Perangkat Pembelajaran Biologi Files
MAHADEWAMAHADEWA Hasil supervisi mendapatkan nilai dengan rata–rata 2,8 (kategori baik) setelah diadakan pembinaan model kelompok mencapai rata–rata 3,0 (kategori baik)Hasil supervisi mendapatkan nilai dengan rata–rata 2,8 (kategori baik) setelah diadakan pembinaan model kelompok mencapai rata–rata 3,0 (kategori baik)
MAHADEWAMAHADEWA Pembelajaran masih terpusat pada guru, motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan guru jarang melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas iniPembelajaran masih terpusat pada guru, motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan guru jarang melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini
MAHADEWAMAHADEWA Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklusData yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus
MAHADEWAMAHADEWA pada siklus I peningkatan sudah mulai terlihat namun masih berada pada kategori rendah dengan rentangan skor yaitu 55 sampai dengan 60 dengan rata-ratapada siklus I peningkatan sudah mulai terlihat namun masih berada pada kategori rendah dengan rentangan skor yaitu 55 sampai dengan 60 dengan rata-rata
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada pada kategori baik, dan nilai rata-rata tanggapan siswa terhadapPenelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada pada kategori baik, dan nilai rata-rata tanggapan siswa terhadap
MAHADEWAMAHADEWA Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di 8 SMANMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di 8 SMAN
MAHADEWAMAHADEWA Hasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group InvestigationHasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group Investigation
MAHADEWAMAHADEWA Hasil yang diperoleh adalah a) Guru telah siap menggunakan media Daun Kelor pada siklus I dengan persentase 62,07% dan siklus II dengan persentase 84,08%.Hasil yang diperoleh adalah a) Guru telah siap menggunakan media Daun Kelor pada siklus I dengan persentase 62,07% dan siklus II dengan persentase 84,08%.
MAHADEWAMAHADEWA Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam upaya meningkatkanTujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam upaya meningkatkan
MAHADEWAMAHADEWA Pelaksanaan flipped classroom belum efektif karena karakteristik materi dan peserta didik serta sumber belajar sehingga hasil belajar masih 4 poin di bawahPelaksanaan flipped classroom belum efektif karena karakteristik materi dan peserta didik serta sumber belajar sehingga hasil belajar masih 4 poin di bawah
MAHADEWAMAHADEWA Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap yang terdiri dari 3 perlakuan dan tujuh ulangan, perlakuan diberikan dalam air minum dengan masing-masingMetode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap yang terdiri dari 3 perlakuan dan tujuh ulangan, perlakuan diberikan dalam air minum dengan masing-masing
MAHADEWAMAHADEWA Metamorfosis yang dimaksud adalah perubahan bertahap ke arah kesempurnaan melalui partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasanMetamorfosis yang dimaksud adalah perubahan bertahap ke arah kesempurnaan melalui partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan