MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran biologi SMA dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di 8 SMAN di Banten. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pelajaran Biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaannya tergolong dalam kategori cukup baik, kesesuaian RPP dengan silabus dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori sangat baik, soal UH dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis masuk dalam kategori cukup, dan kesesuaian RPP terhadap tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa termasuk kategori cukup baik. Disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 perangkat pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran biologi di 8 SMAN di Banten tergolong ke dalam kategori cukup baik.
Perangkat pembelajaran biologi SMA dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis tergolong cukup baik.Kesesuaian RPP dengan silabus mencapai kategori sangat baik, namun soal ulangan harian dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis masih berada dalam kategori kurang.Faktor penghambat utama meliputi metode pembelajaran yang masih konvensional, rendahnya literasi membaca siswa, serta keterbatasan sarana prasarana dan motivasi belajar siswa.
Pertama, perlu dikaji bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks biologi, khususnya di sekolah yang memiliki keterbatasan sumber daya. Kedua, perlu dilakukan penelitian tentang desain asesmen bentuk uraian terbuka yang mampu mengukur berpikir kritis secara efektif, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan kondisi siswa di Banten. Ketiga, penting untuk mengeksplorasi pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, termasuk motivasi dan kebiasaan belajar di era digital, agar guru dapat menerapkan strategi yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1503 1 012045
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1317 1 012118
| File size | 225.83 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MAHADEWAMAHADEWA Hal tersebut dibuktikan dengan Pada siklus I skor rata-rata siswa yaitu 77,36 dan pada siklus II sebesar 80,56. Serta didukung dengan hasil tanggapan siswaHal tersebut dibuktikan dengan Pada siklus I skor rata-rata siswa yaitu 77,36 dan pada siklus II sebesar 80,56. Serta didukung dengan hasil tanggapan siswa
MAHADEWAMAHADEWA Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metodeDengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode
MAHADEWAMAHADEWA Hasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group InvestigationHasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group Investigation
MAHADEWAMAHADEWA Ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dengan materi metabolisme dan enzim, katabolisme dan anabolisme pada subjek 26 orang kelas XIIIni merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dengan materi metabolisme dan enzim, katabolisme dan anabolisme pada subjek 26 orang kelas XII
Useful /
STMIKISTMIKI Metode penelitian yang digunakan Adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis model structural menggunakan Partial Least Squares Structural Equation ModellingMetode penelitian yang digunakan Adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis model structural menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling
MAHADEWAMAHADEWA Materi yang digunakan adalah 84 ekor ayam kampung super. Tanaman herbal yang digunakan adalah bawang putih (Allium satuvum), Kencur (Kaempferia galangal),Materi yang digunakan adalah 84 ekor ayam kampung super. Tanaman herbal yang digunakan adalah bawang putih (Allium satuvum), Kencur (Kaempferia galangal),
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbinganPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan sikap, sifat dan karakter positif dari penerapan budaya Tri Hita Karana sejagat dalam bentuk layanan bimbingan
MAHADEWAMAHADEWA Guru wajib memiliki kecakapan dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, yang dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan materi kepada peserta didik.Guru wajib memiliki kecakapan dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, yang dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan materi kepada peserta didik.