OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerTujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca puisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal dengan topik yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi dengan model pembelajaran yang efektif. Dalam penelitian ini meta analisis digunakan untuk mengelompokkan objek penelitian terpilih yang hasilnya berupa model pembelajaran yang sesuai untuk kemampuan membaca puisi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi.
Melalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membaca puisi yang dapat mengembangkan keefektifan pembelajaran diperoleh persentase 60%.Model pembelajaran SAVI dan TTW dalam membaca puisi lebih efektif digunakan di tingkat kelas rendah maupun tinggi, dengan menggunakan metode eksperimen dengan persentase 60%, selain itu model pembelajaran bahasa Indonesia dalam membaca puisi lebih tepat digunakan dengan metode atau teknik observasi dengan persentase 50%.Dapat disimpulkan juga bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi, dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi peserta didik dalam mengembangkan bakat, minat, serta kreativitas dalam membaca puisi, guru dan peserta didik.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh model pembelajaran SAVI dan TTW pada siswa dengan minat belajar sastra yang tinggi dan rendah. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi model-model pembelajaran inovatif lainnya yang dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat keterampilan membaca puisi pada siswa. Penelitian selanjutnya juga dapat berfokus pada pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam membaca puisi, serta mengukur dampak positif dari model-model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan membaca puisi peserta didik.
| File size | 153.07 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-qi |
| DMCA | Report |
Related /
OJSOJS Filosofi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah konstruktivisme, yaitu metode pembelajaran di mana siswa secara aktif mencari danFilosofi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah konstruktivisme, yaitu metode pembelajaran di mana siswa secara aktif mencari dan
EDUPEDEDUPED 2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
EDUPEDEDUPED Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswaJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS denganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pengaruh Model Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Mengenal Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V MI NW Peseng TahunPengaruh Model Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Mengenal Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V MI NW Peseng Tahun
KOMPETIFKOMPETIF Kepemimpinan keduanya menjadi faktor penting yang mendorong guru untuk melampaui tanggung jawab formal dalam bentuk perilaku sukarela demi meningkatkanKepemimpinan keduanya menjadi faktor penting yang mendorong guru untuk melampaui tanggung jawab formal dalam bentuk perilaku sukarela demi meningkatkan
UNIDAUNIDA Hasil uji t (One-Sample Test) terhadap nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04; karena 0,04 < 0,05, maka Ha diterimaHasil uji t (One-Sample Test) terhadap nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04; karena 0,04 < 0,05, maka Ha diterima
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentukPendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk
Useful /
OJSOJS Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinyaUntuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinya
OJSOJS Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn,Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn,
OJSOJS Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata 38,75% dengan minimum 0 dan maksimum 100. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangatHasil analisis menunjukkan nilai rata-rata 38,75% dengan minimum 0 dan maksimum 100. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat
UNIDAUNIDA Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data dari 13 kecamatan di lima kabupaten sepanjang koridor jalanPenelitian menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data dari 13 kecamatan di lima kabupaten sepanjang koridor jalan