MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi IdentitasTrigonometri pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedunggalar Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedunggalar semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang. Objek penelitian adalah aktivitas belajar dan hasil belajar. Data hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dikumpulkan menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Penelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata ulangan Matematika materi Identitas Trigonometri minimal sebesar nilai KKM=70, dan (2) ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Identitas Trigonometri di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedunggalar setelah menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Pada siklus I, nilai rata-rata ulangan harian mencapai 66,38 dan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus II, nilai rata-rata ulangan harian mencapai 75,00 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78% dan pada siklus III, nilai rata-rata ulangan harian mencapai 81,88 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Identitas Trigonometri setelah dilakukan tiga kali siklus.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualiztion pada pembelajaran Matematika materi Identitas Trigonometri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedunggalar pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Berdasarkan pengalaman pelaksanaan dan hasil yang diperoleh, penelitian selanjutnya dapat membandingkan efektivitas model Team Assisted Individualization dengan model kooperatif lain seperti Jigsaw atau STAD dalam pembelajaran topik matematika selain identitas trigonometri untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing pendekatan. Selain itu, studi baru juga bisa menyelidiki retensi jangka panjang konsep trigonometri setelah penerapan model Team Assisted Individualization dengan mengukur kemampuan dan pemahaman siswa beberapa bulan setelah selesai pembelajaran untuk melihat seberapa tahan materi yang telah dipelajari. Kemudian, eksplorasi penerapan model Team Assisted Individualization dalam suasana pembelajaran berbantuan media digital atau platform daring dapat menjadi ide penelitian baru untuk mengamati apakah integrasi teknologi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, kolaborasi, serta hasil belajar dalam konteks yang lebih modern dan fleksibel bagi berbagai tipe siswa.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #model pembelajaran digital#model pembelajaran digital
File size107.85 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test