UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPlot merupakan salah satu elemen penting dalam karya naratif sastra. Plot dalam karya sastra, film, cerita, atau narasi lainnya merupakan rangkaian beberapa peristiwa, dimana setiap peristiwa memengaruhi peristiwa selanjutnya. Saat ini, film dianggap sebagai media komunikasi yang kuat bagi massa karena bersifat audio‑visual, yakni gambar dan suara yang vivid. Dengan gambar dan suara, film dapat menyampaikan banyak hal dalam waktu singkat. Penelitian ini berfokus pada analisis penggunaan plot dalam film *The Theory of Everything*. Tujuannya adalah menggambarkan plot film tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pertama, penulis mengkategorikan beberapa fragmen kalimat, dialog, dan adegan. Selanjutnya dilakukan pencarian, analisis, dan interpretasi untuk memperoleh struktur plot sesuai teori. Hasil analisis menunjukkan film diceritakan secara lengkap mulai dari eksposisi, aksi naik, klimaks, hingga aksi turun, dan diakhiri dengan penutup tertutup. Dengan demikian, film menggunakan plot progresif. Penulis berharap hasil studi ini dapat memberi manfaat bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada karya sastra dalam bentuk film, khususnya pada aspek plot.
Plot film *The Theory of Everything* dapat dikategorikan menjadi tiga tipe, yaitu storyline, end story, dan timeline.Film tersebut mengikuti struktur plot progresif dramatis yang mencakup eksposisi, aksi naik, klimaks, aksi turun, dan penutup tertutup.Analisis ini menunjukkan bahwa film menggunakan plot progresif untuk menyampaikan perjalanan karakter utama secara terstruktur.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penggunaan plot progresif memengaruhi persepsi penonton terhadap karakter utama, khususnya dengan menguji perbedaan pemahaman emosional antara penonton yang menonton versi film asli dengan yang menonton versi yang dipotong sesuai tahapan plot. Selain itu, studi kuantitatif dapat dilakukan untuk mengukur dampak variasi struktur plot (misalnya plot linier vs. non‑linier) terhadap tingkat keterlibatan audiens dalam film biografi ilmiah, dengan menggunakan kuesioner dan pengukuran fisiologis seperti respons galvanik kulit. Terakhir, penelitian interdisipliner dapat meneliti peran teknologi bantu komunikasi (misalnya sintetis suara dan papan ejaan) dalam mengubah narasi plot pada film yang menampilkan karakter dengan disabilitas, dengan fokus pada bagaimana representasi teknologi tersebut memengaruhi kesadaran sosial dan empati penonton.
| File size | 270.22 KB |
| Pages | 19 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA Analisis data menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, rata-rata nilai siswa adalah 77,00, sedangkan setelah penerapan,Analisis data menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, rata-rata nilai siswa adalah 77,00, sedangkan setelah penerapan,
UNISLAUNISLA Studi ini menekankan pentingnya pendidik untuk fokus pada mengajar keterampilan membaca yang mendukung pemahaman yang baik tanpa kehilangan kecepatan,Studi ini menekankan pentingnya pendidik untuk fokus pada mengajar keterampilan membaca yang mendukung pemahaman yang baik tanpa kehilangan kecepatan,
UNISLAUNISLA Penerapan teknik ini secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. PenggunaanPenerapan teknik ini secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Penggunaan
UNISLAUNISLA The result of this research shows that the students of X MIPA 6 have difficulty in writing descriptive text, the difficulties are difficulties in genericThe result of this research shows that the students of X MIPA 6 have difficulty in writing descriptive text, the difficulties are difficulties in generic
Useful /
UNISLAUNISLA Penelitian ini menantang asumsi bahwa bekerja menjadi hambatan terhadap keunggulan akademik, sebaliknya menekankan bagaimana strategi pembelajaran yangPenelitian ini menantang asumsi bahwa bekerja menjadi hambatan terhadap keunggulan akademik, sebaliknya menekankan bagaimana strategi pembelajaran yang
UNISLAUNISLA Dosen harus menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar siswa tidak mengalami pembelajaran yang monoton. Siswa sering merasa bosan danDosen harus menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar siswa tidak mengalami pembelajaran yang monoton. Siswa sering merasa bosan dan
UNISLAUNISLA Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Lamongan pada jurusan OTKP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancaraPenelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Lamongan pada jurusan OTKP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara
UNISLAUNISLA Penelitian ini mengkaji berbagai jenis aktivitas menyenangkan yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar pembelajar muda untuk mengajarkan kosakataPenelitian ini mengkaji berbagai jenis aktivitas menyenangkan yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar pembelajar muda untuk mengajarkan kosakata