RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT
Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society DevelopmentKegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengidentifikasi aspek non-kognitif peserta didik di MA DDI Baruga, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, guna mendukung pengembangan karakter dan kesejahteraan psikologis mereka. Sebanyak 139 siswa kelas X terlibat dalam kegiatan ini melalui angket, wawancara, observasi, dan asesmen psikologis. Hasil asesmen menunjukkan keragaman gaya belajar, minat, dan bakat peserta didik, dengan gaya belajar kinestetik (30%) dan visual (38%) sebagai yang paling dominan. Namun, banyak siswa belum sepenuhnya menyadari potensi diri mereka dan kesulitan merumuskan minat secara spesifik. Kegiatan ini juga mengungkap peran kuat orang tua dan keluarga dalam membentuk aspirasi peserta didik, yang seringkali menimbulkan kesenjangan antara bakat dan pilihan karier. Kendala utama adalah rendahnya kesadaran siswa mengenai pentingnya asesmen non-kognitif serta keterbatasan waktu untuk pendampingan individual. Berdasarkan temuan ini, dirumuskan beberapa rekomendasi, yaitu pengembangan modul bimbingan karier berbasis hasil asesmen, pelatihan guru untuk mengakomodasi gaya belajar kinestetik, serta program parenting yang melibatkan orang tua dalam mendukung pengembangan non-kognitif. Rekomendasi ini sejalan dengan kebijakan pendidikan nasional yang menekankan pendidikan karakter dan penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kegiatan pengabdian masyarakat di MA DDI Baruga Kabupaten Majene membuktikan urgensi dan manfaat penerapan asesmen non-kognitif untuk pengembangan karakter serta potensi peserta didik, sekaligus mengungkap keragaman gaya belajar, minat, dan bakat yang masih kurang disertai kesadaran diri dan dukungan pembelajaran yang memadai.Asesmen non-kognitif memberikan data penting mengenai aspek kognitif, afektif, dan sosial‑emosional, menegaskan bahwa pendidikan efektif harus memperhatikan dimensi non‑kognitif serta membuka ruang bagi intervensi terarah melalui layanan bimbingan konseling, pengembangan kurikulum, dan pelibatan orang tua.Oleh karena itu, asesmen non‑kognitif direkomendasikan menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan madrasah, khususnya di daerah dengan keterbatasan sumber daya, dengan dukungan berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan untuk memastikan setiap peserta didik dikenali, dihargai, dan potensinya dikembangkan secara holistik sepanjang hayat.
Penelitian selanjutnya dapat meneliti dampak jangka panjang integrasi asesmen non‑kognitif secara sistematis ke dalam kurikulum madrasah terhadap prestasi akademik, kesejahteraan emosional, dan kesiapan karier siswa selama beberapa tahun berturut‑turut, sehingga dapat mengidentifikasi perubahan perkembangan kompetensi non‑kognitif seiring waktu. Selanjutnya, studi eksperimental yang menguji efektivitas intervensi pembelajaran kinestetik yang disesuaikan secara budaya bagi siswa dengan gaya belajar kinestetik di madrasah pedesaan dapat mengevaluasi peningkatan motivasi belajar, kesadaran diri, dan pencapaian akademik dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Selain itu, penelitian kualitatif mengenai program pelatihan literasi digital bagi orang tua di wilayah terpencil dapat mengungkap sejauh mana peningkatan pemahaman teknologi memfasilitasi dukungan parenting dalam pengembangan non‑kognitif anak, khususnya dalam regulasi emosi dan pengambilan keputusan karier, serta memberikan rekomendasi kebijakan untuk memperkuat kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan komunitas.
- The Teacher's Role as an Applicator of “Profil Pelajar Pancasila” in “Merdeka... doi.org/10.58706/ijorce.v1n1.p29-32?utm_source=chatgpt.comThe Teachers Role as an Applicator of AuProfil Pelajar PancasilaAy in AuMerdeka doi 10 58706 ijorce v1n1 p29 32 utm source chatgpt
- Does Schooling Causally Impact Non-Cognitive Skills? Evidence from Elimination of Social Security Student... doi.org/10.3390/economies8010005?utm_source=chatgpt.comDoes Schooling Causally Impact Non Cognitive Skills Evidence from Elimination of Social Security Student doi 10 3390 economies8010005 utm source chatgpt
- Implementation Of Project-Based Learning Oriented To The Merdeka Learning Curriculum In The Form Of A... jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/6832Implementation Of Project Based Learning Oriented To The Merdeka Learning Curriculum In The Form Of A jurnal unipasby ac index php jurnal buana pendidikan article view 6832
- 0. publishers restore access books wayback machine texts audio software images donate archive sign upload... tandfonline.com/doi/full/10.1080/21683603.2021.19152160 publishers restore access books wayback machine texts audio software images donate archive sign upload tandfonline doi full 10 1080 21683603 2021 1915216
| File size | 529.18 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan strategi pemasaran digital Teras Gendis melalui pendampingan penggunaan e-catalog. E-catalog dirancangKegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan strategi pemasaran digital Teras Gendis melalui pendampingan penggunaan e-catalog. E-catalog dirancang
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi E-WASTE untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan bank sampah di TPS 3R Baratan, KabupatenPenelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi E-WASTE untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan bank sampah di TPS 3R Baratan, Kabupaten
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kesadaran kebersihan tangan, tetapi juga membuka peluang wirausaha berbasis produk herbal ramah lingkungan. Namun,Keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kesadaran kebersihan tangan, tetapi juga membuka peluang wirausaha berbasis produk herbal ramah lingkungan. Namun,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Namun, keterbatasan ekonomi dan akses pangan bergizi tetap menjadi kendala utama, sehingga diperlukan pendampingan berkelanjutan, kolaborasi lintas sektor,Namun, keterbatasan ekonomi dan akses pangan bergizi tetap menjadi kendala utama, sehingga diperlukan pendampingan berkelanjutan, kolaborasi lintas sektor,
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program layanan masyarakat ini menunjukkan bahwa pemberdayaan keluarga melalui pendidikan dan pendampingan efektif dalam mencegah ulkus tekan pada pasienProgram layanan masyarakat ini menunjukkan bahwa pemberdayaan keluarga melalui pendidikan dan pendampingan efektif dalam mencegah ulkus tekan pada pasien
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program peningkatan literasi keuangan bagi pedagang UMKM di Sentra Wisata Kuliner Wonorejo Surabaya menunjukkan hasil yang positif. Rangkaian kegiatanProgram peningkatan literasi keuangan bagi pedagang UMKM di Sentra Wisata Kuliner Wonorejo Surabaya menunjukkan hasil yang positif. Rangkaian kegiatan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT These findings indicate that while ecological values provide a motivational foundation, technological competence and consistent behaviors are more decisiveThese findings indicate that while ecological values provide a motivational foundation, technological competence and consistent behaviors are more decisive
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata ulangan Matematika materi Identitas Trigonometri minimal sebesar nilai KKM=70,Penelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata ulangan Matematika materi Identitas Trigonometri minimal sebesar nilai KKM=70,