MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran biologi SMA dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di 8 SMAN di Banten. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pelajaran Biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaannya tergolong dalam kategori cukup baik, kesesuaian RPP dengan silabus dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori sangat baik, soal UH dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis masuk dalam kategori cukup, dan kesesuaian RPP terhadap tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa termasuk kategori cukup baik. Disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 perangkat pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran biologi di 8 SMAN di Banten tergolong ke dalam kategori cukup baik.

Perangkat pembelajaran biologi SMA dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis tergolong cukup baik.Kesesuaian RPP dengan silabus mencapai kategori sangat baik, namun soal ulangan harian dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis masih berada dalam kategori kurang.Faktor penghambat utama meliputi metode pembelajaran yang masih konvensional, rendahnya literasi membaca siswa, serta keterbatasan sarana prasarana dan motivasi belajar siswa.

Pertama, perlu dikaji bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks biologi, khususnya di sekolah yang memiliki keterbatasan sumber daya. Kedua, perlu dilakukan penelitian tentang desain asesmen bentuk uraian terbuka yang mampu mengukur berpikir kritis secara efektif, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan kondisi siswa di Banten. Ketiga, penting untuk mengeksplorasi pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, termasuk motivasi dan kebiasaan belajar di era digital, agar guru dapat menerapkan strategi yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1503 1 012045
  2. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
  1. #keterampilan berpikir kritis#keterampilan berpikir kritis
  2. #perangkat pembelajaran biologi#perangkat pembelajaran biologi
File size225.83 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test