UINKHASUINKHAS
JESE: Journal of Elementary School EducationJESE: Journal of Elementary School EducationPenelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangbesuki 1 dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor rendahnya minat belajar peserta didik dan mendeskripsikan upaya guru dalam menumbuhkan minat belajar pada pembelajaran Bahasa Jawa di kelas IV. Berdasarkan observasi di kelas IV, ditemukan bahwa minat belajar peserta didik terhadap Bahasa Jawa sangat rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian melibatkan tiga sumber utama yaitu guru, peserta didik, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh faktor jasmaniah dan psikologis seperti kecerdasan, perhatian, dan minat. Faktor eksternal yang berperan meliputi metode pengajaran guru yang monoton, kurangnya dukungan orang tua, dan lingkungan belajar yang tidak kondusif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar meliputi penerapan metode tutor sebaya, ice breaking, dan sikap kooperatif dalam mengajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik, guru, dan orang tua, serta mendorong perhatian lebih terhadap peningkatan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Jawa di kelas IV SDN Karangbesuki 1 masih rendah, yang ditunjukkan dari sikap dan pernyataan peserta didik yang tidak menyukai mata pelajaran tersebut.Rendahnya minat belajar ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Jawa, guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, siswa perlu menghilangkan anggapan bahwa Bahasa Jawa itu sulit, dan orang tua perlu memberikan perhatian dan dukungan lebih terhadap perkembangan belajar anak.
Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji efektivitas berbagai metode pembelajaran inovatif, seperti penggunaan permainan digital atau pendekatan berbasis proyek, dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Jawa pada siswa sekolah dasar. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada peran orang tua dalam mendukung pembelajaran Bahasa Jawa di rumah, termasuk pengembangan program pelatihan atau pendampingan bagi orang tua untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan mereka. Ketiga, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan minat belajar Bahasa Jawa antara siswa di sekolah dasar dengan kurikulum yang berbeda atau di wilayah geografis yang berbeda, guna mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang cara meningkatkan minat belajar Bahasa Jawa pada siswa sekolah dasar, sehingga dapat berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan bahasa daerah.
- jurnal fundadikdas pendidikan dasar. analisis faktor penyebab kesulitan belajar pembelajaran bahasa jawa... doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3184jurnal fundadikdas pendidikan dasar analisis faktor penyebab kesulitan belajar pembelajaran bahasa jawa doi 10 12928 fundadikdas v3i3 3184
- Desain Media Pembelajaran Interaktif “Tekat Baja†untuk Memperkaya Kosakata... doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3021Desain Media Pembelajaran Interaktif yCeTekat BajayCAy untuk Memperkaya Kosakata doi 10 31004 basicedu v6i3 3021
- PERANAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA | Nadhiroh | JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra... doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223PERANAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA Nadhiroh JISABDA Jurnal Ilmiah Sastra doi 10 26877 jisabda v3i1 9223
- Kelayakan Konten Tiktok Berbahasa Jawa untuk Media Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar | Sulawesi... doi.org/10.54297/seduj.v2i2.290Kelayakan Konten Tiktok Berbahasa Jawa untuk Media Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Sulawesi doi 10 54297 seduj v2i2 290
- Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Wilayah Trenggalek_Dyah... doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p161-166Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Wilayah Trenggalek Dyah doi 10 26740 jrpd v8n2 p161 166
| File size | 296.8 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UINKHASUINKHAS Metode penelitian yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation,Metode penelitian yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation,
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pra Siklus nilai rata-rata 69,14. Pada Siklus I nilai rata-rata 76,57 danBerdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pra Siklus nilai rata-rata 69,14. Pada Siklus I nilai rata-rata 76,57 dan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan dalam penilaian guru dan siswa mengenai tingkat keterkaitan antara kedua mata pelajaran tersebut.mengingat keduaSelain itu, tidak ada perbedaan signifikan dalam penilaian guru dan siswa mengenai tingkat keterkaitan antara kedua mata pelajaran tersebut.mengingat kedua
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendampingan sebaya dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan karakter siswa. GuruPenelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendampingan sebaya dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan karakter siswa. Guru
Useful /
UIDUID Penerapan sanksi administrasi dalam Perda Kota Bekasi Nomor 2 Tahun 2012 dianggap efektif berdasarkan data kuesioner (68,33% responden) dan teori SoerjonoPenerapan sanksi administrasi dalam Perda Kota Bekasi Nomor 2 Tahun 2012 dianggap efektif berdasarkan data kuesioner (68,33% responden) dan teori Soerjono
UINKHASUINKHAS Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan problematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan problematika
UINKHASUINKHAS Keterampilan membaca peserta didik kelas III SD Negeri 1 Banyuning menggunakan buku literasi membaca, berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didikKeterampilan membaca peserta didik kelas III SD Negeri 1 Banyuning menggunakan buku literasi membaca, berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik
UINKHASUINKHAS Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif, dengan data menunjukkan bahwa penggunaan Articulate Storyline 3 menyajikan materi secara menarik dan mendukungPendekatan penelitian bersifat kuantitatif, dengan data menunjukkan bahwa penggunaan Articulate Storyline 3 menyajikan materi secara menarik dan mendukung