MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif analitis. Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas meningkat dari 65,45 menjadi 77,17 serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 58%, menjadi 94%.

Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan kualifikasi aktivitas yang meningkat dari siklus I ke II.Model ini juga meningkatkan hasil belajar siswa, di mana rata-rata nilai meningkat dari 65,45 ke 77,17 dan ketuntasan klasikal dari 58% ke 94%.Rekomendasinya termasuk menerapkan model ini dengan memperhatikan kendala dan mempertautkan materi dengan kehidupan sekitar.

Bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor untuk mata pelajaran lain selain Kimia, seperti Biologi atau Geografi? Apakah penerapan model ini dapat dipertahankan dalam jangka panjang, dan bagaimana faktor-faktor seperti motivasi belajar siswa mempengaruhi keberhasilannya? Bagaimana relevansi penggunaan metode outdoor dalam model pembelajaran discovery learning dengan kontekstualisasi materi terhadap lingkungan sekitar siswa?.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
  1. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
  2. #model pembelajaran digital#model pembelajaran digital
File size324.43 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test