USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationArtikel ini menyajikan argumen independen yang serius mengapa sastra perlu dipertahankan dalam kurikulum ELT (Pengajaran Bahasa Inggris) di Indonesia. Secara umum, kurikulum ELT saat ini tampaknya mengabaikan pentingnya sastra sejak diperkenalkannya pendekatan komunikatif. Tiga aspek disajikan terkait mengapa gagasan ini perlu segera diterapkan: (1) sastra membawa banyak keuntungan bagi pelajar ELT di Indonesia; (2) sastra dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis; dan (3) berpikir kritis dapat digunakan untuk mempromosikan toleransi. Artikel ini dikembangkan berdasarkan ide-ide pengajaran sastra yang diusulkan oleh Collie dan Slater (1987), Lazar (1993), dan Ghosn (2002). Dengan demikian, berpikir kritis dan toleransi adalah nilai-nilai yang tidak mendapat perhatian serius dalam proses pendidikan di negara ini meskipun nilai-nilai tersebut telah dimasukkan dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia.
Penelitian menunjukkan adanya hubungan kuat antara pengajaran sastra dan perkembangan berpikir kritis serta peningkatan toleransi.Sastra memberikan banyak manfaat bagi pelajar ELT, seperti pengayaan bahasa, pengayaan budaya, dan materi autentik.Pengajaran sastra juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, mendorong mereka untuk menyuarakan pendapat dan membangun kepercayaan diri.Selain itu, berpikir kritis dapat mempromosikan toleransi melalui kegiatan dialogis.Ini memiliki implikasi penting untuk mempertahankan sastra dalam kurikulum ELT Indonesia karena berpikir kritis dan toleransi adalah dua kualitas yang termasuk dalam tujuan pendidikan Indonesia.
Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas penggunaan sastra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan toleransi siswa di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Selain itu, perlu dikembangkan metode pengajaran yang lebih variatif untuk mengintegrasikan sastra dengan pendekatan komunikatif dalam kurikulum ELT. Studi lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi jenis sastra yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan bahasa Inggris siswa, serta menilai dampak jangka panjang pengajaran sastra terhadap perkembangan keterampilan sosial dan budaya siswa.
| File size | 469.43 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM AES digunakan karena efisiensinya dalam mengenkripsi data berukuran besar, sementara IDEA menawarkan struktur kunci yang kompleks yang memberikan perlindunganAES digunakan karena efisiensinya dalam mengenkripsi data berukuran besar, sementara IDEA menawarkan struktur kunci yang kompleks yang memberikan perlindungan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Namun, beberapa siswa yang lebih kritis tetap memeriksa hasil terjemahan terhadap sumber lain untuk memastikan akurasi. Meskipun Google Translate memfasilitasiNamun, beberapa siswa yang lebih kritis tetap memeriksa hasil terjemahan terhadap sumber lain untuk memastikan akurasi. Meskipun Google Translate memfasilitasi
USKUSK Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris bersertifikat dalam pengajaran membaca, karena membaca dianggapTujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris bersertifikat dalam pengajaran membaca, karena membaca dianggap
USKUSK Studies in English Language and Education (SiELE) is a peer-reviewed academic journal that presents research and development in the field of teaching andStudies in English Language and Education (SiELE) is a peer-reviewed academic journal that presents research and development in the field of teaching and
Useful /
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM The results show that the PUC method produces a Normal Cost that increases with the age of participants, while ILP provides a fixed contribution even thoughThe results show that the PUC method produces a Normal Cost that increases with the age of participants, while ILP provides a fixed contribution even though
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan diskusi fokus grup untuk mengeksplorasi sikap, pengaruh sosial, dan kontrol perilakuPengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan diskusi fokus grup untuk mengeksplorasi sikap, pengaruh sosial, dan kontrol perilaku
USKUSK Masa magang singkat di komunitas seperti itu akan membantu mereka lebih memahami kehidupan nyata mayoritas di negara mereka. Lebih lanjut, jika merekaMasa magang singkat di komunitas seperti itu akan membantu mereka lebih memahami kehidupan nyata mayoritas di negara mereka. Lebih lanjut, jika mereka
USKUSK The data are the dialogues and other information in the novel concerning the metaphors of characters between the Soviet Union leaders of the 20th centuryThe data are the dialogues and other information in the novel concerning the metaphors of characters between the Soviet Union leaders of the 20th century