UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick & Carey. Pada tahap evaluasi formatif dilakukan melalui (1) validasi perangkat oleh tiga orang ahli dan satu orang guru sebagai pengguna, (2) uji coba terbatas terhadap perangkat (silabus, RPP, dan LKS) dilakukan di kelas VII, dan (3) uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian (tes HBK dan angket HBA) dilakukan di kelas VIII. Rata-rata skor hasil validasi menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran layak digunakan dalam uji coba terbatas. Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas mendapatkan respon sangat baik dari guru kelas VII selaku observer dengan rata-rata skor 4,20 dan respon sangat setuju dari peserta didik dengan rata-rata skor 4,12. Respon sangat setuju peserta didik juga ditunjukkan terhadap LKS (PKS dan LHKS) dengan rata-rata skor 4,14. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa semua ítem tes KPS, tes HBK, dan angket HBA dinyatakan valid (r> 0.423) dan reliabel (Cronbachs alpha > 0.423).
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli dan guru menunjukkan semua perangkat pembelajaran yang dirancang layak digunakan.Penggunaan perangkat (silabus dan RPP) pada uji coba terbatas memperoleh respon sangat baik dari observer serta respon sangat setuju dari peserta didik, termasuk terhadap LKS.Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian menunjukkan bahwa semua item tes KPS, tes HBK, dan angket HBA dinyatakan valid dan reliabel.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki pertanyaan: bagaimana efektivitas model 5E dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sains di jenjang kelas yang berbeda, seperti kelas VIII dan IX, sehingga dapat menguji generalisasi temuan pada tingkat yang lebih tinggi. Selanjutnya, studi longitudinal dapat meneliti dampak jangka panjang penggunaan perangkat 5E terhadap retensi konsep ilmiah dan motivasi belajar siswa selama satu tahun akademik penuh, untuk memahami keberlanjutan manfaat pedagogis. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi teknologi digital, seperti aplikasi mobile atau simulasi interaktif, ke dalam kit pembelajaran 5E, serta menguji apakah penambahan media digital meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas penilaian kompetensi proses sains dibandingkan dengan kit tradisional.
| File size | 1.18 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY perlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu. Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkanperlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu. Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkan
UNYUNY Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi secara signifikan. Siswa juga terlibat aktif dan menunjukkan responPeningkatan ini ditandai dengan nilai post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi secara signifikan. Siswa juga terlibat aktif dan menunjukkan respon
UNYUNY Metode yang digunakan meliputi pencucian, perebusan, pemblanjan, dan pembentukan lembaran kertas. Hasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memilikiMetode yang digunakan meliputi pencucian, perebusan, pemblanjan, dan pembentukan lembaran kertas. Hasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki
UNMUNM Di samping itu, kedua metode entity dan process, baik dengan maupun tanpa outline, tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Karena itu, disarankan agarDi samping itu, kedua metode entity dan process, baik dengan maupun tanpa outline, tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Karena itu, disarankan agar
Useful /
UMMUMM Kemajuan pesat teknologi adalah pedang bermata dua. Walaupun memberikan kemudahan akses informasi, juga membuka pintu akses tak terbatas, termasuk dataKemajuan pesat teknologi adalah pedang bermata dua. Walaupun memberikan kemudahan akses informasi, juga membuka pintu akses tak terbatas, termasuk data
UNPAMUNPAM Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristikKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik
UNUSAUNUSA Peralatan otomatis Lenshooke™ SQA X1 Pro dikembangkan seiring otomatisasi peralatan laboratorium; prinsip kerjanya meliputi pencahayaan objek, pengambilanPeralatan otomatis Lenshooke™ SQA X1 Pro dikembangkan seiring otomatisasi peralatan laboratorium; prinsip kerjanya meliputi pencahayaan objek, pengambilan
UNUSAUNUSA I R. Said Sukanto (April–Juli 2021) dikumpulkan secara retrospektif dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan bahwa tingkat D‑Dimer,I R. Said Sukanto (April–Juli 2021) dikumpulkan secara retrospektif dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan bahwa tingkat D‑Dimer,