USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationTujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris bersertifikat dalam pengajaran membaca, karena membaca dianggap sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan akademik. Penelitian deskriptif kualitatif diterapkan; subjeknya dua guru Bahasa Inggris di Banda Aceh dan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara. Pertanyaan wawancara disesuaikan dari Fletcher et al. (2012) yang berfokus pada kurikulum, persiapan guru, metodologi pengajaran, instruksi pengajaran, materi pengajaran autentik, persepsi guru terhadap sikap membaca siswa, hambatan dalam pengajaran membaca, dan strategi pengajaran untuk membantu pembaca tidak efektif. Wawancara mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan guru memainkan peran penting dalam membantu siswa mencapai kompetensi membaca. Sikap siswa terhadap membaca juga penting dalam proses pengajaran–belajar. Strategi yang diterapkan oleh guru terhadap siswa yang tidak membaca efektif tidak sejalan dengan strategi yang disarankan oleh beberapa ahli: guru seharusnya mengajarkan strategi membaca dengan minat, memprediksi makna, mengembangkan pengetahuan tentang topik, dan seterusnya. Strategi‑strategi tersebut tidak dilaksanakan karena kondisi dan situasi lingkungan pengajaran. Secara singkat, upaya yang tepat oleh guru untuk meningkatkan lingkungan belajar dapat membantu siswa mencapai kompetensi membaca yang lebih baik.
Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dan sikap siswa secara bersama‑sama merupakan penentu utama keberhasilan pengajaran membaca.Persiapan yang matang, instruksi yang jelas, metodologi dan strategi yang terbukti membantu siswa memperoleh kompetensi membaca yang lebih baik.Oleh karena itu, keberhasilan belajar membaca memerlukan kerja sama tim antara guru dan siswa.
Pertama, penelitian lanjutan dapat memusatkan perhatian pada bagaimana penggunaan instruksi campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memengaruhi pemahaman bacaan pada siswa EFL; pertanyaan utama dapat berupa seberapa efektif pendekatan hibrid ini dalam menumbuhkan keterampilan analisis teks. Kedua, studi yang menilai efektivitas metode belajar kooperatif—khususnya model Jigsaw dan Two‑Stay Two‑Stray—dapat mengidentifikasi strategi yang paling memotivasi siswa yang kurang aktif dalam membaca, sekaligus menilai dinamika interaksi kelompok dan hasil pembelajaran. Ketiga, pengembangan dan evaluasi bahan ajar autentik yang diambil dari pengalaman sehari‑hari siswa dapat diteliti untuk mengetahui dampaknya terhadap keterlibatan, rasa kepemilikan teks, dan peningkatan kompetensi membaca secara sistematis. Keempat, pengaruh sesi remedial setelah pelajaran reguler terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa dengan tingkat keterampilan rendah perlu diselidiki lebih lanjut, mengingat guru mencatat bahwa remedial menyediakan waktu kritis bagi pembaca tidak efektif. Kelima, kebaruan penelitian tentang integrasi media digital (video, audio) dan materi tulisan asli dalam satu sesi belajar dapat menawarkan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap materi, sekaligus menilai efektivitas kombinasi multimedia dalam memperkuat strategi membaca. Dengan merancang eksperimen terkontrol dan mengumpulkan data kualitatif serta kuantitatif, hasil‑hasil tersebut dapat membantu pendidik menyesuaikan pendekatan pengajaran yang lebih adaptif dan kontekstual, meningkatkan motivasi serta kualitas belajar membaca di sekolah‑sekolah EFL.
| File size | 484.9 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan informasi tentang pendekatan mahasiswa terhadap prosesPada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan informasi tentang pendekatan mahasiswa terhadap proses
CAHAYA ICCAHAYA IC Hasil Temuan: Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari tiga indikator kesenangan belajar IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, dan ketertarikanHasil Temuan: Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari tiga indikator kesenangan belajar IPA, ketertarikan memperbanyak waktu belajar IPA, dan ketertarikan
USKUSK Ini memiliki implikasi penting untuk mempertahankan sastra dalam kurikulum ELT Indonesia karena berpikir kritis dan toleransi adalah dua kualitas yangIni memiliki implikasi penting untuk mempertahankan sastra dalam kurikulum ELT Indonesia karena berpikir kritis dan toleransi adalah dua kualitas yang
USKUSK The writer finds out that Jones metaphors Nicholas II, the last Tsar of Russian Monarchy, Old Major with his speech metaphors Karl Marx with his CommunistThe writer finds out that Jones metaphors Nicholas II, the last Tsar of Russian Monarchy, Old Major with his speech metaphors Karl Marx with his Communist
Useful /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini berkontribusi pada diskursus teoritis tentang strategi negara kecil dalam hubungan internasional dan menawarkan rekomendasi kebijakan praktis.Penelitian ini berkontribusi pada diskursus teoritis tentang strategi negara kecil dalam hubungan internasional dan menawarkan rekomendasi kebijakan praktis.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Aspek kunci seperti keahlian BIM tingkat lanjut, manajemen proyek digital, dan integrasi teknologi inovatif seperti VR/AR masih kurang berkembang. OlehAspek kunci seperti keahlian BIM tingkat lanjut, manajemen proyek digital, dan integrasi teknologi inovatif seperti VR/AR masih kurang berkembang. Oleh
UNYUNY Peserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitas negeri di Kota Malang. Pemahaman mahasiswa tentang penyelidikanPeserta terdiri dari 53 mahasiswa tahun pertama dari Departemen Kimia di sebuah universitas negeri di Kota Malang. Pemahaman mahasiswa tentang penyelidikan
CAHAYA ICCAHAYA IC Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah total sampling dengan jumlah sampel untuk pengisian kuesioner sebagai teknik pengambilan total samplingTeknik pengambilan sampel yang digunakan ialah total sampling dengan jumlah sampel untuk pengisian kuesioner sebagai teknik pengambilan total sampling