OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan kelas virtual TV Sekolah sebagai media pembelajaran berbasis IT di TK Ceria Eduloka. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kelas virtual TV Sekolah memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran di TK Ceria Eduloka. Kelas virtual ini memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara real-time melalui video conference, sehingga pembelajaran dapat berlangsung meskipun secara jarak jauh. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia seperti papan tulis digital, perpustakaan digital, dan ruang diskusi memfasilitasi penyampaian materi dan diskusi secara interaktif. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kualitas jaringan internet dan keterbatasan penguasaan teknologi oleh beberapa guru dan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelas virtual TV Sekolah merupakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis IT yang dapat diterapkan pada Lembaga Taman Kanak-Kanak seperti dalam penelitian ini yang dilakukan di TK Ceria Eduloka dengan catatan perlu adanya peningkatan infrastruktur dan pelatihan bagi guru dan siswa.
Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa kelas virtual TV Sekolah dapat diimplementasikan secara efektif di TK Ceria Eduloka sejak awal pandemi COVID‑19, memberikan solusi pembelajaran jarak jauh yang mendukung kontinuitas pendidikan.Namun, kendala utama berupa kualitas jaringan internet yang tidak stabil serta rendahnya kompetensi digital guru dan siswa menghambat optimalisasi penggunaan platform.Oleh karena itu, diperlukan peningkatan infrastruktur teknologi serta program pelatihan yang terstruktur untuk memastikan manfaat maksimal kelas virtual dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana peningkatan kualitas jaringan internet memengaruhi efektivitas pembelajaran melalui kelas virtual TV Sekolah pada anak usia dini, dengan menguji perbandingan hasil belajar antara lingkungan dengan infrastruktur yang optimal dan yang terbatas. Selanjutnya, penting untuk merancang dan menguji program pelatihan digital yang ditujukan bagi guru dan siswa, guna meningkatkan kompetensi teknologi mereka serta mengevaluasi dampaknya terhadap interaksi dan hasil belajar dalam kelas virtual. Terakhir, studi dapat dikembangkan untuk memanfaatkan analitik pembelajaran adaptif dalam platform kelas virtual, meneliti bagaimana personalisasi konten berdasarkan data perilaku anak dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pencapaian akademik pada pendidikan anak usia dini.
- Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia... doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2476Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia doi 10 35473 ijec v5i1 2476
- Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa | JIIP - Jurnal Ilmiah... doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa JIIP Jurnal Ilmiah doi 10 54371 jiip v5i3 485
- Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa... doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa doi 10 31004 basicedu v5i6 1636
| File size | 477.93 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Artikel ini mengeksplorasi pentingnya integrasi aspek-aspek multikultural dalam kurikulum pembelajaran bahasa, meliputi pemahaman budaya, toleransi, danArtikel ini mengeksplorasi pentingnya integrasi aspek-aspek multikultural dalam kurikulum pembelajaran bahasa, meliputi pemahaman budaya, toleransi, dan
OJSOJS Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikanImplementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan
OJSOJS Mendidik anak tentang adab sopan santun sebaiknya dimulai sejak dini, hal ini penting agar ketika mereka dewasa, mereka memiliki akhlak yang mulia. PeranMendidik anak tentang adab sopan santun sebaiknya dimulai sejak dini, hal ini penting agar ketika mereka dewasa, mereka memiliki akhlak yang mulia. Peran
OJSOJS Temuan tambahan menunjukkan bahwa kelas dengan nilai rata-rata tinggi merupakan kelas unggulan yang mendapatkan pelajaran tambahan, yang mengindikasikanTemuan tambahan menunjukkan bahwa kelas dengan nilai rata-rata tinggi merupakan kelas unggulan yang mendapatkan pelajaran tambahan, yang mengindikasikan
Useful /
UTMUTM Buku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasanBuku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasan
ARIKESIARIKESI Pasien adalah tamu di rumah sakit Marjan di kota Babylon selama periode (1/Juli/2025 hingga 1/September/2025). Hasil penelitian saat ini menunjukkan perbedaanPasien adalah tamu di rumah sakit Marjan di kota Babylon selama periode (1/Juli/2025 hingga 1/September/2025). Hasil penelitian saat ini menunjukkan perbedaan
OJSOJS Berdasarkan hasil observasi di SDN 22 Kota Bengkulu diketahui bahwa pojok baca di sekolah dalam keadaan kurang layak dikarenakan berada di taman sekolahBerdasarkan hasil observasi di SDN 22 Kota Bengkulu diketahui bahwa pojok baca di sekolah dalam keadaan kurang layak dikarenakan berada di taman sekolah
NEWINERANEWINERA Di tengah pandemi Covid‑19 yang melejit, seluruh tenaga medis dan rumah sakit diarahkan untuk menangani kasus Covid‑19, mengakibatkan hak dan kebutuhanDi tengah pandemi Covid‑19 yang melejit, seluruh tenaga medis dan rumah sakit diarahkan untuk menangani kasus Covid‑19, mengakibatkan hak dan kebutuhan