UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa tentang potensi dan manfaat penggunaan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 19 siswa kelas X SMK Islam Gondanglegi. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan wawancara; hasil menunjukkan bahwa metode ECOLA secara umum diterima positif, dengan 65% responden menyatakan peningkatan kemampuan membaca dan 80% merasakan pemahaman materi bacaan yang lebih baik. Selain itu, wawancara mengungkapkan rasa apresiasi, kepuasan, serta motivasi tinggi terhadap pendekatan interaktif ECOLA yang meliputi diskusi kelompok dan kegiatan menulis kreatif.
Penelitian menunjukkan bahwa metode ECOLA mendapat penerimaan yang umumnya positif di kalangan siswa kelas X akuntansi, terbukti dari motivasi dan antusiasme tinggi yang tercermin dalam hasil kuesioner.Meskipun terdapat beberapa tanggapan netral atau negatif yang menyoroti perlunya pendekatan yang lebih nuance, manfaat praktis ECOLA—seperti diskusi interaktif dan strategi pembelajaran kolaboratif—dianggap lebih unggul dibandingkan kelemahan yang ada.Wawancara memperkuat temuan bahwa siswa menikmati dan merasa puas dengan ECOLA, menjadikannya strategi pengajaran yang dipilih dan efektif.
Penelitian lanjutan dapat menyelidiki efek jangka panjang penerapan ECOLA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa selama beberapa semester untuk menilai keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, sebuah studi komparatif dapat membandingkan efektivitas ECOLA dengan metode interaktif lain, seperti Task‑Based Language Teaching, guna mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan masing‑masing pendekatan dalam konteks pembelajaran bahasa. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi adaptasi ECOLA pada mata pelajaran selain bahasa Inggris serta pada tingkat pendidikan menengah pertama, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dan kebutuhan kurikulum, sehingga memberi gambaran yang lebih luas tentang potensi metodologi ini dalam meningkatkan pemahaman membaca secara umum.
| File size | 402.7 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA Faktor-faktor seperti pengetahuan latar belakang mahasiswa dan tingkat kesulitan teks lebih mungkin mempengaruhi hasil membaca dan pemahaman. Penting untukFaktor-faktor seperti pengetahuan latar belakang mahasiswa dan tingkat kesulitan teks lebih mungkin mempengaruhi hasil membaca dan pemahaman. Penting untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Media yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahMedia yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Analisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnyaAnalisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnya
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiriPembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiri
Useful /
UNPAMUNPAM Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristikKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Kelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabelKelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabel
IJAINIJAIN Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor. Penelitian ini menunjukkan bahwaHasil penelitian menunjukkan bahwa metode CWT lebih baik daripada metode STFT dalam menganalisis sinyal musik Gong Timor. Penelitian ini menunjukkan bahwa
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran