CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap siswa Mts Syifaul Qulub terhadap IPA pada tiga indikator yaitu kesenangan dalam belajar IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA. Metodologi: Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif adalah berupa angka/numerik. Subjek dari penelitian ini adalah 73 siswa-siswi di Mts Syifaul Qulub. Hasil Temuan: Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari tiga indikator kesenangan belajar IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA di Mts Syifaul Qulub sikap yang paling dominan adalah pada kategori cukup. Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan sikap IPA di MtS Syfaul Qulub. Adapun indikator yang digunakan pada penelitian ini ialah kesenangan dalam belajar IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sikap kesenangan dalam belajar IPA di MtS Syifaul Qulub berada pada kategori Cukup dengan presentasi 52,1 % atau jumlah siswa 38 siswa.Untuk indikator ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA juga berada dalam kategori Cukup dengan presentase 74,0 % atau 54 orang siswa, dan untuk indikator berkarir di bidang IPA juga berada dalam kategori Cukup dengan presentase 57,5 % atau 42 siswa.Sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah dipaparkan dalam pendahuluan bahwasanya pendidikan untuk menciptakan manusia yang berkualitas, maka dalam proses pembelajaran hendaknya siswa senang dalam belajar dan dapat memperdalam ilmu pengetahuan IPA dengan memperbanyak waktu belajar IPA dan menyukai mata pelajaran IPA sehingga nantinya akan membuat siswa tertarik berkarir di bidang IPA.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inquiry terhadap peningkatan rasa senang siswa dalam belajar IPA, sehingga dapat diketahui strategi pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, penelitian dapat meneliti hubungan antara tingkat keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar di rumah dengan jumlah waktu yang dialokasikan siswa untuk belajar IPA serta dampaknya terhadap minat berkarir di bidang sains, guna memberikan insight tentang peran lingkungan keluarga dalam membentuk sikap siswa. Selanjutnya, sebuah studi longitudinal yang melacak perubahan sikap siswa terhadap IPA selama tiga tahun ajaran dapat mengevaluasi efek program ekstrakurikuler sains terhadap evolusi minat karir, sehingga memberikan gambaran jangka panjang tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan karir siswa di bidang ilmu pengetahuan.
| File size | 662.81 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ETDCIETDCI Pendekatan ini menawarkan model pembelajaran yang holistik, menggabungkan aspek akademik dan spiritual, sehingga layak diadopsi secara lebih luas di sekolah-sekolahPendekatan ini menawarkan model pembelajaran yang holistik, menggabungkan aspek akademik dan spiritual, sehingga layak diadopsi secara lebih luas di sekolah-sekolah
ETDCIETDCI Analisis menunjukkan kontribusi masing‑masing sumber terhadap total kemiripan, serta menyoroti pentingnya pemantauan plagiarisme dalam konteks akademik.Analisis menunjukkan kontribusi masing‑masing sumber terhadap total kemiripan, serta menyoroti pentingnya pemantauan plagiarisme dalam konteks akademik.
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING Pelaksanaan keempat program tersebut tentu tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah tetapi peran dari komunitas lingkungan akan sangat mendukung sehinggaPelaksanaan keempat program tersebut tentu tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah tetapi peran dari komunitas lingkungan akan sangat mendukung sehingga
USKUSK Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dan sikap siswa secara bersama‑sama merupakan penentu utama keberhasilan pengajaran membaca.Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dan sikap siswa secara bersama‑sama merupakan penentu utama keberhasilan pengajaran membaca.
Useful /
ETDCIETDCI Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konteks soal dan keterbatasan kemampuan matematis. Integrasi konteks lokal dalam pembelajaranKesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konteks soal dan keterbatasan kemampuan matematis. Integrasi konteks lokal dalam pembelajaran
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Menggunakan metode campuran, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dengan 36 siswa dari sekolah menengah kejuruan di Jawa Timur,Menggunakan metode campuran, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dengan 36 siswa dari sekolah menengah kejuruan di Jawa Timur,
INABJINABJ Hasil: Konsentrasi VEGF dan AFP secara signifikan lebih tinggi pada grup HCC dibandingkan dengan grup LC, p = 3. 05 x 10-6 dan p = 8. 74 x 10-5, secaraHasil: Konsentrasi VEGF dan AFP secara signifikan lebih tinggi pada grup HCC dibandingkan dengan grup LC, p = 3. 05 x 10-6 dan p = 8. 74 x 10-5, secara
INABJINABJ Latar belakang: Autism spectrum disorder (ASD) merupakan suatu gangguan perkembangan neurologis yang dapat diwariskan, ditandai dengan tiga ciri: gangguanLatar belakang: Autism spectrum disorder (ASD) merupakan suatu gangguan perkembangan neurologis yang dapat diwariskan, ditandai dengan tiga ciri: gangguan