RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT

Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society Development

Penelitian ini menyelidiki dampak program English Camp terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada SMA Negeri 11 Luwu, Indonesia. Program yang diselenggarakan selama dua hari ini berfokus pada pembelajaran interaktif melalui tugas-tugas komunikatif seperti diskusi kelompok, bermain peran, dan permainan bahasa. Sebanyak 44 siswa berpartisipasi, dan kemampuan berbicara mereka dinilai menggunakan evaluasi pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kefasihan, kosakata, pengucapan, dan kepercayaan diri. Kelompok 1 dan Kelompok 5 menunjukkan peningkatan skor tertinggi, dengan kefasihan dan kepercayaan diri menunjukkan peningkatan terbesar. Penelitian ini menemukan bahwa program ini sangat efektif untuk peserta didik dengan kemampuan yang lebih rendah, sementara peserta didik tingkat tinggi menunjukkan kemajuan minimal karena efek langit-langit. Data kualitatif dari wawancara guru dan siswa mengindikasikan bahwa kamp menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menarik yang mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris secara alami dan percaya diri. Temuan mendukung efektivitas program jangka pendek, imersif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pembelajar EFL dan menyoroti pentingnya pembelajaran pengalaman dan kolaboratif dalam akuisisi bahasa.

Implementasi program English Camp di SMA Negeri 11 Luwu sebagai bagian dari inisiatif pelayanan masyarakat terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa.Program ini berhasil meningkatkan kefasihan, pengucapan, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikan dalam skor posttest.Siswa juga menunjukkan motivasi yang lebih kuat dan sikap yang lebih positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris setelah berpartisipasi dalam kamp.Aktivitas pembelajaran interaktif dan pengalaman menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan suportif yang mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris secara lebih alami dalam situasi nyata.Lebih lanjut, inisiatif ini berkontribusi pada pertumbuhan budaya literasi bahasa Inggris di sekolah, memperkuat kemitraan antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Palopo dan komunitas pendidikan lokal.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi dampak program English Camp terhadap pengembangan keterampilan menulis dan membaca bahasa Inggris siswa, dengan fokus pada bagaimana integrasi keterampilan bahasa yang berbeda dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara keseluruhan. Kedua, penelitian dapat menyelidiki efektivitas penggunaan teknologi dalam program English Camp, seperti aplikasi pembelajaran bahasa atau platform video konferensi, untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan menyediakan akses ke sumber daya pembelajaran yang lebih luas. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi bagaimana program English Camp dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus siswa dengan berbagai tingkat kemampuan bahasa Inggris, dengan mengembangkan materi pembelajaran yang terdiferensiasi dan strategi pengajaran yang disesuaikan. Dengan menggabungkan saran-saran ini, diharapkan program English Camp dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di daerah pedesaan.

  1. Exploring EFL Students’ Speaking Challenges in Their Speaking for Social Purposes | Journal of... doi.org/10.20885/jee.v9i1.28010Exploring EFL StudentsAo Speaking Challenges in Their Speaking for Social Purposes Journal of doi 10 20885 jee v9i1 28010
  2. Students' Perception towards English Camp in Kampung Inggris Pare on Improving Their Speaking Skill... doi.org/10.24815/eej.v14i3.32588Students Perception towards English Camp in Kampung Inggris Pare on Improving Their Speaking Skill doi 10 24815 eej v14i3 32588
  3. Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata bagi Masyarakat Desa Rinding Allo | ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian... journal.aspirasi.or.id/index.php/ASPIRASI/article/view/187Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata bagi Masyarakat Desa Rinding Allo ASPIRASI Publikasi Hasil Pengabdian journal aspirasi index php ASPIRASI article view 187
  4. Students’ Passiveness in Speaking English: The Culprit behind the Silence in the Classroom. students... doi.org/10.4236/jss.2023.118007StudentsAo Passiveness in Speaking English The Culprit behind the Silence in the Classroom students doi 10 4236 jss 2023 118007
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #pembelajaran bahasa inggris#pembelajaran bahasa inggris
File size636.78 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test