RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT
Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society DevelopmentKrisis pengelolaan sampah elektronik dan rendahnya digitalisasi sistem bank sampah menjadi tantangan dalam mewujudkan ekonomi sirkular di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi E-WASTE untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan bank sampah di TPS 3R Baratan, Kabupaten Jember.
Penelitian ini berhasil mengembangkan aplikasi E-WASTE untuk digitalisasi pengelolaan bank sampah di TPS 3R Baratan, Kabupaten Jember, yang mengatasi kelemahan sistem pencatatan manual.Implementasi program menunjukkan keberhasilan signifikan dengan peningkatan pemahaman masyarakat sebesar 86,16%.
Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengukur dampak jangka panjang terhadap pengurangan volume sampah ke TPA dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, serta mengidentifikasi best practices replikasi ke wilayah dengan karakteristik sosial-ekonomi berbeda. Selain itu, perlu dilakukan peningkatan literasi digital melalui pelatihan berkelanjutan, penyediaan infrastruktur teknologi merata, dan sistem pendampingan terstruktur untuk mendukung keberlanjutan program. Dukungan kebijakan dan anggaran memadai dari pemerintah daerah juga sangat penting untuk memastikan keberhasilan jangka panjang program bank sampah berbasis teknologi.
- Analisis partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember,... journal.bkpsl.org/index.php/jplb/article/view/190Analisis partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember journal bkpsl index php jplb article view 190
- Investigating the Influencing Factors of Teachers’ Information and Communications Technology-Integrated... doi.org/10.3390/su132212614Investigating the Influencing Factors of TeachersAo Information and Communications Technology Integrated doi 10 3390 su132212614
| File size | 673.55 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan skor pre-test 24% meningkat menjadi 96% pada post-test. Sebanyak 95% pesertaHasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan skor pre-test 24% meningkat menjadi 96% pada post-test. Sebanyak 95% peserta
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman mitra dalam pengelolaan e-catalog dan pemanfaatan strategi pemasaran digital, ditandai dengan kenaikan skorEvaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman mitra dalam pengelolaan e-catalog dan pemanfaatan strategi pemasaran digital, ditandai dengan kenaikan skor
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Intervensi melibatkan 30 anggota keluarga sebagai pengasuh dan dilaksanakan dalam dua sesi yang terdiri dari edukasi dan praktik langsung, yang dilakukanIntervensi melibatkan 30 anggota keluarga sebagai pengasuh dan dilaksanakan dalam dua sesi yang terdiri dari edukasi dan praktik langsung, yang dilakukan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kelompok 1 dan Kelompok 5 menunjukkan peningkatan skor tertinggi, dengan kefasihan dan kepercayaan diri menunjukkan peningkatan terbesar. Penelitian iniKelompok 1 dan Kelompok 5 menunjukkan peningkatan skor tertinggi, dengan kefasihan dan kepercayaan diri menunjukkan peningkatan terbesar. Penelitian ini
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 70 balita, 3 ibu hamil, kader posyandu, tenaga kesehatan,Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 70 balita, 3 ibu hamil, kader posyandu, tenaga kesehatan,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Oleh karena itu, asesmen non‑kognitif direkomendasikan menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan madrasah, khususnya di daerah dengan keterbatasanOleh karena itu, asesmen non‑kognitif direkomendasikan menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan madrasah, khususnya di daerah dengan keterbatasan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Intervensi berdasarkan analisis BMC, SWOT, dan Porters Five Forces berhasil menaikkan volume produksi harian dari 10 kg menjadi 15–20 kg pisang mentahIntervensi berdasarkan analisis BMC, SWOT, dan Porters Five Forces berhasil menaikkan volume produksi harian dari 10 kg menjadi 15–20 kg pisang mentah
MAHADEWAMAHADEWA Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaranDengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran