USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationArtikel ini menyajikan argumen independen yang serius mengapa sastra perlu dipertahankan dalam kurikulum ELT (Pengajaran Bahasa Inggris) di Indonesia. Secara umum, kurikulum ELT saat ini tampaknya mengabaikan pentingnya sastra sejak diperkenalkannya pendekatan komunikatif. Tiga aspek disajikan terkait mengapa gagasan ini perlu segera diterapkan: (1) sastra membawa banyak keuntungan bagi pelajar ELT di Indonesia; (2) sastra dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis; dan (3) berpikir kritis dapat digunakan untuk mempromosikan toleransi. Artikel ini dikembangkan berdasarkan ide-ide pengajaran sastra yang diusulkan oleh Collie dan Slater (1987), Lazar (1993), dan Ghosn (2002). Dengan demikian, berpikir kritis dan toleransi adalah nilai-nilai yang tidak mendapat perhatian serius dalam proses pendidikan di negara ini meskipun nilai-nilai tersebut telah dimasukkan dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia.
Penelitian menunjukkan adanya hubungan kuat antara pengajaran sastra dan perkembangan berpikir kritis serta peningkatan toleransi.Sastra memberikan banyak manfaat bagi pelajar ELT, seperti pengayaan bahasa, pengayaan budaya, dan materi autentik.Pengajaran sastra juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, mendorong mereka untuk menyuarakan pendapat dan membangun kepercayaan diri.Selain itu, berpikir kritis dapat mempromosikan toleransi melalui kegiatan dialogis.Ini memiliki implikasi penting untuk mempertahankan sastra dalam kurikulum ELT Indonesia karena berpikir kritis dan toleransi adalah dua kualitas yang termasuk dalam tujuan pendidikan Indonesia.
Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas penggunaan sastra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan toleransi siswa di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Selain itu, perlu dikembangkan metode pengajaran yang lebih variatif untuk mengintegrasikan sastra dengan pendekatan komunikatif dalam kurikulum ELT. Studi lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi jenis sastra yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan bahasa Inggris siswa, serta menilai dampak jangka panjang pengajaran sastra terhadap perkembangan keterampilan sosial dan budaya siswa.
| File size | 469.43 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-jP |
| DMCA | Report |
Related /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Berdasarkan hasil penelitian, model regresi linear berganda dengan faktor HLS, RLS, UHH, dan GK memiliki pengaruh sebesar 97,94% terhadap IPM di ProvinsiBerdasarkan hasil penelitian, model regresi linear berganda dengan faktor HLS, RLS, UHH, dan GK memiliki pengaruh sebesar 97,94% terhadap IPM di Provinsi
UINSIUINSI Artikel ini menjelaskan argumen masyarakat Minangkabau yang memutuskan untuk tetap melaksanakan ibadah berjemaah di masjid selama pandemi COVID-19. DataArtikel ini menjelaskan argumen masyarakat Minangkabau yang memutuskan untuk tetap melaksanakan ibadah berjemaah di masjid selama pandemi COVID-19. Data
USKUSK This journal, Studies in English Language and Education (SiELE), serves as a platform for scholarly work in the field of English language teaching andThis journal, Studies in English Language and Education (SiELE), serves as a platform for scholarly work in the field of English language teaching and
USKUSK The results show that more than 50% of the students in the sample had problems in writing a spoof. It can be suggested that writing comprehension and characteristicThe results show that more than 50% of the students in the sample had problems in writing a spoof. It can be suggested that writing comprehension and characteristic
USKUSK Orang kaya, berada, dan terkenal harus disadarkan bahwa gaya hidup seperti itu tidak salah, tetapi mereka juga harus diajarkan bagaimana menjalani caraOrang kaya, berada, dan terkenal harus disadarkan bahwa gaya hidup seperti itu tidak salah, tetapi mereka juga harus diajarkan bagaimana menjalani cara
USKUSK Oleh karena itu, guru dan pelatih TOEFL sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan melakukan latihan belajar untuk tujuh topik dengan persentase tertinggiOleh karena itu, guru dan pelatih TOEFL sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan melakukan latihan belajar untuk tujuh topik dengan persentase tertinggi
USKUSK Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis,Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis,
USKUSK Strategi‑strategi tersebut tidak dilaksanakan karena kondisi dan situasi lingkungan pengajaran. Secara singkat, upaya yang tepat oleh guru untuk meningkatkanStrategi‑strategi tersebut tidak dilaksanakan karena kondisi dan situasi lingkungan pengajaran. Secara singkat, upaya yang tepat oleh guru untuk meningkatkan
Useful /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Efektivitas enkripsi dievaluasi melalui efek avalanche, yang menghasilkan nilai rata-rata mendekati 50% ideal. Ini mengindikasikan bahwa kombinasi AESEfektivitas enkripsi dievaluasi melalui efek avalanche, yang menghasilkan nilai rata-rata mendekati 50% ideal. Ini mengindikasikan bahwa kombinasi AES
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Untuk membayar nilai pertanggungan kepada peserta, perusahaan asuransi harus menyiapkan biaya cadangan. Cadangan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhanUntuk membayar nilai pertanggungan kepada peserta, perusahaan asuransi harus menyiapkan biaya cadangan. Cadangan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Pengiriman barang di j&t cargo purwokerto dilakukan secara bertahap dengan nilai keuntungan yang lebih tinggi terlebih dahulu karena kapasitas muatan pengirimanPengiriman barang di j&t cargo purwokerto dilakukan secara bertahap dengan nilai keuntungan yang lebih tinggi terlebih dahulu karena kapasitas muatan pengiriman
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Untuk menjamin validitas model, dilakukan serangkaian uji asumsi klasik, yakni uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi,Untuk menjamin validitas model, dilakukan serangkaian uji asumsi klasik, yakni uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi,