UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick & Carey. Pada tahap evaluasi formatif dilakukan melalui (1) validasi perangkat oleh tiga orang ahli dan satu orang guru sebagai pengguna, (2) uji coba terbatas terhadap perangkat (silabus, RPP, dan LKS) dilakukan di kelas VII, dan (3) uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian (tes HBK dan angket HBA) dilakukan di kelas VIII. Rata-rata skor hasil validasi menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran layak digunakan dalam uji coba terbatas. Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas mendapatkan respon sangat baik dari guru kelas VII selaku observer dengan rata-rata skor 4,20 dan respon sangat setuju dari peserta didik dengan rata-rata skor 4,12. Respon sangat setuju peserta didik juga ditunjukkan terhadap LKS (PKS dan LHKS) dengan rata-rata skor 4,14. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa semua ítem tes KPS, tes HBK, dan angket HBA dinyatakan valid (r> 0.423) dan reliabel (Cronbachs alpha > 0.423).
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli dan guru menunjukkan semua perangkat pembelajaran yang dirancang layak digunakan.Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas memperoleh respon sangat baik dari observer serta respon sangat setuju dari peserta didik, termasuk terhadap LKS.Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian menunjukkan bahwa semua item tes KPS, tes HBK, dan angket HBA dinyatakan valid dan reliabel.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki pertanyaan: bagaimana efektivitas model 5E dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sains di jenjang kelas yang berbeda, seperti kelas VIII dan IX, sehingga dapat menguji generalisasi temuan pada tingkat yang lebih tinggi. Selanjutnya, studi longitudinal dapat meneliti dampak jangka panjang penggunaan perangkat 5E terhadap retensi konsep ilmiah dan motivasi belajar siswa selama satu tahun akademik penuh, untuk memahami keberlanjutan manfaat pedagogis. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi teknologi digital, seperti aplikasi mobile atau simulasi interaktif, ke dalam kit pembelajaran 5E, serta menguji apakah penambahan media digital meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas penilaian kompetensi proses sains dibandingkan dengan kit tradisional.
| File size | 1.18 MB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-56 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan
UNYUNY Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.
UNYUNY Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daringStudi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daring
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
UNYUNY Kertas ini memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk kertas tulis. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. KertasKertas ini memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk kertas tulis. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. Kertas
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan pembelajaran
UNYUNY Subjek penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang terdiriSubjek penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang terdiri
UNYUNY Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara bertahap dengan pendampingan guru agar siswa terbiasa mengelola tugas mandiri. ModelOleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara bertahap dengan pendampingan guru agar siswa terbiasa mengelola tugas mandiri. Model
Useful /
IPBIPB Penelitian ini meneliti komposisi optimal dalam produksi bioplastik dengan berbagai perbandingan bahan baku. Dalam penelitian ini digunakan dua jenis limbahPenelitian ini meneliti komposisi optimal dalam produksi bioplastik dengan berbagai perbandingan bahan baku. Dalam penelitian ini digunakan dua jenis limbah
IPBIPB Pemadaman menggunakan agen berongga dapat mempercepsai proses pemadaman (3–4,6 menit) dibandingkan dengan menggunakan air (50 menit). Based on thePemadaman menggunakan agen berongga dapat mempercepsai proses pemadaman (3–4,6 menit) dibandingkan dengan menggunakan air (50 menit). Based on the
UNYUNY Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi‑eksperimental posttest‑only control group. Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di KabupatenPenelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi‑eksperimental posttest‑only control group. Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten
UNUSAUNUSA Penelitian dilakukan pada November 2020 dengan teknik pengambilan sampel berkelanjutan. Tingkat elektrolit dalam sampel diukur menggunakan AVL 9180 ElectrolytePenelitian dilakukan pada November 2020 dengan teknik pengambilan sampel berkelanjutan. Tingkat elektrolit dalam sampel diukur menggunakan AVL 9180 Electrolyte