OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini mengenai . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi statistika sebanyak 69,44% peserta didik tidak lulus KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning pada materi statistika serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model Kemmis dan Mc.Taggart dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi statistika. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebanyak 55,55% sedangkan nilai presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 88,88%. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning.
Penerapan model problem based learning berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika.Pembelajaran dalam dua siklus menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal dari 55,55% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II.Hasil ini menekankan pentingnya pendekatan PBL dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Berdasarkan penelitian ini yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning pada materi statistika, ada beberapa arah penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, bagaimana jika model pembelajaran ini diterapkan pada materi matematika lainnya seperti aljabar atau geometri, apakah bisa memberikan dampak serupa dalam meningkatkan kreativitas siswa saat menyelesaikan masalah sehari-hari? Kedua, apakah efektivitas problem based learning bisa bertambah jika dikombinasikan dengan teknologi digital, seperti aplikasi mobile untuk simulasi masalah dunia nyata, sehingga siswa lebih mudah mengakses dan memahami konsep matematika yang rumit? Ketiga, studi lebih lanjut bisa mengeksplorasi apakah pendekatan ini bekerja sama baiknya di sekolah-sekolah dengan latar belakang siswa yang beragam, misalnya di daerah perkotaan versus pedalaman, untuk melihat pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil pembelajaran. Dengan mengembangkan penelitian ini, kita dapat mencari cara agar siswa bukan hanya menghafal rumus matematika, tetapi benar-benar menggunakannya untuk memecahkan tantangan hidup yang nyata, sehingga pendidikan matematika menjadi lebih menarik dan bermanfaat. Jika penelitian diperluas ke materi lain, hasilnya bisa membantu guru menemukan metode yang cocok untuk setiap topik, termasuk yang lebih abstrak. Penggunaan teknologi juga bisa membuat pembelajaran lebih interaktif, seperti siswa bekerja sama dalam kelompok virtual untuk menganalisis data statistik dari berita terkini. Adapun studi tentang perbedaan latar belakang siswa dapat mengungkap faktor-faktor tambahan yang memengaruhi keberhasilan metode ini, seperti akses internet atau dukungan keluarga. Secara keseluruhan, penelitian lanjutan semacam ini akan membantu menyempurnakan cara mengajar matematika agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini dan masa depan.
| File size | 353.25 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-qe |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengembangkanDengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengembangkan
ASSALAMASSALAM Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan program ini meningkatkan kesiapan emosional, partisipasi kelas, serta rasa percaya diri siswa. DenganHasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan program ini meningkatkan kesiapan emosional, partisipasi kelas, serta rasa percaya diri siswa. Dengan
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 120 mahasiswa pascasarjana yang dipilih melalui teknik stratifiedPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 120 mahasiswa pascasarjana yang dipilih melalui teknik stratified
ASSALAMASSALAM Konsistensi, ketulusan, dan kedekatan emosional guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi refleksi moral dan perubahan perilaku. PenelitianKonsistensi, ketulusan, dan kedekatan emosional guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi refleksi moral dan perubahan perilaku. Penelitian
ASSALAMASSALAM Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAI memiliki penguasaan materi keislaman yang baik, namun masih menghadapi keterbatasan dalam integrasiHasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAI memiliki penguasaan materi keislaman yang baik, namun masih menghadapi keterbatasan dalam integrasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
JOURNALSTKIPPGRISITUBONDOJOURNALSTKIPPGRISITUBONDO Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa responden yang telah diteliti dan juga dari hasil data yang telah dikumpulkan, diperoleh perbandinganHal ini berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa responden yang telah diteliti dan juga dari hasil data yang telah dikumpulkan, diperoleh perbandingan
UNIDAUNIDA Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi,Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi,
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic terhadap keterampilan berpikir tingkatTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic terhadap keterampilan berpikir tingkat
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi faktor-faktor lain yang lebih luas dan hasil ini dapat dijadikan dasar bagi institusi sekolah dalam menyediakanPenelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi faktor-faktor lain yang lebih luas dan hasil ini dapat dijadikan dasar bagi institusi sekolah dalam menyediakan
UNIDAUNIDA Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas V SDN Sukamaju 03.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas V SDN Sukamaju 03.