MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII.F SMP Negeri 12 Denpasar dengan menggunakan pendekatan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan teknik Dispute kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling (PTBK) dengan pelaksanaan dua siklus, Penelitian ini dilakukan di SMPN 12 Denpasar. Sampel dalam penelitian sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data berupa angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase, di mana setelah semua jawaban terkumpul kemudian ditabulasikan jawaban tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peningkatan skor kepercayaan diri siswa kelas VII F sebesar 35,21 % yang mana mengalami peningkatan skor sebelum dilakukan tindakan sebesar 40,5 menjadi 58,33 setelah dilakukan tindakan.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan kelas VII.F SMP Negeri 12 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki percaya diri yang rendah.Setelah diberikan penanganan berupa Pendekatan Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) Dengan Teknik Dispute Kognitif, diperoleh hasil yaitu.pada siklus I peningkatan sudah mulai terlihat namun masih berada pada kategori rendah dengan rentangan skor yaitu 55 sampai dengan 60 dengan rata-rata keberhasilan 58,33% dengan kategori rendah.Jika dilihat pencapaian secara kelompok sebesar 35,21%.Selanjutnya pada siklus II setelah diberikan tindakan peningkatan yang signifikan ditunjukkan oleh siswa.Jika dilihat dengan angka peningkatan tersebut antara 73 sampai dengan 80 dengan rata-rata keberhasilan peningkatan 76,16% dengan kategori tinggi, dan jika dilihat skor pencapaian secara berkelompok sebesar 30,66% ini berarti layanan konseling behavioral dengan teknik dispute kognitif dapat meningkatkan percaya diri siswa.

Untuk penelitian selanjutnya, dapat diteliti mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa, seperti lingkungan keluarga dan interaksi sosial di sekolah. Pertanyaan penelitian yang dapat diajukan adalah, Bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan kepercayaan diri siswa di SMP? Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengamati perkembangan kepercayaan diri siswa dari waktu ke waktu dan dampaknya terhadap prestasi akademik mereka. Dengan memahami perubahan motivasi siswa seiring waktu, strategi pembelajaran yang lebih efektif dapat dirancang untuk menunjang kepercayaan diri siswa.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #teknik analisis data#teknik analisis data
File size104.54 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test