Pembelajaran Al-Quran berbasis nilai mampu memperkuat karakter keislaman santri secara signifikan melalui pendekatan kontekstual, partisipatif, dan integratif.Guru sebagai fasilitator nilai menjadi kunci keberhasilan transformasi moral santri.Model ini dapat direplikasi di madrasah lain sebagai pendidikan karakter Islami yang responsif terhadap tantangan moral generasi muda.

Bagaimana pengaruh penggunaan teknologi digital seperti aplikasi interaktif Al-Quran terhadap internalisasi nilai keislaman pada santri usia dini di madrasah diniyah? Apakah model pembelajaran Al-Quran berbasis nilai yang efektif di desa juga berhasil diterapkan di kawasan perkotaan dengan tantangan sosial yang berbeda? Bagaimana peran orang tua dan lingkungan keluarga dalam memperkuat efektivitas pembelajaran Al-Quran berbasis nilai agar tidak terputus saat santri berada di rumah?.

  1. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. relevansi filsafat ilmu pembelajaran pendidikan islam higher... ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/6614Tadibuna Jurnal Pendidikan Islam relevansi filsafat ilmu pembelajaran pendidikan islam higher ejournal uika bogor ac index php TADIBUNA article view 6614
  2. Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda... jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3658Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda jiip stkipyapisdompu ac jiip index php JIIP article view 3658
  1. #nilai keislaman#nilai keislaman
Read online
File size175.59 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test