OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Salah satu faktor penunjang keberhasilan pembelajaran pada siswa adalah dengan adanya motivasi belajar. Pada pasca pandemic covid-19 melanda, pembelajaran daring mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan data diketahui bahwa siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu hanya mencapai 50 %, ini merupakan salah satu bukti bahwa motivasi belajar siswa belum maksimal. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinya meningkat. Media Power Point merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang penerapan media power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoensia di Kelas IV pada siklus 1 sebesar 45% dengan kriteria cukup, pada siklus 2 menjadi 59% dengan kriteria cukup hal ini ada kenaikan sebesar 14%, karena media power point menyajikan materi secara visual dan audio visual, sehingga siswa tertarik untuk belajar.

Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan dengan mengkaji lebih lanjut tentang efektivitas penggunaan media power point dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, dapat juga dilakukan penelitian tentang strategi-strategi lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam konteks pembelajaran daring pasca pandemic covid-19. Selain itu, penelitian tentang dampak penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa juga dapat menjadi fokus penelitian selanjutnya.

  1. #minat siswa sekolah#minat siswa sekolah
File size99.06 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test