OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD pada materi siklus air. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn, dengan bentuk desain non equivalent pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Pengambilan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu VB yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VA sebagai kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t, effect size, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi siklus air; (2) Model Problem Based Learning berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V yaitu sebesar 1 dengan kriteria tinggi; (3) Pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi siklus air mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan rata-rata sebesar 0,594 dengan kriteria sedang.
Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD pada materi siklus air.Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model PBL dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran langsung pada pelajaran siklus air.Model PBL berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD.Peningkatan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD setelah diterapkan model PBL pada materi siklus air mengalami peningkatan yang signifikan.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Guru dapat menggunakan model PBL sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa, terutama pada materi siklus air. (2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada materi lain. (3) Sekolah dapat mempertimbangkan untuk menerapkan model PBL sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
| File size | 210.36 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-qn |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Nilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi dataNilai Aktifitas Belajar siswa = 73,08. Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi data
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Sesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggihSesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggih
ARIPIARIPI Hasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangat tinggi) dan siswa perempuan 80,14% (tinggi). Dengan demikian, tingkat perkembanganHasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangat tinggi) dan siswa perempuan 80,14% (tinggi). Dengan demikian, tingkat perkembangan
UBUB Kegiatan dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan Project Based Learning (PjBL), yang melibatkan pelatihan produksi audio visual dan public speaking.Kegiatan dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan Project Based Learning (PjBL), yang melibatkan pelatihan produksi audio visual dan public speaking.
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolahPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Hasil kuesioner dan tes Multi-Stage Fitness menunjukkan bahwa 67% siswa memiliki hasil kurang dan 33% hasil cukup pada tes daya tahan. Analisis statistikHasil kuesioner dan tes Multi-Stage Fitness menunjukkan bahwa 67% siswa memiliki hasil kurang dan 33% hasil cukup pada tes daya tahan. Analisis statistik
UBTUBT a) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diri pada siswa kelas X IPS-4 SMA Negeri 3 Ambon. b) Bimbingan kelompok dapat direkomendasikana) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diri pada siswa kelas X IPS-4 SMA Negeri 3 Ambon. b) Bimbingan kelompok dapat direkomendasikan
UNIDAUNIDA Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ceritaAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Useful /
UMKUMK Studi ini meneliti 278 responden yang mengunjungi taman kota dan situs wisata outdoor di Yogyakarta dan sekitarnya. Menggunakan pendekatan kuantitatifStudi ini meneliti 278 responden yang mengunjungi taman kota dan situs wisata outdoor di Yogyakarta dan sekitarnya. Menggunakan pendekatan kuantitatif
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru merupakan salah satu elemen kunci yang harus memiliki kompetensi yang memadai dalam mengajar kewirausahaan digital. Tujuan penelitian adalah untukGuru merupakan salah satu elemen kunci yang harus memiliki kompetensi yang memadai dalam mengajar kewirausahaan digital. Tujuan penelitian adalah untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Banyak guru mengalami penurunan motivasi dan ketidakpuasan karena kurangnya dukungan dari pemimpin sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada kualitasBanyak guru mengalami penurunan motivasi dan ketidakpuasan karena kurangnya dukungan dari pemimpin sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas