YASIN ALSYSYASIN ALSYS
International Journal of Humanities, Education, and Social SciencesInternational Journal of Humanities, Education, and Social SciencesPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi antara siswa laki‑laki dan perempuan pada kelas XI SMAN 2 Tilatang Kamang. Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap humor guru bersifat positif maupun negatif; (3) terdapat perbedaan respons antara siswa laki‑laki dan perempuan; dan (4) sebagian siswa tidak menyukai humor di kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel total (populasi < 100) dan instrumen kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor yang digunakan termasuk dalam kategori positif, dengan rata‑rata skor humor karikatur 78,07 %, humor cerita pendek/anekdot 78,58 %, humor khusus 74,13 %, dan humor tidak terencana 74,13 %. Siswa perempuan lebih menyukai humor karikatur (78,72 %) sedangkan siswa laki‑laki lebih menyukai cerita pendek (78,39 %). Secara keseluruhan, persepsi siswa perempuan (75,73 %) lebih tinggi dibandingkan persepsi siswa laki‑laki (73,81 %).
Penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris berada pada kategori positif dengan nilai rata‑rata 75,02 % (rentang 61‑80 %).Baik siswa laki‑laki maupun perempuan memiliki persepsi positif, namun siswa perempuan menunjukkan persepsi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa laki‑laki.Selain itu, humor karikatur dan cerita pendek lebih disukai oleh siswa perempuan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh spesifik jenis-jenis humor (misalnya humor terencana versus tidak terencana) terhadap pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan mengukur perubahan nilai ujian sebelum dan sesudah penerapan humor. Selanjutnya, perlu dilakukan studi yang menelusuri perbedaan gender dalam respons terhadap humor yang bersifat stereotip atau seksual, untuk memahami apakah jenis humor tersebut memengaruhi motivasi belajar dan kenyamanan belajar siswa secara berbeda. Selain itu, penelitian jangka panjang dapat mengevaluasi dampak integrasi humor secara berkelanjutan terhadap motivasi, retensi materi, dan kepuasan belajar siswa selama beberapa semester, sehingga dapat memberikan pedoman praktis bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan inklusif.
| File size | 310.62 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Studi ini menunjukkan bahwa media digital interaktif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Keterampilan ini meningkat dariStudi ini menunjukkan bahwa media digital interaktif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Keterampilan ini meningkat dari
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Meskipun memiliki lokasi strategis dan signifikansi geopolitik, Djibouti tetap kurang diperhatikan dalam konteks persaingan militer global yang meningkat.Meskipun memiliki lokasi strategis dan signifikansi geopolitik, Djibouti tetap kurang diperhatikan dalam konteks persaingan militer global yang meningkat.
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulanPenelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dariPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari
Useful /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Hasil menunjukkan bahwa pemberdayaan memberikan dampak positif paling signifikan terhadap kinerja organisasi, diikuti oleh kerja tim dan pembelajaran berkelanjutan.Hasil menunjukkan bahwa pemberdayaan memberikan dampak positif paling signifikan terhadap kinerja organisasi, diikuti oleh kerja tim dan pembelajaran berkelanjutan.
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of MomentTeknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital harus mempertimbangkan aspek sosial media dalam membangun hubungan dengan pelanggan. PeningkatanPenelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital harus mempertimbangkan aspek sosial media dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Peningkatan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Integrasi wawasan dari Simbolik Interaksionisme, Pragmatisme, dan Konstruksionisme Sosial tetap sangat penting baik untuk tujuan akademis menjelaskan realitasIntegrasi wawasan dari Simbolik Interaksionisme, Pragmatisme, dan Konstruksionisme Sosial tetap sangat penting baik untuk tujuan akademis menjelaskan realitas