UMPWRUMPWR
Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaStrategi pembelajaran berbasis STEM merupakan sistematika pembelajaran dengan memanfaatkan prasarana pendukung digital mengakomodasi sains, teknologi, teknik dan matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kebutuhan strategi pembelajaran fisika di era digital untuk memfasilitasi keterampilan Abad 21 mengakomodasi perbedaan gaya belajar dan pengetahuan awal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif. Adapun guru fisika, silabus dan materi pembelajaran fisika, serta siswa kelas XI sebagai objek penelitian. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pedoman wawancara, silabus fisika dan dokumen materi pembelajaran, dan lembar tes awal penalaran ilmiah dan performance berargumentasi. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) pengetahuan guru terkait strategi pembelajaran fisika berbasis STEM di era digital yang memfasilitasi keterampilan Abad 21 mengakomodasi perbedaan gaya belajar dan pengetahuan awal masih rendah, 2) materi pembelajaran fisika pada buku teks fisika dan LKS fisika siswa kelas XI belum mengakomodasi ragam gaya belajar dan pengetahuan awal dalam kategori cukup, 3) rata-rata pencapaian penalaran ilmiah dan performance berargumentasi siswa pada pembelajaran fisika tergolong dalam kategori rendah.
Era digital menuntut peserta didik memiliki keterampilan abad 21 dan kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, namun perbedaan gaya belajar dan tingkat pengetahuan awal menyebabkan tidak semua siswa mampu memenuhi tuntutan tersebut.Strategi pembelajaran berbasis STEM yang dirancang untuk mengakomodasi ragam gaya belajar dan tingkat pengetahuan awal diusulkan sebagai solusi untuk mereduksi perbedaan penalaran ilmiah dan performa argumentasi antar siswa.Melalui penerapan strategi ini, diharapkan proses pembelajaran lebih inklusif dan mampu melatih penalaran ilmiah serta kemampuan berargumentasi seluruh peserta didik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penerapan langsung strategi pembelajaran fisika berbasis STEM yang dikembangkan di berbagai jenjang pendidikan dan konteks digital untuk mengukur sejauh mana strategi tersebut efektif dalam meningkatkan penalaran ilmiah dan kemampuan berargumentasi siswa dengan beragam gaya belajar dan tingkat pengetahuan awal. Penelitian kedua dapat merancang dan menguji alat asesmen digital adaptif yang mampu secara real-time mengidentifikasi gaya belajar serta pengetahuan awal setiap siswa sebelum pembelajaran berlangsung, lalu mengadaptasi materi dan langkah pembelajaran STEM sesuai kebutuhan individual sehingga proses pembelajaran menjadi lebih personal dan responsif. Selanjutnya, riset dapat meneliti integrasi platform kolaborasi online yang terfokus pada aktivitas argumentasi ilmiah dalam konteks pembelajaran STEM untuk mengevaluasi bagaimana interaksi tatap maya, umpan balik sebaya serta pemanfaatan fitur diskusi terarah berkontribusi pada perbaikan kualitas argumentasi, kemampuan berpikir kritis, serta kolaborasi antarsiswa. Ketiga ide ini bersama-sama diharapkan dapat melengkapi potensi strategi pembelajaran STEM agar lebih inklusif, adaptif, dan mampu mereduksi kesenjangan hasil belajar di era digital.
| File size | 818.58 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISTIUNISTI Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 74 responden, sedangkan metode sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 74 responden, sedangkan metode sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan denganPenelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitianInstrumen pengumpulan data berupa tes hasil keterampilan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitasPenelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitas
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Perkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuanPerkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuan
UMPWRUMPWR Hasil pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model discovery learning terhadap hasil belajar yang ditunjukkanHasil pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model discovery learning terhadap hasil belajar yang ditunjukkan
IJAINIJAIN Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor. Penelitian ini menunjukkan bahwaHasil penelitian menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor. Penelitian ini menunjukkan bahwa