MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan melibatkan 36 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan materi Expressions. Data penilaian menulis siswa dikumpulkan dari rubrik penilaian menulis sedangkan tanggapan siswa terhadap penerapan model PJBL pada strip komik dikumpulkan dengan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada pada kategori baik, dan nilai rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PJBL pada proyek strip komik minimal berada pada kategori positif. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata menulis siswa pada siklus I sebesar 77,36 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata menulis siswa sebesar 80,56 dengan kategori baik, (2) nilai rata-rata tanggapan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta terhadap penerapan model PJBL proyek strip komik sebesar 43,78 dengan kategori positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PJBL pada proyek strip komik dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kuta tahun ajaran 2019/2020.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan terkait penerapan model project based learning pada comic strips project sebagai berikut.Penerapan model project based learning pada comic strips project pada pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan writing siswa di kelas X IPS SMA Negeri 2 Kuta tahun pelajaran 2019/2020.Hal tersebut dibuktikan dengan Pada siklus I skor rata-rata siswa yaitu 77,36 dan pada siklus II sebesar 80,56.Serta didukung dengan hasil tanggapan siswa pada skor rata-rata sebesar 43,78 dan berada pada kategori positif.Dari hasil yang didapat penulis memiliki keyakinan bahwa jika model Project based learning pada pembuatan comic strips project diterapkan pada pembelajaran writing akan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Inggris khususnya keterampilan menulis yang menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan segala potensi yang dimiliki, bukan sebaliknya guru yang cenderung mendominasi dalam pembelajaran.

Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan digital dalam pembuatan komik strip, untuk mengukur apakah penggunaan teknologi dapat lebih meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu, dapat juga diperluas dengan membandingkan efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dan metode konvensional dalam pengajaran keterampilan menulis di kelas lain. Pertanyaan penelitian dapat merujuk pada seberapa besar pengaruh kolaborasi kelompok terhadap capaian kemampuan menulis siswa ketika menggunakan komik strip sebagai sarana pembelajaran.

  1. #mahasiswa bahasa inggris#mahasiswa bahasa inggris
  2. #based learning model#based learning model
File size209.19 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test