IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Tujuan utama artikel ini adalah dua arah: pertama, mengeksplorasi perspektif siswa sekolah menengah Indonesia mengenai penggunaan translanguaging baik di dalam maupun di luar kelas. Kedua, mengevaluasi implikasi praktik translanguaging terhadap perkembangan karier mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kasus nexus, dengan lima peserta yang dipilih secara purposif dari 38 siswa yang mengambil program ekonomi di sebuah institusi swasta di Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, refleksi peserta, dan diskusi kelompok fokus, lalu dianalisis secara tematik untuk menelusuri koneksi antara tubuh historis, urutan interaksi, dan diskojur yang ada. Temuan menunjukkan bahwa peserta memiliki pandangan yang longgar dan memperoleh terhadap studi tersebut. Meskipun translanguaging mendukung pembelajaran, mereka khawatir penggunaan berlebihan dapat membatasi kemajuan karier mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa translanguaging dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran, tetapi penggunaannya masih terbatas oleh norma monolingual yang kuat.Peserta cenderung menggunakan bahasa Inggris secara eksklusif dalam situasi formal, meskipun mereka mengakui manfaat translanguaging dalam diskusi kelompok.Penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendekatan translanguaging dalam kurikulum untuk memperkuat keterampilan multilingual dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang penggunaan translanguaging terhadap keterampilan bahasa Inggris siswa. Selain itu, penelitian perlu mengembangkan strategi pelatihan guru untuk mendorong penerapan translanguaging secara efektif. Studi tambahan juga diperlukan untuk memahami bagaimana konteks lokal seperti daerah pedesaan memengaruhi penerimaan translanguaging. Selain itu, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas translanguaging dalam berbagai disiplin ilmu, seperti sains dan teknologi. Perlu juga dikaji bagaimana kebijakan pendidikan nasional dapat mendukung praktik translanguaging. Penelitian ini juga dapat mengidentifikasi hambatan spesifik yang dihadapi siswa dalam menggunakan bahasa ibu mereka selama pembelajaran. Studi lanjutan dapat mengembangkan alat penilaian yang lebih akurat untuk mengukur keberhasilan translanguaging. Selain itu, penelitian perlu mengevaluasi peran teknologi dalam mendukung translanguaging di kelas. Studi ini juga dapat membandingkan pengalaman translanguaging antara siswa di kota dan daerah. Akhirnya, penelitian perlu mengembangkan pedoman praktis untuk integrasi translanguaging dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
| File size | 699.08 KB |
| Pages | 30 |
| Short Link | https://juris.id/p-k2 |
| DMCA | Report |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebutPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebut
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Penggunaan teknologi, khususnya permainan edukatif berbasis Android, telah terbukti mendukung proses pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan meningkatkanPenggunaan teknologi, khususnya permainan edukatif berbasis Android, telah terbukti mendukung proses pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan meningkatkan
UNISLAUNISLA Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada tingkat pendidikan menengah. Pembelajaran bahasaSekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada tingkat pendidikan menengah. Pembelajaran bahasa
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaianPenelitian menggunakan desain kuantitatif dengan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaian
IDEBAHASAIDEBAHASA Kedua, para peneliti mengevaluasi tanggapan dari responden. Ketiga, para peneliti menemukan jawaban tentang dampak Newsela terhadap siswa. Penelitian iniKedua, para peneliti mengevaluasi tanggapan dari responden. Ketiga, para peneliti menemukan jawaban tentang dampak Newsela terhadap siswa. Penelitian ini
USKUSK Artikel ini dikembangkan berdasarkan ide-ide pengajaran sastra yang diusulkan oleh Collie dan Slater (1987), Lazar (1993), dan Ghosn (2002). Dengan demikian,Artikel ini dikembangkan berdasarkan ide-ide pengajaran sastra yang diusulkan oleh Collie dan Slater (1987), Lazar (1993), dan Ghosn (2002). Dengan demikian,
USKUSK A spoof tells a story with a humorous twist or an unpredictable and usually funny ending. It is usually a story that could have happened in the past whichA spoof tells a story with a humorous twist or an unpredictable and usually funny ending. It is usually a story that could have happened in the past which
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaanTidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, indikator kemampuan berpikir yang sering dilatih pada siswa hanya terbatas pada indikator C4 (analisis). Akibatnya, siswa pasif dalam menerimaSelain itu, indikator kemampuan berpikir yang sering dilatih pada siswa hanya terbatas pada indikator C4 (analisis). Akibatnya, siswa pasif dalam menerima
POLTEKKES PONTIANAKPOLTEKKES PONTIANAK Hasil konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal tidak menjadi faktor dominan dalam keterapan protokol keselamatan.Hasil konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal tidak menjadi faktor dominan dalam keterapan protokol keselamatan.
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran