UMPWRUMPWR

Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika

Masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia seperti sekarang ini, serta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka diperlukan adanya media penunjang dalam proses pembelajaran seperti adanya media web berbasis edutainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media web edutainment yang dikembangkan pada pelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model DDD-E. Penelitian ini hanya sebatas pengembangan media dan tidak dilakukan uji kepraktisan dan keefektifan. Dalam penelitian ini, data validitas diperoleh dari hasil validasi oleh dosen ahli dan dianalisis dengan cara kuantitatif deskriptif menggunakan kategori persentase skor skala likert. Jika persentase setiap aspek ≥ 61%, maka web edutainment yang dikembangkan dapat dinyatakan valid. Hasil penelitian ini yaitu persentase validitas pada aspek pembelajaran sebesar 90,30%, aspek materi sebesar 90,56%, aspek media sebesar 88,65% dan aspek berpikir kritis sebesar 84,70%. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa media web edutainment sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Web edutainment dapat menjadi alternatif media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media web edutainment serta melakukan uji kepraktisan dan keefektifan untuk pembelajaran baik di kelas maupun pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media website edutainment fisika, dapat disimpulkan bahwa media website edutainment tersebut sangat valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika langsung maupun pembelajaran fisika daring untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Persentase validitas tercatat sebesar 90,30% pada aspek pembelajaran, 90,56% pada aspek materi, 88,65% pada aspek media, dan 84,70% pada aspek berpikir kritis.Selanjutnya, diharapkan penelitian lanjutan dapat memanfaatkan media website edutainment fisika yang telah dikembangkan dengan melakukan penelitian terapan pada siswa untuk menguji efektivitas dan kepraktisan media tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Peneliti selanjutnya dapat merancang studi eksperimen terapan yang membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan website edutainment fisika dengan siswa yang memakai media tradisional untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis. Studi tersebut harus melibatkan sampel siswa dari beberapa sekolah menengah, baik yang belajar secara tatap muka maupun daring, sehingga dapat menilai keefektifan media dalam berbagai konteks pembelajaran. Selanjutnya, penelitian dapat mengevaluasi aspek kepraktisan dan kegunaan website dengan mengumpulkan data observasi, wawancara, dan kuesioner tentang kemudahan navigasi, kejelasan konten, dan kepuasan pengguna. Analisis hasil tersebut akan memperlihatkan apakah desain antarmuka dan fitur interaktif seperti laboratorium virtual dan permainan memenuhi kebutuhan belajar siswa. Penelitian lain dapat mengembangkan paket pembelajaran terintegrasi yang meliputi rencana pelajaran, lembar aktivitas, dan modul evaluasi yang berbasiskan website edutainment tersebut. Pengujian paket ini dapat dilakukan melalui studi kasus di kelas fisika, untuk melihat dampaknya terhadap motivasi, partisipasi, dan kemampuan analisis siswa. Selain itu, peneliti dapat mengeksplorasi adaptasi konten website ke materi fisika lainnya, misalnya dinamika atau termodinamika, guna menilai skalabilitas model edutainment. Hasil dari ketiga arah penelitian ini diharapkan memberikan bukti empiris yang kuat tentang efektivitas, kepraktisan, dan kelayakan pengembangan lebih lanjut dari media pembelajaran berbasis edutainment.

  1. Development of Physics Edutainment Website to Improve Students’ Critical Thinking Skills During... jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/1034Development of Physics Edutainment Website to Improve StudentsAo Critical Thinking Skills During jurnal umpwr ac index php radiasi article view 1034
  2. Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP | Jurnal Pijar Mipa.... doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP Jurnal Pijar Mipa doi 10 29303 jpm v15i1 1296
  3. Students’ responds in using Beboo to learn Static Fluid concept - IOPscience. students responds... doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012039StudentsyAAAo responds in using Beboo to learn Static Fluid concept IOPscience students responds doi 10 1088 1742 6596 1171 1 012039
  4. The preliminary study of learning interaction in physics concepts for developing e-learning to promote... doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032054The preliminary study of learning interaction in physics concepts for developing e learning to promote doi 10 1088 1742 6596 1157 3 032054
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #kritis siswa ipas#kritis siswa ipas
File size970.22 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test