RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT

Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society Development

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas usaha UMKM Citra Rasa Cilaja melalui pendampingan berbasis kebutuhan yang difokuskan pada peningkatan efisiensi produksi, rebranding produk, pemasaran digital, dan literasi keuangan. Analisis awal menggunakan kerangka Porters Five Forces, SWOT, dan Business Model Canvas mengidentifikasi kendala utama berupa kapasitas produksi yang terbatas, strategi pemasaran yang belum optimal, serta belum adanya sistem pencatatan keuangan. Implementasi program dilakukan melalui kegiatan live-in selama 20 hari dan pendampingan selama tiga bulan yang mencakup penyusunan standar operasional prosedur (SOP), penyediaan alat bantu produksi, perancangan kemasan baru, pembuatan katalog produk, aktivasi media sosial, serta pelatihan pencatatan keuangan sederhana. Hasil menunjukkan peningkatan kapasitas produksi dari 10 kg menjadi 40 kg per hari selama live-in dan stabil pada 20–25 kg setelah pendampingan. Selain itu, identitas merek dan strategi pemasaran mengalami peningkatan melalui promosi digital dan keteraturan pencatatan keuangan. Program ini membuktikan bahwa pendampingan partisipatif dan kontekstual dapat mendorong transformasi usaha UMKM desa menuju kemandirian dan keberlanjutan.

Pendampingan partisipatif dan kontekstual terbukti meningkatkan kapasitas produksi, desain kemasan, distribusi, serta penerapan pencatatan keuangan sederhana pada UMKM Citra Rasa Cilaja.Intervensi berdasarkan analisis BMC, SWOT, dan Porters Five Forces berhasil menaikkan volume produksi harian dari 10 kg menjadi 15–20 kg pisang mentah dan memperluas titik konsinyasi dari 2 menjadi 7 lokasi.Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi mahasiswa dengan pelaku UMKM dapat menghasilkan transformasi usaha yang relevan, terjangkau, dan berkelanjutan, serta dapat direplikasi di konteks lokal sejenis.

Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi model pendampingan hibrida yang menggabungkan program live-in dan mentoring daring untuk melihat sejauh mana kombinasi ini mampu menjaga peningkatan kapasitas produksi UMKM Citra Rasa Cilaja dalam jangka panjang. Kedua, studi dapat menguji pengaruh pemanfaatan beragam platform pemasaran digital, seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business, terhadap perluasan jangkauan pasar dan perilaku konsumen di lingkungan pedesaan. Ketiga, riset dapat meneliti integrasi pencatatan keuangan digital yang terotomatisasi dengan proses pelatihan partisipatif untuk mendorong literasi keuangan lebih dalam serta mempermudah UMKM memperoleh akses ke pembiayaan formal. Keempat, kajian dapat mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi tingkat adopsi SOP produksi dan peralatan baru oleh pelaku UMKM di wilayah dengan akses sumber daya terbatas. Kelima, riset dapat mempelajari peran kelompok masyarakat setempat dalam mendukung keberlanjutan program pendampingan melalui jaringan distribusi konsinyasi. Dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif, hasilnya diharapkan menjadi pedoman bagi lembaga pengabdian masyarakat untuk merancang intervensi yang lebih adaptif, efektif, dan berkelanjutan sesuai karakteristik lokal.

  1. One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.29062/engagement.v6i1.986One moment please moment please wait request verified doi 10 29062 engagement v6i1 986
  2. Osterwalder’s business model canvas: Its genesis, features, comparison, benefits and limitations.... doi.org/10.47670/wuwijar201712damcOsterwalderAos business model canvas Its genesis features comparison benefits and limitations doi 10 47670 wuwijar201712damc
  3. Ana Batik Magelang’s Business Development Strategy Based on SWOT and Business Model Canvas | International... doi.org/10.47747/ijmhrr.v2i4.348Ana Batik MagelangAos Business Development Strategy Based on SWOT and Business Model Canvas International doi 10 47747 ijmhrr v2i4 348
  1. #kapasitas produksi susu#kapasitas produksi susu
File size1.24 MB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test