MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran. Pembelajaran masih terpusat pada guru, motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan guru jarang melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan subjek penelitian adalah kelas XI MIPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Data motivasi siswa dikumpulkan melalui lembar kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang disusun dalam bentuk tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 2,8 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata motivasi siswa adalah 3,7 dengan kriteria baik. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 61,17 dengan kriteria cukup, daya serap 61,17%, dan ketuntasan belajar siswa 61,11%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 76,53 dengan kriteria baik, daya serap 76,53%, dan ketuntasan belajar siswa 94%.

Implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan melalui pengawasan guru yang lebih cermat, pemberian penjelasan oleh siswa yang lebih pintar kepada teman sekelompok, pembatasan waktu diskusi, pemberian reward, dan peningkatan persiapan siswa sebelum tes.

Berdasarkan hasil penelitian, tiga saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan adalah: (1) Penelitian tentang pengaruh penerapan teknik manajemen waktu yang lebih ketat dalam model STAD terhadap peningkatan konsentrasi dan hasil belajar siswa, terutama dalam mengatasi kebisingan kelas dan penggunaan waktu diskusi yang tidak efisien; (2) Studi mengenai efektivitas pelatihan kolaborasi kelompok heterogen berbasis tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi dan interaksi sosial siswa; (3) Penelitian tentang kombinasi model STAD dengan sistem penilaian berbasis digital untuk meningkatkan akurasi evaluasi dan motivasi belajar siswa melalui umpan balik instan. Penelitian-penelitian ini perlu dilakukan untuk mengatasi keterbatasan yang ditemukan, seperti kesulitan siswa dalam bekerja sama dalam kelompok heterogen, kurangnya persiapan menghadapi tes, dan tantangan guru dalam mengelola dinamika kelas selama pembelajaran kooperatif berlangsung.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size118.24 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test