Kemampuan Berpikir Kritis Files
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo setelah diterapkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo setelah diterapkan
ETDCIETDCI Rata-rata mahasiswa mengalami miskonsepsi sebesar 31,8%, dengan profil miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2019. Hasil identifikasi menggunakan CRI menunjukkanRata-rata mahasiswa mengalami miskonsepsi sebesar 31,8%, dengan profil miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2019. Hasil identifikasi menggunakan CRI menunjukkan
ETDCIETDCI Berpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirianBerpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian
ETDCIETDCI Kondisi pandemi covid-19 saat ini, tentunya mengakibatkan elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihanKondisi pandemi covid-19 saat ini, tentunya mengakibatkan elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihan
ETDCIETDCI Dengan demikian proses ini melatih siswa dalam bernalar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya. Model pembelajaran ini sangat cocokDengan demikian proses ini melatih siswa dalam bernalar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya. Model pembelajaran ini sangat cocok
UMMUMM Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis etnosains secara signifikan berpengaruhData dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis etnosains secara signifikan berpengaruh
UNYUNY Perkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatanPerkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan
UNHASUNHAS Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest digunakan pada 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes berpikirMetode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest digunakan pada 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes berpikir
UNUSAUNUSA Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. KelasSampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas
UNDIKSHAUNDIKSHA Nilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikanNilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuanSampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Literasi ilmiah merupakan pemahaman tentang sains dan penerapannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatifLiterasi ilmiah merupakan pemahaman tentang sains dan penerapannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif