OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa sekolah dasar. Penelitian fenomenologi kualitatif dilakukan di SD Negeri 17 Ujung Labbu dengan guru kelas 1–6 sebagai informan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, serta tempat yang menarik perhatian; keempat peran ini secara langsung menumbuhkan minat membaca siswa.

Pojok baca sangat membantu menumbuhkan minat membaca siswa di kelas SD Negeri 17 Ujung Labbu.Empat peran utamanya adalah sebagai fasilitas tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, dan tempat yang menarik perhatian.Keberadaan pojok baca membuat siswa antusias mengunjunginya setiap hari untuk membaca beragam buku.

Bagaimana pengaruh tata letak dan dekorasi pojok baca terhadap lamanya waktu membaca siswa selama istirahat? Apakah pendampingan guru dengan kegiatan cerdas cermat mini bisa meningkatkan pemahaman isi buku yang dibaca di pojok baca? Studi banding antara siswa yang membaca buku digital di pojok baca dan yang membaca buku cetak perlu dilakukan untuk mengetahui bentuk mana yang lebih efektif menumbuhkan minat baca, sehingga sekolah dapat menentukan strategi optimal dalam memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang ada.

  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #minat siswa sekolah#minat siswa sekolah
File size256.62 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test