YASIN ALSYSYASIN ALSYS

International Journal of Humanities, Education, and Social SciencesInternational Journal of Humanities, Education, and Social Sciences

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi antara siswa laki‑laki dan perempuan pada kelas XI SMAN 2 Tilatang Kamang. Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap humor guru bersifat positif maupun negatif; (3) terdapat perbedaan respons antara siswa laki‑laki dan perempuan; dan (4) sebagian siswa tidak menyukai humor di kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel total (populasi < 100) dan instrumen kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor yang digunakan termasuk dalam kategori positif, dengan rata‑rata skor humor karikatur 78,07 %, humor cerita pendek/anekdot 78,58 %, humor khusus 74,13 %, dan humor tidak terencana 74,13 %. Siswa perempuan lebih menyukai humor karikatur (78,72 %) sedangkan siswa laki‑laki lebih menyukai cerita pendek (78,39 %). Secara keseluruhan, persepsi siswa perempuan (75,73 %) lebih tinggi dibandingkan persepsi siswa laki‑laki (73,81 %).

Penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris berada pada kategori positif dengan nilai rata‑rata 75,02 % (rentang 61‑80 %).Baik siswa laki‑laki maupun perempuan memiliki persepsi positif, namun siswa perempuan menunjukkan persepsi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa laki‑laki.Selain itu, humor karikatur dan cerita pendek lebih disukai oleh siswa perempuan.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh spesifik jenis-jenis humor (misalnya humor terencana versus tidak terencana) terhadap pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan mengukur perubahan nilai ujian sebelum dan sesudah penerapan humor. Selanjutnya, perlu dilakukan studi yang menelusuri perbedaan gender dalam respons terhadap humor yang bersifat stereotip atau seksual, untuk memahami apakah jenis humor tersebut memengaruhi motivasi belajar dan kenyamanan belajar siswa secara berbeda. Selain itu, penelitian jangka panjang dapat mengevaluasi dampak integrasi humor secara berkelanjutan terhadap motivasi, retensi materi, dan kepuasan belajar siswa selama beberapa semester, sehingga dapat memberikan pedoman praktis bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan inklusif.

  1. Students’ Perception of Using Humor in Teaching English at XI Grade in SMAN 2 Tilatang Kamang |... ejournal.yasin-alsys.org/IJHESS/article/view/1841StudentsAo Perception of Using Humor in Teaching English at XI Grade in SMAN 2 Tilatang Kamang ejournal yasin alsys IJHESS article view 1841
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #pengajaran bahasa inggris#pengajaran bahasa inggris
File size310.62 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test