YASIN ALSYSYASIN ALSYS
International Journal of Humanities, Education, and Social SciencesInternational Journal of Humanities, Education, and Social SciencesStudi ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi abad ke-21 (4C) yakni berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa melalui penerapan media digital interaktif berbasis gamifikasi. Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 27 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan 4C mahasiswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 di siklus kedua, serta tingkat kelengkapan meningkat dari 26,63% menjadi 88,89%. Hasil ini menunjukkan efektivitas media digital interaktif berbasis gamifikasi dalam meningkatkan kompetensi 4C mahasiswa.
Studi ini menunjukkan bahwa media digital interaktif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa.Keterampilan ini meningkat dari rata-rata skor 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 di siklus kedua, serta tingkat kelengkapan meningkat dari 26,63% menjadi 88,89%.Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah peserta yang relatif kecil dan konteks penelitian yang terbatas hanya pada satu mata kuliah.
Penelitian lanjutan dapat melibatkan sampel yang lebih besar dan berbagai mata kuliah untuk menguji generalisasi temuan. Selain itu, disarankan untuk memperluas studi ini ke lembaga pendidikan yang berbeda agar dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif. Penelitian juga dapat mencakup analisis jangka panjang untuk memahami dampak bertahan dari penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran, sehingga memastikan bahwa hasil yang didapatkan tidak hanya bersifat sementara.
- Improving 4C Skills Through the Application of Gamification-Based Interactive Evaluation Media Using... jurnal.ahmar.id/index.php/eduline/article/view/3032Improving 4C Skills Through the Application of Gamification Based Interactive Evaluation Media Using jurnal ahmar index php eduline article view 3032
- Frontiers | Impact of gamification on school engagement: a systematic review. frontiers impact gamification... doi.org/10.3389/feduc.2024.1466926Frontiers Impact of gamification on school engagement a systematic review frontiers impact gamification doi 10 3389 feduc 2024 1466926
- Impact of Gamification on Students’ Learning Outcomes and Academic Performance: A Longitudinal... doi.org/10.3390/educsci14040367Impact of Gamification on StudentsAo Learning Outcomes and Academic Performance A Longitudinal doi 10 3390 educsci14040367
- Action Research: Optimizing Students' 4C Skills through Gamification-Based Interactive Digital Media... doi.org/10.58578/IJHESS.v3i3.7699Action Research Optimizing Students 4C Skills through Gamification Based Interactive Digital Media doi 10 58578 IJHESS v3i3 7699
| File size | 363.2 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ETDCIETDCI Faktor penyebab kesalahan meliputi pemahaman soal yang kurang, keterbatasan kemampuan matematis, dan kurangnya kontak dengan soal berbasis konteks. PenelitianFaktor penyebab kesalahan meliputi pemahaman soal yang kurang, keterbatasan kemampuan matematis, dan kurangnya kontak dengan soal berbasis konteks. Penelitian
YASIN ALSYSYASIN ALSYS 16/2012) dan komitmen politik, perkembangan industri pertahanannya dihambat oleh alokasi fiskal yang terbatas, dominasi perusahaan milik negara, kemampuan16/2012) dan komitmen politik, perkembangan industri pertahanannya dihambat oleh alokasi fiskal yang terbatas, dominasi perusahaan milik negara, kemampuan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara pembelajaran organisasi dan kinerja organisasi dalam sektor perbankan komersial Nepal. Secara khusus, penelitianPenelitian ini mengeksplorasi hubungan antara pembelajaran organisasi dan kinerja organisasi dalam sektor perbankan komersial Nepal. Secara khusus, penelitian
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Menggunakan metode meta-sintesis kualitatif, kami menganalisis 50 artikel akademis dan bab buku yang mendiskusikan aplikasi perspektif ini dalam studiMenggunakan metode meta-sintesis kualitatif, kami menganalisis 50 artikel akademis dan bab buku yang mendiskusikan aplikasi perspektif ini dalam studi
Useful /
ECOJOINECOJOIN Penerapan strategi bisnis dan good corporate governance tidak memiliki pengaruh dalam mengurangi penghindaran pajak, sehingga perlu mempertimbangkan faktorPenerapan strategi bisnis dan good corporate governance tidak memiliki pengaruh dalam mengurangi penghindaran pajak, sehingga perlu mempertimbangkan faktor
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING Peserta menjadi mampu menyusun pesan pemasaran dan mengelola unggahan di media sosial mereka secara mandiri. Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagiPeserta menjadi mampu menyusun pesan pemasaran dan mengelola unggahan di media sosial mereka secara mandiri. Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi
CAHAYA ICCAHAYA IC Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kerja keras siswa di SMPN 3 Batanghari melalui enam indikator dari angket kerjaTujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kerja keras siswa di SMPN 3 Batanghari melalui enam indikator dari angket kerja
CAHAYA ICCAHAYA IC Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan sikap IPA di MtS Syfaul Qulub. Adapun indikatorKeterbaruan Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan sikap IPA di MtS Syfaul Qulub. Adapun indikator