MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sekolah dalam membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi melalui model kelompok dan individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Data dijaring dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sekolah yang dijadikan tempat penelitian, yaitu SMP wilayah Kecamatan Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua sekolah dapat membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi data awal dari hasil evaluasi diri pengamatan pembinaan memperoleh skor 2,0 (kategori cukup) pada siklus I mencapai rata–rata 2,81 (kategori baik) ada kenaikan 0,81, sedangkan pada siklus II mencapai rata–rata 3,6 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,6. Hasil supervisi mendapatkan nilai dengan rata–rata 2,8 (kategori baik) setelah diadakan pembinaan model kelompok mencapai rata–rata 3,0 (kategori baik) ada kenaikan 0,2, dan pada siklus II dengan model individu mencapai rata–rata 3,9 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,1. Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan agar sekolah melaksanakan penyiapan bukti fisik dengan model kelompok dan individu, serta menggerakan guru, penjaga, komite, dan stakeholder yang lain untuk menyiapkan bukti fisik akreditasi sekolah, khususnya komponen standar isi.
Simpulan dari hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa tindakan pembinaan model kelompok dan individu dapat meningkatkan nilai akreditasi sekolah komponen standar isi bagi Sekolah Binaan SMP Wilayah Kecamatan Kab.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah dapat membuat bukti fisik akreditasi sekolah komponen standar isi data awal dari hasil evaluasi diri pengamatan proses pembinaan memperoleh skor 2,0 (kategori cukup) pada Siklus I mencapai rata – rata 2,81 (kategori baik) ada kenaikan 0,81, sedangkan pada Siklus II mencapai rata – rata 3,6 (kategori amat baik) ada kenaikan 1,6.Dengan demikian model pembinaan kelompok dan individu perlu dilakukan pengawas sekolah dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah khususnya komponen standar isi.
Pertanyaan penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada bagaimana model pembinaan kelompok dapat diadaptasi untuk kebutuhan sekolah swasta yang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan sekolah negeri. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembinaan berbasis teknologi, seperti penggunaan platform daring, dalam meningkatkan proses akreditasi dan kolaborasi antar sekolah. Selanjutnya, ada baiknya dilakukan penelitian longitudinal untuk menilai dampak jangka panjang dari model pembinaan kelompok dan individu terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Binaan di wilayah lain, sehingga mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang keberhasilan strategi ini dalam konteks yang lebih luas.
| File size | 96.64 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Penelitian menggunakan desain evaluatif dengan pengukuran skor rata-rata pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan padaPenelitian menggunakan desain evaluatif dengan pengukuran skor rata-rata pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pra dan pasca workshop yang dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: rata-rataEvaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pra dan pasca workshop yang dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: rata-rata
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakanPenelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakan
MAHADEWAMAHADEWA Data primer penelitian ini bersumber dari studi pustaka, studi komparasi, kuesioner, dan survey lapangan. Menggunakan teknik pengambilan sampel dipilihData primer penelitian ini bersumber dari studi pustaka, studi komparasi, kuesioner, dan survey lapangan. Menggunakan teknik pengambilan sampel dipilih
Useful /
MAHADEWAMAHADEWA Implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan melalui pengawasanImplementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan melalui pengawasan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Stunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dipengaruhi faktor gizi, lingkungan, dan sosial ekonomi. Kegiatan ini dilaksanakanStunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dipengaruhi faktor gizi, lingkungan, dan sosial ekonomi. Kegiatan ini dilaksanakan
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasilBerdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbinganPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbingan