USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationArtikel ini menyajikan argumen independen yang serius mengapa sastra perlu dipertahankan dalam kurikulum ELT (Pengajaran Bahasa Inggris) di Indonesia. Secara umum, kurikulum ELT saat ini tampaknya mengabaikan pentingnya sastra sejak diperkenalkannya pendekatan komunikatif. Tiga aspek disajikan terkait mengapa gagasan ini perlu segera diterapkan: (1) sastra membawa banyak keuntungan bagi pelajar ELT di Indonesia; (2) sastra dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis; dan (3) berpikir kritis dapat digunakan untuk mempromosikan toleransi. Artikel ini dikembangkan berdasarkan ide-ide pengajaran sastra yang diusulkan oleh Collie dan Slater (1987), Lazar (1993), dan Ghosn (2002). Dengan demikian, berpikir kritis dan toleransi adalah nilai-nilai yang tidak mendapat perhatian serius dalam proses pendidikan di negara ini meskipun nilai-nilai tersebut telah dimasukkan dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia.
Penelitian menunjukkan adanya hubungan kuat antara pengajaran sastra dan perkembangan berpikir kritis serta peningkatan toleransi.Sastra memberikan banyak manfaat bagi pelajar ELT, seperti pengayaan bahasa, pengayaan budaya, dan materi autentik.Pengajaran sastra juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, mendorong mereka untuk menyuarakan pendapat dan membangun kepercayaan diri.Selain itu, berpikir kritis dapat mempromosikan toleransi melalui kegiatan dialogis.Ini memiliki implikasi penting untuk mempertahankan sastra dalam kurikulum ELT Indonesia karena berpikir kritis dan toleransi adalah dua kualitas yang termasuk dalam tujuan pendidikan Indonesia.
Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas penggunaan sastra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan toleransi siswa di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Selain itu, perlu dikembangkan metode pengajaran yang lebih variatif untuk mengintegrasikan sastra dengan pendekatan komunikatif dalam kurikulum ELT. Studi lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi jenis sastra yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan bahasa Inggris siswa, serta menilai dampak jangka panjang pengajaran sastra terhadap perkembangan keterampilan sosial dan budaya siswa.
| File size | 469.43 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-jP |
| DMCA | Report |
Related /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Penelitian lanjutan dapat menggali apakah pola aktivitas luar ruangan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan di Kota Bandung memengaruhi paparan terhadapPenelitian lanjutan dapat menggali apakah pola aktivitas luar ruangan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan di Kota Bandung memengaruhi paparan terhadap
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Pengembangan otonomi dalam menulis sangat penting bagi mahasiswa EFL, karena menulis yang efektif memerlukan tidak hanya keterampilan bahasa tetapi jugaPengembangan otonomi dalam menulis sangat penting bagi mahasiswa EFL, karena menulis yang efektif memerlukan tidak hanya keterampilan bahasa tetapi juga
USKUSK This journal, Studies in English Language and Education (SiELE), serves as a platform for scholarly work in the field of English language teaching andThis journal, Studies in English Language and Education (SiELE), serves as a platform for scholarly work in the field of English language teaching and
USKUSK Specifically, a significant portion of students struggled with creating a humorous twist, utilizing action verbs, employing connectives, and correctlySpecifically, a significant portion of students struggled with creating a humorous twist, utilizing action verbs, employing connectives, and correctly
USKUSK Orang kaya, berada, dan terkenal harus disadarkan bahwa gaya hidup seperti itu tidak salah, tetapi mereka juga harus diajarkan bagaimana menjalani caraOrang kaya, berada, dan terkenal harus disadarkan bahwa gaya hidup seperti itu tidak salah, tetapi mereka juga harus diajarkan bagaimana menjalani cara
USKUSK Hasil penelitian menunjukkan bahwa inversi (12%), kesepakatan subjek-kata kerja (10%), penghubung klausa keterangan (7%), pasif (6%), klausa kata sifatHasil penelitian menunjukkan bahwa inversi (12%), kesepakatan subjek-kata kerja (10%), penghubung klausa keterangan (7%), pasif (6%), klausa kata sifat
USKUSK Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis,Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis,
USKUSK Pertanyaan wawancara disesuaikan dari Fletcher et al. (2012) yang berfokus pada kurikulum, persiapan guru, metodologi pengajaran, instruksi pengajaran,Pertanyaan wawancara disesuaikan dari Fletcher et al. (2012) yang berfokus pada kurikulum, persiapan guru, metodologi pengajaran, instruksi pengajaran,
Useful /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Meskipun demikian, efisiensi portofolio syariah tetap kompetitif berdasarkan indikator rasio Sharpe dan rasio imbal hasil terhadap varians. Komposisi optimalMeskipun demikian, efisiensi portofolio syariah tetap kompetitif berdasarkan indikator rasio Sharpe dan rasio imbal hasil terhadap varians. Komposisi optimal
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Perhitungan kewajiban pensiun dalam skema defined benefit sangat dipengaruhi oleh metode aktuaria dan asumsi ekonomi yang digunakan, terutama proyeksiPerhitungan kewajiban pensiun dalam skema defined benefit sangat dipengaruhi oleh metode aktuaria dan asumsi ekonomi yang digunakan, terutama proyeksi
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Hasil menunjukkan bahwa PjBL lebih efektif untuk siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi, sementara DL lebih cocok untuk siswa dengan kecerdasan intrapersonalHasil menunjukkan bahwa PjBL lebih efektif untuk siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi, sementara DL lebih cocok untuk siswa dengan kecerdasan intrapersonal
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Kedua, mengevaluasi implikasi praktik translanguaging terhadap perkembangan karier mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kasus nexus, dengan lima pesertaKedua, mengevaluasi implikasi praktik translanguaging terhadap perkembangan karier mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kasus nexus, dengan lima peserta