ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKondisi pandemi covid-19 saat ini, tentunya mengakibatkan elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihan pembelajaran dari tatap muka (luring) menjadi online (daring). Seiring berjalannya waktu, pembelajaran daring dirasa kurang maksimal membuat pemerintah mengeluarkan keputusan untuk membuka sekolah-sekolah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dan luring terbatas di SMP Krida Utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix-method. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang telah menjadi kelas IX tahun pelajaran 2021/2022 SMP Krida Utama yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang sudah diuji validitasnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMP Krida Utama meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui tiga tahapan tersebut pembelajaran belum efektif dengan beberapa kendala yang dialami guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa saat pembelajaran daring lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa saat pembelajaran luring terbatas.
Pelaksanaan pembelajaran di SMP Krida Utama meliputi tiga tahapan.Namun, pengajaran belum efektif karena kendala guru dan siswa yang mempengaruhi hasil belajar.Tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran luring dan daring, tetapi pembelajaran daring memberikan hasil yang lebih baik.
Bagaimana efektivitas pembelajaran matematika blended (online & luring terbatas) dibandingkan dengan pembelajaran hanya luring terbatas dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP di daerah terpencil? Apa pengaruh tingkat literasi digital guru dan siswa terhadap kualitas interaksi dan hasil belajar dalam pembelajaran daring di SMP tipe terpencil? Bagaimana strategi pelibatan orang tua dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP?.
- Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD | Jurnal Obsesi... obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2079Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid 19 pada Lembaga PAUD Jurnal Obsesi obsesi index php obsesi article view 2079
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- The effectiveness of advance organiser learning model assisted by Zoom Meeting application | Cypriot... un-pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/5769The effectiveness of advance organiser learning model assisted by Zoom Meeting application Cypriot un pub eu ojs index php cjes article view 5769
- PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS) | Usmadi | Inovasi Pendidikan. pengujian... jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2281PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS Usmadi Inovasi Pendidikan pengujian jurnal umsb ac index php inovasipendidikan article view 2281
| File size | 374.42 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Namun, hingga saat ini, materi ini belum pernah diajarkan kepada siswa karena tidak termasuk dalam bahan ajar di sekolah. Hakikat sains sangat pentingNamun, hingga saat ini, materi ini belum pernah diajarkan kepada siswa karena tidak termasuk dalam bahan ajar di sekolah. Hakikat sains sangat penting
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
GOMITGOMIT Hasil menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi fisika abstrak dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. DapatHasil menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi fisika abstrak dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dapat
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
EJGTAEJGTA Untuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positifUntuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positif
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkanPenelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi faktor-faktor lain yang lebih luas dan hasil ini dapat dijadikan dasar bagi institusi sekolah dalam menyediakanPenelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi faktor-faktor lain yang lebih luas dan hasil ini dapat dijadikan dasar bagi institusi sekolah dalam menyediakan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Etika membantu seseorang membentuk pandangan moral dan memahami konteks seperti keadilan, benar, salah, dan tanggung jawab. Guru merupakan panutan bagiEtika membantu seseorang membentuk pandangan moral dan memahami konteks seperti keadilan, benar, salah, dan tanggung jawab. Guru merupakan panutan bagi