MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan melibatkan 36 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan materi Expressions. Data penilaian menulis siswa dikumpulkan dari rubrik penilaian menulis sedangkan tanggapan siswa terhadap penerapan model PJBL pada strip komik dikumpulkan dengan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada pada kategori baik, dan nilai rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PJBL pada proyek strip komik minimal berada pada kategori positif. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata menulis siswa pada siklus I sebesar 77,36 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata menulis siswa sebesar 80,56 dengan kategori baik, (2) nilai rata-rata tanggapan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta terhadap penerapan model PJBL proyek strip komik sebesar 43,78 dengan kategori positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PJBL pada proyek strip komik dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta tahun ajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan terkait penerapan model project based learning pada comic strips project sebagai berikut.Penerapan model project based learning pada comic strips project pada pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan writing siswa di kelas X IPS SMA Negeri 2 Kuta tahun pelajaran 2019/2020.Hal tersebut dibuktikan dengan Pada siklus I skor rata-rata siswa yaitu 77,36 dan pada siklus II sebesar 80,56.Serta didukung dengan hasil tanggapan siswa pada skor rata-rata sebesar 43,78 dan berada pada kategori positif.Dari hasil yang didapat penulis memiliki keyakinan bahwa jika model Project based learning pada pembuatan comic strips project diterapkan pada pembelajaran writing akan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Inggris khususnya keterampilan menulis yang menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan segala potensi yang dimiliki, bukan sebaliknya guru yang cenderung mendominasi dalam pembelajaran.
Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan digital dalam pembuatan komik strip, untuk mengukur apakah penggunaan teknologi dapat lebih meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu, dapat juga diperluas dengan membandingkan efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dan metode konvensional dalam pengajaran keterampilan menulis di kelas lain. Pertanyaan penelitian dapat merujuk pada seberapa besar pengaruh kolaborasi kelompok terhadap capaian kemampuan menulis siswa ketika menggunakan komik strip sebagai sarana pembelajaran.
| File size | 209.19 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MAHADEWAMAHADEWA Simpulan dari hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa tindakan pembinaan model kelompok dan individu dapat meningkatkan nilai akreditasi sekolahSimpulan dari hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa tindakan pembinaan model kelompok dan individu dapat meningkatkan nilai akreditasi sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Pendidikan inklusif merupakan hak setiap individu, termasuk siswa tunarungu, untuk mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran bahasa Inggris. PenelitianPendidikan inklusif merupakan hak setiap individu, termasuk siswa tunarungu, untuk mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian
MAHADEWAMAHADEWA Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkatPenerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkat
MAHADEWAMAHADEWA Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaranDengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.Kegiatan dilaksanakan melalui penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung dengan pendekatan partisipatif berbasis pengembangan kapasitas masyarakat.
UNUSAUNUSA Hasil menunjukkan bahwa metode otomatis mencapai tingkat kesesuaian 94,4% dibandingkan metode manual berdasarkan standar WHO 2010. Uji statistik selanjutnyaHasil menunjukkan bahwa metode otomatis mencapai tingkat kesesuaian 94,4% dibandingkan metode manual berdasarkan standar WHO 2010. Uji statistik selanjutnya
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat yang dapat dilihat dari indikator: siswa yangBerdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat yang dapat dilihat dari indikator: siswa yang
UNMUNM Penelitian ini menerapkan studi kasus kualitatif interpretatif terhadap sembilan dosen Bahasa Inggris melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi.Penelitian ini menerapkan studi kasus kualitatif interpretatif terhadap sembilan dosen Bahasa Inggris melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi.